BAGAIMANA CARA MEMBANGUN WEBSITE DENGAN ESTETIKA





Membangun sebuah website atau webblog  banyak memberi keuntungan. Selain dengan teraktualisasinya ide di dalam diri secara nyata dan dapat diketahui publik, membangun sebuah webblog ternyata memberi peluang keuntungan bisnis. Website blog yang dibangun menggunakan CMS (content management system) gratis berlisensi terbuka GPL (general public lissence) seperti wordpress, blogspot, joomla atau lainnya jika dilakukan secara profesional tentu akan memberi imbal hasil yang setimpal. Itu sebabnya membangun sebuah website harus mempertimbangkan banyak hal antara lain, bahwa website yang dibangun adalah branding dari bisnis anda. Maka, menentukan desain tata letak, menentukan kata kunci domain dan menentukan psikologi warna yang atraktif menjadi standar ukurannya.

Secara psikologi, pengunjung setiap website memiliki beberapa pembagian sederhana sebagai berikut antara lain:
1.       Informasi
Pengunjung website terkadang hanya membutuhkan informasi penting untuk keperluan tugas tertentu. Pada umumnya mereka menjelajah di mesin pencari seperti google search, bing, yahoo dan lainnya berdasar kata kunci. Mencari informasi yang relevan terhadap kebutuhannya, membaca atau mengunduh dan menyimpan file penting tersebut lalu membacanya secara offline.
-Misal; ketika seseorang mencari informasi bagaimana cara memperbaiki sistem pengapian kendaraan berbahan bakar diesel di mesin pencari, mereka hanya butuh artikel yang tersaji seberapa lengkapkah pembahasannya dan apakah artikel tersebut mendukung hingga tuntas apa yang pengunjung inginkan hingga ketika dilakukan terhadap mesin diesel yang sedang rusak kemudian mesin tersebut kembali berfungsi. Pada bagian ini, pengunjung tidak mementingkan tampilan website, tentang tataletak dan keindahan tampilannya. Kemungkinan mereka menjelajah juga dalam rentang waktu yang cenderung pendek.

2.       Fungsi
Pengunjung website jenis ini lebih cenderung pada pengguna layanan tersebut dalam hal yang berkaitan erat dengan tugas kerjanya. Misal website jejaring sosial seperti facebook dan platform sejenis lainnya . Mereka menuntut fungsi sebuah layanan apakah sederhana, cepat dan multi fungsi. Sehingga beberapa tugas dapat diselesaikan dengan lebih efisien. Apakah untuk membangun pencitraan diri (personal branding).

3.       Imaginasi.
Pengunjung website tipe ini selalu menuntut sebuah estetika yang lengkap. Baik itu estetika bahasa dan cara bahasa tersebut menyajikan informasi maupun estetika tata letak dan penampilan. Keindahan sebuah website menjadi tempat tersendiri karena informasi yang disampaikan lengkap dan imajinatif serta tampilan yang membuat alam bawah sadar seseorang melebur kedalam situasi yang tersaji, sehingga pengunjung bersedia lebih lama didalamnya dan bersedia kembali setiap saat. Jika website tersebut menyajikan ragam informasi yang luas tentu dia  tidak akan memilih tempat lain. Website jenis ini sangat tepat jika diintegrasikan dengan iklan gooogle adsense Auto ads in-feed. Tampilan website menjadi semakin menawan.

4.       Refleksi
In mungkin sedikit berbeda tetapi tidak sungguh-sungguh berbeda. Pemaparan warna dalam sebuah website ternyata berpengaruh terhadap psikologi seseorang. Website marketplace tokopedia.com dominan dengan warna hijau, bukalapak.com dominan dengan warna merah menantang, blibli.com dominan dengan tampilan warna biru langit dan shopee.co.id dengan warna oranye. Bukan tanpa alasan warna yang diterapkan sebagai warna dominan selain sebagai identitas khusus. Warna tersebut akan mempengaruhi naluri seseorang. Dan ini adalah tugas ahli psikologi untuk menjelaskan lebih detil.
Maka keempat spesifikasi diatas menjadi rujukan penting dan jika itu diwujudkan dalam satu website tentu hasilnya akan sangat membanggakan. Tampilan website yang responsive, fast loading, tampilan desain yang rapi dan indah, informasi yang tersaji lengkap dan dengan bahasa yang memukau akan tumbuh menjadi website yang dapat memberi keuntungan material yang luar biasa di masa depan dan menjadi ladang bisnis yang hebat.

Untuk menentukan estetika yang dapat memberi sugesti pada alam bawah sadar tentu harus membuat beberapa percobaan. Teknik SEO adalah bagaimana website dapat tampil di halaman depan mesin pencari terhadap konten yang paling relevan dibutuhkan oleh pencari informasi. Selanjutnya adalah bagaimana pengguna informasi menjadi betah untuk berlama-lama di website tersebut karena perpaduan estetika yang sempurna dan ketersediaan informasi yang lengkap, sederhana dan memuaskan.

Ingat kembali !.
Bahwa membangun sebuah website sama persis dengan membangun rancang usaha sebagai media bisnis untuk mendapatkan sumber uang sebagai pendapatan yang berlimpah. Melakukan analisa pasar dengan sistem SWOT menjadi standar bagi blogger profesional. Apa itu SWOT system ?.
1.Streng (kekuatan)
2.(kompetitor)
3.Opportunity (Peluang)
4.(

Label:

Post a Comment

[facebook] [blogger]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.