Cara Menggabungkan Konten Artikel dan Video di Wordpress Self Hosting




Secara khusus salah satu kelebihan website atau blog berbasis Content Management System (CMS) adalah kemudahan buildingnya. Para webmaster pemula pun mampu membuat kustominasi lebih baik sehingga kemampuan website yang sangat trendy, powerfull dan professional  dapat dibangun dengan sangat mudah. Salah satu yang sangat mudah adalah website berbasis CMS wordpress dan blogspot dan masih banyak lagi CMS sejenis. Namun beberapa yang paling popular adalah yang kami sebut di atas.apalagi CMS tersebut didukung oleh manajement berbahasa Indonesia. Untuk webmaster lanjutan joomla dan drupal tentu menjadi solusinya. CMS yang lebih akrab disebut Content Management Framework (CMF) ini lebih sulit namun jauh lebih tinggi tingkat sekuritinya dan lebih ringan dari sisi loading serta dapat diinstal berbagai fungsi tambahan. Sementara blogspot kekurangannya adalah lebih berat loadingnya jika akan melakukan kustominasi. Hal ini tentu akan sangat berbeda dengan CMS berbasis wordpress. Berbagai dukungan plugin wordpress mampu membuat struktur website sangat powerfull. Jika yang paling diragukan oleh para webmaster lanjutan adalah dari sisi keamanan yang lemah ternyata teknologi website yang terus berkembang dengan sangat pesat hari ini telah membantah keraguan tersebut. Berbagai plugin gratis maupun super premium telah mampu meningkatkan kepercayaan pengguna wordpress yang terus tumbuh pesat. Sehingga sulit dibantah jika berbagai CMS baru bermunculan belum mampu mematahkan image wordpress dimata penggunanya. Berbagai plugin yang memiliki kemampuan sekuriti yang sangat spesifik maupun yang generate member kesempatan pengguna untuk membuat website berbasis CMS wordpress memiliki keaman berlapis. Dengan segala kemudahan installasi dan kustominasi hingga menjadi bentuk website yang diharapkan , wordpress mampu mengungguli joomla.

Trend bisnis online shop  membuat para pengembang membangun CMS khusus yang menangani hal ini seperti Zen cart, Prestashop dan berbagai CMS yang sejenis, CMS yang lebih spesifik ini memiliki berbagai kekurangan yakni tidak dapat menyatukan berbagai kebutuhan situs dalam satu paket. BBpress maupun PHP BB (Buletin board) juga demikian. Sementara wordpress mampu menggabungan segala spesifikasi kebutuhan website dalam satu paket kerja dan membuat kegiatan membangun website menjadi sangat mudah dan efisien dengan satu domain.

Seperti apa yang menjadi fokus bahasan kami ini. Wordpress selain mampu menggabungan antara bulletin board dan menjadi situs berita andalan, juga sekaligus mampu digabungkan menjadi sebuah toko online layaknya prestashop atau yang lainnya. Membangun website untuk video presentasi ataupun Vlog. (Video Blog). Sehingga menggunakan wordpress dengan segala jaminan keamanan dan kemudahan pengoperasian sama seperi memiliki sebuah kota bisnis dengan privations highclass. Dalam satu paket besar sebuah klub bisnis didalamnya anda memiliki kantor berita, sarana hiburan seperi panggung bioskop ,memiliki pertokoan bahkan mall (virtual mall),konsultan (consultant)dan pemasaran paket asuransi (insurance),memiliki taman untuk ruang diskusi dengan klien dari berbagai Negara lintas batas. Tentu tidak demikian dengan prestashop, anda hanya memiliki sebuah mall,dengan BBpress anda memiliki kantor berita atau sejenisnya, tetapi dengan wordpress anda memiliki semuanya hanya dalam satu manajement. Anda sebagai pendiri,pemiliki sekaligun vice president untuk sebuah holding company. Untuk kemanan perusahaan bisnis anda berbagai aplikasi plugin adalah salah jawaban yang tepat seperti sebagai perusahaan sekuriti mitra yang sebagian otoritasnya ada di tangan anda.

Artinya bahwa sulit disangkal, dari berbagai belahan dunia membangun wordpress (lisensi terbuka) termasuk anda untuk membuat keputusan kerja yang mudah dan fleksibel. Memiliki akun dengan domain wordpress.com atau wordpress.org memang belum menjawab semua apa yang anda harapkan. Karena dengan domain tersebut sebagaimana banyak mengatakan adalah sama seperti memiliki sebuah toko kecil yang menumpang pada toko besar. Atau seperti kios dalam sebuah mall. Tentu otoritas anda dalam menentukan kebijakan secara umum sangat terbatas. Anda tidak diizinkan memasang plugin tambahan untuk mengoptimasi website anda. Jadi jika ingin professional adalah dengan self hosting dan domain sendiri sementara website anda tetap berbasis wordpress sebagai sebuah pulau raksasa di tengah lautan sangat luas tempat anda membangun bisnis.

Membuat konten artikel dengan sama artinya anda sedang berbicara tentang sesuatu melalui sebuah media masa, menambahkan gambar untuk mendukung konten anda sama seperti anda berbicara dalam sebuah media masa modern. Tetapi berbicara denga didukung oleh audio visual adalah sebuah profesionalisme yang sangat mengagumkan untuk website anda. Lalu bagaimana caranya. Ini adalah contoh tampilan video yang kami ambil sumber embed-nya dari youtube. Dan kami kolaborasikan denga iklan baris.
<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/GNr4pDka56Y" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

Kami anggap anda telah memilki website berbasis CMS dengan domain dan self hosting. Anda akan masuk pada dashboard CMS anda untuk membuat berbagai pengaturan dan posting artikel. Khusus untuk posting yang menjadi sorotan artikel yang sedang kami publikasi untuk anda adalah mengintegrasikan konten artikel dengan video yang mendukung artikel anda. Beberapa plugin pendukung dapat anda pilihdalam direktori wordpress  untuk mendukung operasi tersebut. Salah satu yang paling mudah adalah plugin Shortcodes Ultimate. Atau silahkan anda melakukan survey secara online untuk mempertimbangkan plugin mana yang paling mudah digunakan,lebih ringan dan kompatabel denga tema anda. Berdasarkan pengalaman yang kami sarankan adalah plugin di atas.

Bagaimna anda memulai.

Sebelumnya adalah anda install plugin Shortcodes ultimate dan lakukan aktifasi, dan secara otomatis aplikasi tersebut akan muncul di halaman postingan. Setelah anda membuat artikel dengan berbagai dukungan gambar dan sebagainya dan membuat pengaturan-pengaturan tata letak dan tata warna artikel. Silahkan anda sorot dan anda klik menu shortcodes tersebut. Setelah muncul tampilan pada layar monitor anda, anda pilih misalnya menu untuk menampilkan video youtube. Isi berbagai pengaturan yang dibuthkan dengan memasang embed video yang anda ambil dari akun youtube anda. Kami yakin anda telah memilki akun youtube, jika belum silahkan anda buat akun youtube dan upload video yang telah anda buat. Putar video anda dan ambil kode sematan video anda. Kami sarankan demikian agar website anda lebih ringan dengan menyimpan data rekaman video anda di youtube. Bukan di data base website anda. Buat pengaturan Auto play “No”.agar loading video lebih ringan. Silahkan anda geser atau dan tempatkan tampilan video di tempat yang sesuai apakah di awal artikel atau di paragraph kedua dari artikel anda. Preview sebelum anda memutuskan untuk memposting konten anda. Jika anda telah benar-benar yakin untuk membuat keputusan penting ini, maka silahkan publish konten anda. Jika anda menggabungkan dengan tampilan iklan teks atau mini banner di bawah tayangan video anda yang relevan antara artikel,video dan iklan yang ditayangkan tentu akan member nilai lebih pada setiap postingan anda dan membuat inspirasi baru pada banyak orang. Memanajemen tampilan iklan dengan plugin Ad Injection juga keputusan yang tidak kalah bijak. Buat pengaturan rotasi iklan hingga beberapa tampilan dan tayang tepat di bawah tampilan video anda menjadikan website anda menjadi sangat trendy.


Label: , ,

Post a Comment

[facebook] [blogger]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.