Cara mudah manajement URL tautan (link) website untuk pemula




Bagaimana memanajement url untuk dijadikan tautan website agar dalam mengelola situs menjadi lebih mudah dan terarah. Hal ini pada umumnya kurang mendapat perhatian khusus bahkan lebih sering terlupakan. Apalagi bagi blogger pemula.Padahal url tautan sebuah website sangat penting , baik sebagai navigasi internal (internal link) atau yang biasa disebut tautan dalam yaitu tautan dalam satu situs yang menghubungkan antar halaman . dan juga navigasi external atau tautan luar yang mengubungkan website dengan website lain melalui link url yang tersemat dalam artikel atau pada konten situs.
Tautan yang relevan khususnya tautan luar haruslah tautan yang menggunakan url spesifik.sehingga jarak navigasi ke konten tujuan lebih dekat. Ini akan sangat berbeda jika tautan luar yang anda buat hanya menggunakan url domain situs tujuan. Relevansi tautan menjadi tidak sinkron. Kecuali jika tujuan tautan hanya untuk mengarahkan pada domain induk suatu situs. Misal, jika akan mengarahkan pengunjung ke situs sebuah perusahaan. Cukup hanya menggunakan tautan url seperti, http://www.asia.co.id . Tautan tersebut tidak langsung mengarahkan pada konten yang relevan dengan konten artikel yang anda buat. Jika anda akan mengarahkan tautan ke tujuan yang paling spesifik dan relevan untuk merefleksikan konten anda misal artikel anda membahas tentang dampak ekonomi akibat politik luar negeri yang tidak kondusif . kemudian anda akan membuat tautan ke situs berita “Antara” atau “Detik.com”. jika anda membuat tautan url dengan http://www.antara.com maka pengunjung yang anda rujukkan akan diarahkan ke situs utama. Sementara relevansinya masih sangat jauh. Karena pengunjung harus membaca berbagai artikel atau surfing dengan waktu yang lebih panjang di situs antara.com. potensi buruknya adalah situs anda akan ditinggalkan kecuali jika anda menggunakan “new tab”. Setidaknya dampak kurang baiknya adalah pada hit situs anda.
Maka tautan yang spesifik adalah mengarahkan pengunjung ke situs antara.com langsung ke alamat artikel yang relevan untuk mendukung atau sandaran artikel anda.yaitu dengan menyematkan url situs tujuan sesuai url yang tampil di browser.misal ,http://www.antara.com/abcd/efgh/dampak-politik-luar-negeri-terhadap-perumbuhan-ekonomi-makro/. Ibarat dari keduanya adalah jika tautan hanya mengarah ke situs utama artinya seperti mengantar seseorang ke alamat perumahan atau hanya sampai ke rumah tujuan. Sementara tautan spesifik seperi mengantar seseorang ke orang yang anda rujukkan.demikian juga jika akan menautkan url situs lain pada situs anda .
Contoh daftar url altavesia.com:


Cara ini berlaku baik untu tautan ke luar atau pun tautan dalam. Karena jika url-nya tidak spesifik maka akan mengarahkan kepada lalu lintas yang sangat buruk. Tautan ini sangat penting untuk membuat tautan dari situs lain ke situs anda. Misalnya jika anda membuat tautan di kaskus. Maka tautan spesifik harus digunakan untuk mereferensikan artikel anda. Atau jika anda sengaja membuat tautan pada komentar di facebook yang akan di arahkan ke situs anda.
Untuk tautan ke dalam misalnya. Sangat penting mengenai apakah situs tersebut dofollow atau nofollow. Karena berpengaruh bagi perayapan robot crawler. Jika berkomentar di situs lain dengan tujuan membuat tautan balik (backlink) ke situs anda maka berkomentar di situs dofollow sangat disarankan. Tujuannya adalah ketika terjadi perayapan (tracking) pada situs tersebut maka situs anda akan ikut dirayapi. Namun jika anda membuat tautan ke luar maka arahkan ke situs nofollow akan lebih baik. Sehingga ketika robot crawler merayapi situs anda bisa lebih optimal.
Situs-situs besar yang telah mapan tentu kemungkinan besar adalah nofollow. Tetapi membuat tautan ke situs anda melalui komentar di akun facebook setidaknya dapat juga mengundang kunjungan ke situs anda. Sehingga akan berdampak pada trafik kunjungan ke situs anda.
Lalu bagaimana mamanajement url untuk tautan agar lebih mudah dan efisien?.caranya adalah anda kunjungi situs anda. Kemudian anda buka setiap halaman. Dengan cara setiap anda membuka satu halaman anda catat url yang tampil di browser anda. Caranya copypaste url halaman yang sedang anda buka di browser anda kemudian simpan pada file misalnya “word”. Lakukan setiap anda selesai memposting artikel. Ketika artikel anda jumlahnya masih puluhan itu adalah hal mudah. Tetapi jika telah ratusan tentu itu adalah cara yang sangat membosankan. Buat daftar url dalam file pribadi anda. Secar berkala kirim file tersebut ke email cadangan anda. Tujuannya adalah mengantisipasi jika terjadi sesuatu yang di luar dugaan . misal, PC anda rusak atau hilang. Jika anda hanya menyimpannya dalam arsip print tentu akan sangat sulit jika anda harus menyalin ulang seluruh data tersebut. Buat beberapa cadangan seperti flasdisk atau memory card. Menyimpan data anda pada cloud mungkin terlalu sangat berat bagi situs kecil.Sewaktu-waktu anda akan membuat artikel yang membutuhkan tautan dalam atau membuat tautan dari situs dummy anda , anda hanya akan melakukan copypaste url yang tellah anda susun. Ini juga penting jika suatu saat mungkin anda menyerahkan tanggung jawab pengelolaan website anda kepada orang lain untuk membuat artikel pesanan anda. Misal anda memiliki seorang karyawan yang bertugas khusus membuat artikel untuk update situs anda.
Pengalaman ini sebenarnya bersumber dari apa yang kami alami sebelumnya. Kami sangat kesulitan ketika harus membuat url tautan dengan artikel yang relevan. Karena beberapa posting artikel harus kami runut kembali dan sangat tidak efisien.
Mengingat sampai saat ini fungsi link atau khususnya backlink masih menjadi seperi standar prioritas untuk membangun SEO. Kami sangat yakin beberapa orang sebagian besar mengalami hal ini. Kesulitan membuat tautan yang relevan pada situsnya. Sehingga memaksa membuat tautan terkadang menjadi tidak memiliki relevansi bahkan menjadi sangat buruk.
Mulailah disiplin pada hari ini untuk membuat pekerjaan anda tersusun dan menjadi sangat mudah. Orang lain tentu akan dapat memahami anda jika anda memahami diri anda sendiri. Sesuatu hal yang di anggap mudah dan tidak menjadi sebagian dari dasar perhitungan yang matang terkadang membunuh langkah kita di kemudian hari. Buatlah skala prioritas pada segala aspek pekerjaan anda. Sekali lagi bahwa mengelola website adalah sama artinya anda mengelola pasar yang harus anda ukur kemampuan daya jual anda serta membuat pasar selalu membutuhkan anda. Membuat matrik-matrik dan proyeksi yang jelas , kemudian mengikuti aturan hukum pasar dan organisasi yang menanganinya. Seperti aturan mesin pencari dalam mengelola indek SEO, aturan regulasi Negara dan segala dampak social yang berkaitan langsung dengan eksistensi perusahaan online anda.


Label: , ,

Post a Comment

[facebook] [blogger]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.