Bagaimana mengoptimasi website untuk menghadapi MEA




Bagaimana sikap anda secara fisikologi untuk menghadapi MEA ( masyarakat ekonomi asean) atau economy asean community 2016.anda sebagai salah satu anggota sebuah komunitas sosial dalam sebuah bisnis tentu tidak akan dapat menghindari dampak langsung maupun tidak langsung dari system ekonomi atau kerjasama antar Negara anggota Asean tersebut. Kenyataannya secara umum masyarakat menengah ke bawah masih dominan untuk tidak  peduli karena ketidak mengertian akibat informasi yang yang belum cukup kuat untuk membuat masyarakat faham. Khususnya masyarakat pedesaan. System edukasi langsung terhadap program MEA kepada masyarakat akan menjadi dampak buruk dimasa depan. Untuk masyarakat perkotaan yang berada pada strata sosial menengah juga tidak menjamin bagaimana sebenarnya aplikasi langsung kepada masyarakat akan MEA .
Masyarakat yang tahu tentang bagaimana menciptakan peluang atau yang jeli memanfaatkan peluang MEA tentu memiliki kesempatan emas sebagai salah satu anggota masyarakat mapan. Lain hal dengan mereka yang tidak jeli tentu akan tertindas. Ternyata dampak internet dalam menghadapi MEA dan pengetahuan masyarakat dalam memanfaatkan internet menjadi dasar untuk mampu eksis di dalam menghadapi MEA. Ruang bisnis yang luas dan kesempatan yang tercipta membutuhkan segala tuntutan dari segala segi. Yang paling dituntutr adalah efisiensi bisnis dan peluang jangkauan yang lebih besar.
Dapat anda bayangkan jika anda atau siapa saja yang masuk kategori gagap teknologi. Tentu mendapatkan peluang, mengambil peluang dan membangun peluang yang didapat jauh lebih sulit. Membangun sesuatu yang berorientasi bisnis tidak bisa lepas dari koneksi tujuan hilir yakni market. Market yang luas nyaris tanpa batas adalah apa yang digambarkan dalam MEA. Serifikasi produk dari pihak otoritas tidak menjadi jaminan sebuah produk dapat menduduki rangking pasar . promosi produk agar segera dikenal pasar adalah jalan yang tepat. Sayangnya salah memilih cara promosi dan target yang tidak terukur menjadikan tidak efisien untuk banyak hal.
Beruntungnya internet dapat mengatasi sebagian masalah ini. System pemasaran yang lebih cepat, menjangkau pasar lebih luas dan lintas batas, efisiensi biaya promosi. Sehingga program internet masuk desa misalnya. Akan mampu membantu banyak orang dalam membuka peluang pasar yang jauh lebih luas. Apakah mereka akan mempromosikan produk pertanian khususnya masyarakat pedesaan, produk peternakan dan turunannya serta berbagai produk rumahan lainnya. Jejaring sosial menempati porsi terbesar dalam hal membantu pemasaran. Meskipun tidak dapat dipungkiri, beberapa hal menggunakan media sosial belum mampu mengintegrasikan seluruh keinginan mereka dalam bisnis.
Facebook.com
Hampir tidak ada orang yang tidak memiliki akun di facebook. Kemudahannya dalam menggunakan dan tersedia dalam aplikasi ponsel menjadikan situs jejaring sosial terbesar ini berdampak besar dalam membantu pengembangan pasar dalam MEA dimasa depan. Tetapi harus di akui, memanfaatkan facebook sebagai media bisnis hanya dilakukan oleh sebagian kecil masyarakat menengah ke bawah. Mereka hanya menggunakan facebook untuk berinteraksi dan bersenang-senang tanpa mempengaruhi orientasi bisnis. Artinya jangkauan bisnis dengan akun facebook belum mereka lakukan kecuali untuk masyrakat perkotaan.
Blogger.com
Memiliki blog adalah hal yang penting untuk memperkenalkan bisnis dan membangun jaringan bisnis yang jauh lebih luas. Membuat blog dengan aplikasi CMS seperi blogspot atau wordpress adalah solusi. Tetapi ini baru di manfaatkan oleh kalangan pelajar atau masyarakat perkotaan. Padahal membuat toko online misalnya. Adalah hal yang sangat tepat dalam menghadapi MEA nanti. Karena jangkauan pasar yang luas tanpa batas tersebut didukung oleh sistem transaksi yang mudah dan pasar yang terbuka 24 jam. Namun kekurangannya berbagai fasilitas membuat blog gratisan tersebut belum cukup memenuhi kebutuhan . sehingga membuat website professional atau toko online dengan self hosting adalah jawabannya.
Online shop.
Jika orang berfikir bahwa online shop hanya diperuntukkan jual beli barang-barang yang lazim seperti yang banyak orang kenal adalah kurang tepat. Membuat online shop untuk masyarakat pedesaan saat ini telah menjadi sebuah keharusan. Kesadaran masyarakat desa seperti petani ,peternak dan pedagang serta jasa lainnya yang masih bersifat konvensional dapat memutus rantai ketidak adilan yang selama ini terjadi. Masyarakat desa khusunya, mereka sulit bangkit secara ekonomi adalah karena praktek para tengkulak dan pasar yang sangat terbatas. Mari anda lihat kembali. Sebagai contoh harga pasar komoditas hasil pertanian seperti kopi yang harganya terus naik. Kenyataan petani menjual dengan harga yang justru tetap bahkan jika dikonversi ke nilai market saat ini justru harga jual petani kepada tengkulak sangat murah. Terbukanya MEA dan kesadaran masyarakat baik secara perorangan maupun kelompok terhadap pemanfaatan internet akan melahirkan kesadaran baru dalam membuat nilai pasar dan target pasar. Yang diuntungkan adalah semua pihak.
Sudah saatnya masyarakat diedukasi untuk betapa pentingnya website dan membuat website serta memanfaatkannya secara optimal. Harga pembuatan website yang masih cukup terjangkau dapat mengatasi jumlah kemiskinan petani dalam menghadapi pasar MEA untuk menciptakan pasar yang selama ini stagnan. Dampaknya bagi para pengepul hasil pertanian adalah menuntut mereka untuk belajar lebih adil dan lebih sehat. Sebab pasar mereka telah terbuka sangat luas. Kompetisi dalam menentukan harga terjadi secara dinamis karena informasi yang sangat terbuka luas.
Website desa sangat dipelukan. Buat beberapa orang secara bersama-sama mengelolanya. Apalagi dalam program pengganti PNPM yang mengharuskan desa memilki situs desa. Jika telah memilki situs desa sebagai sarana untuk membangun perekonomian masyarakat dalam MEA maka optimasi terus situs tersebut. Membuat manajement yang baik dalam mengelola situs desa dapat dilakukan denga cara. Buatlah website tersebut terkoneksi dengan seluruh jejaring sosial. Tentukan masing-masing mereka atau anda sebagai pengelola mengelola masing-masing akun. Seperti satu orang mengelola akun facebook,yang lain mengelola akun twitter , pinterest,foursquare  dan sebagainya. Diskusikan apa yang akan anda publikasikan dan produk yang akan dipasarkan lewat situs desa. Jangan khawatir. Ternyata program pendamping desa yang mengawasi dalam bersama-sama mengelola anggaran dana desa (ADD) juga menyediakan anggaran untuk membuat situs desa.
Manfaatkan peluang ini dan optimasi situs tersebut untuk siap menghadapi MEA sebagai pasar luas dan terbuka. Ini adalah sebagai tempat membangun motivasi desa dan masyarakatnya terhadap desa lain seluruh Indonesia bahkan dunia.

Label: ,

Post a Comment

[facebook] [blogger]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.