CARA MENGENALI AMBISI YANG SALAH PARA BLOGGER PEMULA





Siapa bloger dan apa pekerjaannya ?, sudahkah terjawab secara sempurna dan jawaban tersebut memuaskan.
Bloger adalah seseorang yang melakukan pekerjaan sebagai pengelola blog atau webblog dan pekerjaan mereka adalah mencari berbagai informasi, menganalisa data yang terkumpul, menyusun kembali untuk mencari kesesuaian informasi yang akan relevan terhadap kebutuhan publik, menuliskan kembali informasi tersebut untuk publik melalui media online (blog).

Apakah bloger dengan pekerjaan yang diuraikan diatas adalah sebuah profesi kerja seorang profesional ?,
“Iya”.
Blogger adalah suatu identitas seorang pekerja profesional sama halnya dengan pekerjaan sebagai seorang prajurit, seorang guru, seorang pegawai. Bahkan bisa lebih. Blogger sebagai sebuah identitas pekerja tanpa ikatan dinas. Mereka lebih layak disebut sebagai pebisnis profesional.  Blogger profesional adalah seorang analisis yang menyajikan informasi berharga terhadap suatu produk atau layanan yang sangat dibutuhkan publik. Mereka adalah bisnisman yang sangat kompeten.

Informasi tentang keberhasilan para blogger profesional dengan pendapatan yang lebih dari sekedar  untuk menompang biaya hidup pribadi dan keluarga. Menjadikan banyak orang mencoba peruntungan sebagai seorang blogger. Terkadang tanpa dibekali oleh pengalaman yang cukup, karena begitu mudah dan murahnya membuat situs blog. Bahkan untuk desain premium seperti menggunakan platform wordpress maupun blogspot juga sangat murah bahkan nyaris gratis. Maka melihat hal tersebut beberapa orang mulai berambisi dan bermimpi indah bahwa akan segera memperoleh banyak uang dan kaya raya hanya bekerja mudah dan tanpa ikatan sebagai blogger. Padahal kenyataan manisnya tidak sedemikian. Seorang blogger harus menghabiskan banyak sumberdaya berupa uang, waktu,tenaga dan pikiran untuk membuat analisa yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan dihadapan publik sebagai sebuah tanggung jawab moral.

Dari mana pendapatan dari mereka para blogger ?
Seseorang yang mampu membuat artikel yang dapat menhipnotis pembacanya untuk percaya dan bersedia membayar mahal suatu produk maupun layanan, tentu berpeluang untuk digunakan jasanya oleh perusahaan perusahaan besar untuk mengkampanyekan produk atau layanan mereka. Tentu blogger tersebut membuat analisis dan memaparkan tentang produk tersebut dalam sebuah blog berdasar pengalaman dan intuisi terhadap produk dan layanan secara proporsional.
Misal, yamaha meluncurkan produk baru dan perusahaan pembuat produk sejenis seperti suzuki, honda, kawasaki dan lainnya  juga meluncurkan produk baru. Atau produk laptop seperti accer, lenovo, apple. Secara analisis SWOT bahwa mereka tentu bersaing ketat untuk merebut minat konsumen. Berbagai teknik iklan tentu mereka lakukan. Salah satunya adalah membuat ulasan produk mereka di berbagai website blog. Tentu sangat tidak mungkin mereka membuat banyak situs untuk bersaing menginformasikan produk mereka di internet dan juga akan terlihat tidak natural. Disini peran para blogger yang bersedia memaparkan tentang produk perusahaan tersebut di situs blog mereka dengan perjanjian harga tertentu.

Blogger yang memiliki blog dengan kunjungan tinggi tentu menjadi incaran para perusahaan penyedia layanan iklan online. Salah satunya adalah accesstrade.co.id dan yang paling fenomenal dikalangan para blogger adalah google adsense. Pada tahap ini baru kita akan membahasa fenomena google adsense dan blogger pemula.

Para bloger pemula yang selalu berambisi membuat blog tidak lagi berdasar pada rasionalisme yang profesional. Kabar baik dari google adsense yang menyangkut masalah gengsi sebuat situs blog dan peluang memperoleh uang dari program google adsense membuat para bloger pemula melupakan tugas utama seorang yang berprofesi sebagai bloger. Sehingga yang menjadi fokus bukan pada kualitas dan kuantitas konten artikel yang akan disajikan. Tetapi fokus bagaimana agar segera mendaftar program kemitraan google adsense dan diterima serta disetujui sebagai mitra penayang iklan dari mitra google.

Ini adalah ambisi yang menurut banyak analisis blogger sebagai sebuah ambisi yang salah. Potensi untuk memperoleh uang yang tidak sesuai harapan membuat blogger jenuh dan tidak lagi melanjutkan profesinya sebagai bloger. Analisis ini kami kumpulkan dari berbagai diskusi grup di media jejaring sosial seperti facebook group dan grup whatsapp.

Hal ini akhirnya menjadi peluang baru bagi mereka yang telah memiliki pengalaman tentang bagaimana mendaftara dan disetujui untuk menjadi mitra google adsense. Mereka memperjual belikan akun adsense meskipun hal ini dilarang. Para penayang menampilkan iklan di situs blog yang minim informasi dan melakukan berbagai modus kecurangan hanya demi mengejar pendapatan nyata dari google. Mereka menjadi lebih rakus dan menjadi keluar dari nalar profesional.
Label:

Post a Comment

[facebook] [blogger]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.