5 PERBANKAN SEBAGAI INDIKATOR DAERAH BERKEMBANG DENGAN PERTUMBUHAN EKONOMI TINGGI





Pertumbuhan setiap wilayah dalam suatu daerah dari pedesaan atau kota kecil menjadi kota memiliki banyak kemungkinan tidak terduga. Tetapi peluang untuk membangun sebuah pionir bisnis di daerah yang sedang berkembang lebih memiliki tingkat harapan keberhasilan yang tinggi. Syaratnya adalah bersedia cermat melihat peluang dengan melakukan analisa – analisa yang matang untuk jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Kemungkinan keberhasilan sebagai pionir bisnis dalam analisis SWOT tentu adalah, kekuatan kita masih dominan karena tingkat persaingan masih rendah. Peluang pasar meskipun kecil tetapi cakupannya luas karena kemungkinan daerah tersebut terus tumbuh dan bisnis kita telah mengakar. Sedang tantangannya biasanya daerah yang baru berkembang mengalami kesulitan dalam hal akses transaksi. Industri perbankan belum berani melakukan spekulasi bisnis secara masive karena mereka juga membuat analisis SWOT yang sama. Sementara salah satu tantangan ini sendiri masuk dalam daftar SWOT analysis bisnis kita, yakni jumlah jasa perbankan masih sedikit bahkan mungkin belum tersedia. Sementara di sisi lain adanya perbankan di suatu daerah menjadi alat ukur tingkat ertumbuhan perekonomian di wilayah tersebut. Pada umumnya perbankan negara selalu menjadi pionir untuk daerah- daerah yang baru berkembang tersebut. Salah satu yang paling pokok adalah Bank rakyat Indonesia (BRI) dan akan di susul oleh bank kecil lokal dan terkadang bank daerah.  Lalu bagaimana kita akan mengukur apakah jika suatu daerah tersebut tingkat perekonomiannya tinggi dan akan segera berubah menjadi kota jika yang menjadi standarnya adalah telah berdirinya Bank Rakyat Indonesia ?. belum biasa. Karena bank tersebut adalah bank milik negara yang lebih fokus pada pelayanan publik dari pada orientasi keuntungan. Sementara bank swasta besar fokus mereka adalah layanan maksimal untuk target orientasi keuntungan (profit orientied). Artinya jika bank sawasta besar telah mendirikan kantor layanan mereka di sebuah wilayah berarti mereka telah membuat analisis jangka panjang yang melihat peluang pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan berdampak pada titik balik modal perusahaan mereka. Masyarakat mungkin tidak menyadari bahwa dalam waktu sangat dekat daerahnya yang sepi akan segera menjelma menjadi kota jika telah berdiri  bank – bank swasta besar. Bank apa sajakah yang bisa menjadi indikator bahwa daerah tertentu memiliki peluang pertumbuhan ekonomi yang tinggi dalam jangka menengah ?.

1.BANK CENTRAL ASIA (BCA)
Bank BCA sebagai bank dengan standar dan kualitas layanan tingkat tinggi serta permodalan yang sangat besar ini tidak akan serta merta mendirikan sebuah cabang bisnis layanan perbankan jika tidak ada sektor yang akan memicu pertumbuhan bisnisnya.  Bank BCA meskipun dalam prakteknya melayani seluruh lapisan masyarakat, tetapi bank BCA lebih identik dengan kesan bank kalangan elit menengah ke atas. Bank BCA selalu mengutamakan kepuasan nasabahnya lebih dari sekedar pelayan publik biasa seperti layanan yang dilakukan oleh bank BRI. Selain transaksi di jam kerja umum, transaksi setor tunai biasa dilakukan 24 jam di bank BCA menggunakan mesin ATM setor tunai. Ini menjadi alasan tersendiri mengapa bank ini menetapkan harga layanan yang lebih tinggi dibanding bank pemerintah. Tetapi masyarakat kelas menengah tentu bersedia membayar lebih demi sebuah layanan yang memuaskan. Sistem pelayan kasir yang super cepat adalah andalan mereka. Dan para nasabah yang menggunakan produk bank BCA seperti kartu ATM memiliki tingkat percaya diri yang lebih tinggi.

2. BANK MANDIRI
Bank mandiri sebagai bank pemerintah memiliki tingkat layanan super cepat sama dengan bank BCA. Bank mandiri menjadi salah satu alat indikator tentang suatu daerah. Apakah daerah kecil tersebut adalah daerah dengan potensi pertumbuhan tinggi. Bank mandiri dengan sistem layanan yang super ramah dari para petugas bank tersebut menciptakan iklim yang mengikat perasaan antara pegawai bank dan nasabah. Meskipun untuk di daerah kecil bank mandiri belum mampu mengungguli bank BCA.

3. BANK SINARMAS
Bank sinarmas lebih identik dengan bank layanan bisnis. Artinya bahwa bank sinarmas fokus pada layanan nasabah bisnis. Jika di suatu daerah yang sedang berkembang telah berdiri bank sinarmas mengindikasikan bahwa di daerah tersebut akan berdiri sentral –sentral bisnis menengah keatas. Akan berdiri perusahaan –perusahaan moderen yang turut memicu percepatan pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh. Mereka secara manajement tentu telah menganalisis berbagai data sebagai alat ukur untuk mengambil tindakan bisnis yang tepat. Mereka menganalisis tidak dari lokal, tetapi dari wilayah cakupan yang lebih luas. Mereka mengidentifikasi pola perkembangan psikologi  masyarakat dari seberapa besar jumlah lulusan perguruan tinggi. Berapa banyak bisnis UKM yang pendirinya adalah lulusan perguruan tinggi dan tingkat konsumerisme masyarakatnya. Karena akan sangat berbeda sebuah bisnis UKM yang di kelola oleh pengusaha kecil yang tidak lulus perguruan tinggi dan pengusaha UKM yang lulus perguruan tinggi dari sisi bagaimana mereka menganalisa sebuah usaha dengan target pertumbuhan tinggi yang lebih cepat. Maka keberanian mereka dalam berspekulasi terhadap hutang untuk membangun perusahaan  lebih tinggi dan perbankan lebih meyakini tingkat keberhasilan mereka. Itu sebabnya bank sinarmas mengambil peluang ini dalam mengembangkan bisnis suatu daerah dalam koridor simbiosis mutualis.

4. MAYBANK

Maybank untuk daerah tertentu mungkin masih terdengar asing. Tetapi jika disuatu daerah berdiri maybank menunjukan bahwa ada sebuah bisnis yang melakukan transaksi intenasional atau terdapat tenaga kerja asing di daerah tersebut. Dalam arti lain, bahwa di daerah kecil itu sesunggguhnya ada peredaran uang yang sangat tinggi secara internasional.

5. UOB BUANA
Uob buana adalah bank layanan bisnis kelas tinggi yang sama denga  bank sinarmas  dan bank - bank lainnya di atas tadi.

Post a Comment

[facebook] [blogger]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.