CARA MEMULAI BISNIS DARI SEKEDAR HOBI




Banyak yang berfikir bahwa menyelesaikan pendidikan di akademi atau universitas, kemudian gagal menjadi pegawai dengan jabatan tertentu baik di pemerintahan atau perusahaan swasta bonafide adalah jalan buntu bagi mereka  untuk menjadi mungkin menemukan jalan sukses di masa depan.  Padahal justru jalan suskses menuju masa depan yang lebih baik dibanding hanya menjadi pegawai pemerintahan atau karyawan swasta terbentang sangat luas. Hal tersebut jika kita mampu melihat sebuah obsesi disanding luruskan dengan hal yang paling pribadi bukan berdasar motivasi lingkungan yang memaksa kita harus bersedia menjadi pribadi lain di luar diri sendiri. Bukan sesuatu yang salah menjadi pegawai atau karyawan jika itu memang obsesi yang sejalan dengan jiwa  sendiri, yang menjadi jalan berliku adalah ketika institusi kita justru meletakkan kita di luar pribadi kita karena tuntutan profesi. Kita harus bersedia mengalami tekanan psikologi agar membuahkan hasil maksimal dari kerja kita. Sukses yang apabila diukur dengan nilai rata-rata mata uang, bahwa tidak dipungkiri sebagai pegawai pemerintahan atau karyawan dengan konsekwensi tuntutan kerja tinggi akan dibatasi oleh standar rata-rata gaji secara umum, jika pun ada bonus pengembangan karir, itu peluang persaingannya sangat ketat.

Dan di era terbukanya informasi yang real time, banyak mereka-mereka yang mulai frustasi karena gagal diterima sebagai pegawai pemerintah maupun karyawan perusahaan justru menemukan jalan baru yang lebih luas dengan potensi penghasilan yang jauh lebih tinggi di atas rata-rata dari pegagwai pemerintahan dan karyawan swasta. Mungkin masih ingat di era catatan diarry, mereka atau kita yang hobi menulis berbagai cerita dalam catatan diarry tidak pernah membayangkan bagaimana coretan-coretan kecil akan menghasilkan uang di masa depan, mereka atau kita yang hobi menulis puisi atau cerpen sangat sulit menemukan jalan bagaimana agar hobinya dapat menembus dunia percetakan yang kala itu jumlahnya masih sangat sedikit. Baik apakah terbit di majalah atau sekedar koran harian lokal. Denga segala bentuk pro dan kontranya yang sempat dibahas oleh para pengamat sastra majalah sastra horison jakarta tentang penerbitan online, bahwa peneribatan online adalah jalan keluar dari kebuntuan jalan para pejuang karya tulis untuk terbit di media masa, tetapi menjadi sangat diragukan kualitas karyanya akibat tingkat selektifitas dari para ahli yang tidak memiliki standar ukuran akademi. Tetapi ternyata jalan keluar ini adalah karpet  merah para hobies sekaligus jawaban terhadap betapa semakin sempitnya peluang untuk memasuki dunia lapangan kerja. Sehingga hobi ini bukan sekedar alternative untuk mengurangi tingkat pengangguran, tetapi justru ini adalah lapangan kerja baru yang ternta saat ini juga menjadi ketat persaingannya.

Para hobies dapat sepenuhnya menulis catatan-catatan kecil menjadi sesutau yang besar dan mempublikasikan karya  mereka hanya dengan satu kali klik, kemudian tersiar ke seluruh dunia. Biaya yang ringan menjadi rumus efisiensi dan potensi penadapatan yang sangat besar menjadi orientasi bisnis dalam hal perolehan laba. Sebagai contoh kecil, seorang Ari budin sang developer tempalate website berbasis platform osclass asal surabaya memperoleh pendapatan dari hobinya hingga ratusan juta rupiah. Untuk  jenis template “Rival Theme” yang saat ini di hargai di osclass market $ 50 usd terjual lebih dari 200 template, jika kurs Rp.10000/ usd x $ 50 usd x 200 template artinya Rp.50 juta hanya untuk 1 jenis template. Penghasilan yang sangat besar.

Contoh lain adalah berapakah penghasilan Mr. Marixxon manurung pemilik situs www.maxmanroe.com, kunjungan yang sangat tinggi ke situs yang berafilliasi dengan google adsense tersebut. Atau www.codepolitan.com, website marketplace besutan putra jawa kelahiran sumatera utara alumni SMU N 1 Bandar perdagangan tahun 2002 www.asia.co.id Mr.Budiono memang masih sangat baru, tetapi dari hobinya menulis yang kemudian mendirikan www.news.asia.co.id ini melalui hobinya tersebut bukan tidak mungkin akan mengikuti jejak jalan emas mereka yang kami sebutkan di atas.

Bahwa sesuatu yang dahulunya sempat dipandang pro dan kontara jusru saat ini diikuti oleh mereka yang merasa kontra dimasanya setelah secara sadar media offline mulai mengalami penurunan pengunjung karena proses yang sulit dan tidak up to date.maka sangat wajar salah satu program publisher iklan adsense milik google yang dahulu mudah untuk diikuti sekarang semakin ketat bukan hanya karena aturannya tetapi juga persaingannya sesama penulis karya online.

Membangun motivasi dari hobi menjadi obsesi untuk membangun bisnis denga modal murah dan penghasilan yang melimpah harus mulai menjadi pertimbangan utama yang segera kita eksekusi. Agar tidak larut dalam frustasi yang sangat panjang dan menjadikan kemurungan ke arah depresi akut, temukan hobi spesifik anda, jadikan obsesi untuk bertindak tegas sebagai eksekutor bisnis.








Label:

Post a Comment

[facebook] [blogger]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.