CARA MELINDUNGI BISNIS DENGAN LINDUNG MEREK TERDAFTAR HKI




Di bisnis era digital yang memiliki kecepatan akses super cepat memberi fakta baru bahwa bisnis tingkat efisiensi tinggi telah terjadi. Jutaan masyarakat ekonomi dunia menjadi saling terkoneksi dengan cepat dan akurat satu sama lain. Hal ini juga menjadi pemicu pertumbuhan pengusaha muda baru khususnya di bidang digital. Hanya dengan biaya yang sangat kecil seseorang menyewa domain dan hosting di sebuah situs perusahaan penyedia layanan sewa hosting seperti www.masterweb.com, maka seseorang telah memiliki sebuah media bisnis. Website tersebut menjadi kantor sekaligus ruang industri dan pemasarannya. Hanya butuh ketelitian , kesabaran untuk melihat peluang pasar, mereka telah mampu menciptakan lapangan kerja kecil setidaknya untuk satu tenaga kerja atau mungkin grup kecil yang hanya memperkejakan kurang dari 10 orang secara part time. Tidak harus menyewa gedung dengan fasilitas mewah dan moderen.

Dibeberapa daerah di indonesia, khususnya kota besar yang lebih dominan maju pola pikir masyarakatnya justru lebih memilih jalur bisnis personal digital dari pada memilih berkerja sebagai karyawan swasta, BUMN atau pegawai negeri sipil (PNS). Jika beberapa waktu yang lalu menjadi pegawai negeri sipil masih menjadi prioritas hampir semua pencari kerja karena dianggap sebagai pekerjaan bergengsi dan berada pada titik aman dari sisi penghasilan, maka tren belakangan justru mulai berubah. Beberapa orang mulai menyangkal bahwa PNS adalah pekerjaan yang aman. Terbukti ketika negara yunani mengalami kebangkrutan ekonomi yang berdampak pada pemberhentian masal sejumlah pegawai dan tentaranya menunjukan bahwa negara bisa mengalami kebangkrutan. Bagaimana dengan Indonesia ?. kemungkinan itu bisa saja terjadi meskipun beberapa slogan menyatakan tidak akan terjadi. Sistem demokrasi negara ini cenderung memungkinkan. Sebab demokrasi berbiaya tinggi cenderung korup sehingga beban anggaran negara makin besar. Padahal negara harus membayar upah PNS dan militer yang nyata-nyata tidak menghasilkan produk riil. Upah mereka terus naik sementara disisi lain beban pajak rakyat semakin tinggi memungkinkan negara menjadi chaos.

Mereka yang melihat ceruk bisnis berbiaya rendah di era digital lebih melihat ini adalah bisnis masa kini dan masa depan yang menjadi kategori profesi paling aman dibanding menjadi pegawai negeri sipil. Tetapi di beberapa daerah yang baru berkembang menjadi pegawai negeri sipil maupun militer masih dianggap sebagai strata profesi tingkat tinggi. Dan di kota metropolitan seperti jaarta, medan ,surabaya dan kota-kota besar lainnya sosiologi ekonomi masyarakat mudanya telah menepis persepsi tersebut. Mereka lebih memilih berbisnis dengan peluang penghasilan tinggi dengan resiko rendah daripada penghasilan yang dianggap aman tetapi dengan tekanan psikologi yang berat.

Bisnis interkoneksi di era digital terus tumbuh dan melahirkan dan menghidupkan bisnis baru. Ketika jari jemari kita menekan tombol komputer untuk menuliskan beragam informasi, dalam hitungan sangat cepat informasi yang kita distribusikan akan menyebar ke seluruh dunia. Dunia akan merespon informasi dan kemungkinan akan memberikan umpan balik informasi yang terkait untuk informasi yang sama  kembali di kirimkan hanya dalam hitungan seperdetik. Hanya dengan website seorang yang tidak lulus perguruan tinggi bisa menjadi mitra bisnis sukses perusahaan kelas dunia. Seperti menjadi mitra penayang iklan milik yahoo.com, amazon.com, accesstrade.co.id dan google.com dengan program google adsense. Tidak ada proses suap-menyuap layaknya menjadi menjadi pegawai pemerintah untuk turut mengambil keuntungan nyata dari perusahaan internasional tersebut.

Karena bisnis di era digital memiliki tingkat aksesbilitas yang tinggi, maka apa yang kita distribusikan denga tidak hati-hati justru akan menjadi kerugian besar bagi pendistribusi. Hal yang sering terjadi adalah penjiplakan karya tulis untuk didistribusikan kembali dengan tujuan monetisasi konten. Maka dari itu, setiap ide yang kita distribusikan ke publik harus memiliki perlindungan hukum yang jelas jika memang potensi kekayaan ada didalamnya.

Ketika seseorang memberikan informasi produknya kepada publik. Kemungkinan besar seseorang dari belahan dunia lain mengambil keuntungan lain dengan menjiplak dan mengklaim bahwa produk tersebut adalah miliknya. Otorisasi tersebut tentu akan menjadi sumber pendapatan dan bernilai ekonomi tinggi dimasa depan. Sementara yang pencetus ide hanya akan menjadi pasar bagi pemilik otoritas produk atau merek tersebut.

Maka sudah menjadi keharusan jika bisnis yang kita miliki harus segera di otorisasi secara legal dengan mendaftarkan secara resmi di lembaga-lembaga yang resmi mengeluarkan hak otoritas. Seperti misalnya DJHKI. Prosesnya pun sangat mudah. Di indonesia untuk tiap-tiap propinsi terdapat kantor wilayah kementrian hukum dan ham (Kanwil Depkemenkumham) sebagai lembaga negara yang memiliki otoritas dibidang ini. Persyaratan yang cukup mudah, mengisi formulir seperti di bawah ini,

Text Box: Hal 1/2FORMULIR PERMOHONAN PENDAFTARAN MEREK
Tanggal pengajuan:
Tanggal Penerimaan:
No. Referensi Pemohon:*
*jika ada
Nomor Permohonan:

Identitas Pemohon
Nama           

        Beri tanda (x) jika pemohon lebih dari satu pihak dan lampirkan dalam lembar terpisah.
       Beri tanda (x) jika pemohon adalah UMKM.
       Perorangan
      Badan Hukum
Kewarganegaraan:
Negara Pendirian:
Alamat                


Kabupaten/Kota

Kode Pos

Propinsi

Negara

Tel/Fax

Email







Alamat Surat Menyurat (jika berbeda dengan alamat pada bagian identitas pemohon)
Alamat                


Kabupaten/Kota

Kode Pos

Propinsi

Negara


Identitas Kuasa
Nama Kuasa     

No. Konsultan

Nama Kantor

Alamat                


Tel/Fax

Email


Klaim Prioritas
No.
Tanggal Prioritas
Negara/Kantor Merek
Nomor Prioritas




         Beri tanda (x) jika lebih dari satu klaim prioritas dan lampirkan dalam lembar terpisah.

Tipe Merek
      Merek kata
      Merek lukisan/logo
      Merek kata + lukisan/logo
      Merek tiga dimensi
      Merek suara
      Merek hologram
        Beri tanda (x) jika merupakan merek kolektif



Merek
Terjemahan jika merek menggunakan istilah asing:



Beri tanda (x) jika kata dalam merek tidak memiliki arti dan tidak bisa diterjemahkan
Label Merek
Text Box:        Transliterasi/pengucapan jika merek menggunakan karakter huruf non-latin:



Unsur warna dalam merek:




Text Box: Hal 2/2       Beri tanda (x) jika label merek tiga dimensi atau merek hologram lebih dari satu gambar dan lampirkan dalam lembar terpisah.
Nama dan/atau Deskripsi Merek**
Nama merek:
Deskripsi merek:


** Deskripsi merek wajib diisi hanya untuk merek tiga dimensi, merek suara, atau merek hologram.

Kelas
Jenis Barang dan/atau Jasa








Beri tanda (x)  jika kelas dan jenis barang atau jasa melebihi tempat yang disediakan dan lampirkan dalam lembar terpisah.
Tanda Tangan


(Nama)
Tempat dan Tanggal Tanda Tangan:

[Diisi oleh petugas]

Lampiran

3 (tiga) lembar label merek

Bukti pembayaran biaya

Surat kuasa

Surat pernyataan kepemilikan merek

Bukti prioritas dan terjemahannya

Salinan ketentuan penggunaan merek kolektif

                                                                                                               











SURAT PERNYATAAN PERMOHONAN PENDAFTARAN MEREK


                                           
            Merek:   


Label Merek
 
 





            















          Yang diajukan untuk permohonan pendaftaran merek oleh:

          Nama Pemohon            :
          Alamat                :


         Dengan ini menyatakan bahwa merek tersebut merupakan milik pemohon dan tidak meniru merek
         milik pihak lain.


                                                                      Jakarta,

  

                                                                                                           
                                                                                   (Nama pemohon/kuasa pemohon)

LAMPIRAN FORMULIR PERMOHONAN PENDAFTARAN MEREK
Text Box: 2.Text Box: 3.


dst.
Text Box: 1.Text Box: 1. Contoh penulisan identitas pemohon jika pemohon lebih dari satu pihak.
Identitas Pemohon
No 
1. 
2. 
3. 
dst. 

2. Contoh penulisan klaim prioritas jika lebih dari satu klaim prioritas.
Klaim Prioritas
No. Tanggal Prioritas Negara/Kantor Merek Nomor Prioritas
1.   
2.   
3.   
dst.   

3. Contoh tampilan label merek tiga dimensi atau merek hologram jika lebih dari satu gambar.









4. Contoh penulisan jika kelas dan jenis barang atau jasa melebihi tempat yang disediakan.
Kelas Jenis Barang dan/atau Jasa
 




 

dst.
 dst.

Halaman / Total Halaman:  ..... / .....









































Label:

Post a Comment

[facebook] [blogger]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.