Kawasan Wisata Alam Gunung Kaba Bengkulu, Infrastruktur Dan Fasilitas Wisata Butuh Perhatian Khusus Untuk Menyambut Visit Bengkulu 2020





Gunung berapi aktif di propinsi bengkulu dengan ketinggian puncaknya 1900 mdp ini oleh masyarakat sekitar lebih dikenal dengan “bukit kaba”. Tidak ada yang tahu persis asal usul nama bukit kaba itu. Memilki dua kawah yakni kawah mati dengan ciri air berwarna hijau terang dan kawah aktif yang mengeluarkan asap vulkanik secara terus menerus. Gunung yang berada di dataran tinggi tanah rejang ini memiliki banyak legenda mitos. Meskipun kebenarannya sulit dibuktikan secara ilmiah tetapi telah menjadi cerita turun temurun.

Gunung kaba adalah salah satu destinasi wisata propinsi bengkulu. Salah satu kekayaan alam yang sangat eksotis. Menurut salah satu pemandu wisata dari masyarakat setempat sejak tahun 1999 lalu telah dibuka akses jalan beraspal yang masih terlihat sisanya sampai hari ini untuk menuju puncak gunung. Tetapi sepertinya perhatian dari banyak pihak yang sangat rendah terhadap fungsi wisata dan fungsi ekonomi menjadikan infrastruktur yang telah dibangun tidak lagi dirawat dengan baik. Sehingga akses menuju ke puncak gunung kaba menjadi sangat sulit untuk dimanfaatkan. Saat ini jalan menuju puncak gunung kaba hanya dapat dilalui menggunakan kendaraan roda dua yang telah dimodifikasi. Jalan yang berbatu dan sangat berbahaya bagi pengendara menjadikan kawasan wisata gunung kaba akhirnya minim pengunjung. Sehingga dampaknya terasa bagi perkembangan ekowisata. Padahal jika potensi ekonomi dari kawasan wisata alam gunung kaba ini dikelola dengan manajemen yang baik, fasilitas yang memadai dan akses untuk menuju ke kawasan wisata tersebut dirawat dengan baik maka potensi ekonomi bagi daerah sangat tinggi.

Butuh waktu tempuh hampir satu jam dari kaki gunung  menuju puncak gunung dengan jalan aspal yang rusak parah dan semak. Jika ditempuh dalam kondisi cuaca normal pun sangat sulit apalagi jika cuaca dalam keadaan tidak bersahabat seperti hujan atau kabut.

Dalam event wisata bengkulu wonderful 2020 rejang haritage, destinasi wisata gunung kaba tentu akan menjadi salah satu yang ditawarkan kepada wisatawan baik lokal maupun internasional.  Gunung bungkuk,pantai panjang,benteng malborough dan masih banyak destinasi wisata lain di propinsi bengkulu yang akan menjadi daya pikat bagi wisatawan.

Kembali ke kawasan wisata gunung kaba. Selain kondisi infrastruktur yang tidak terawat dan menjadikan akses menuju puncak gunung kaba menjadi perjalanan berbiaya mahal dan berbahaya bagi keselamatan wisatawan. Masih banyak wisatawan lokal yang tidak bertanggung jawab merusak fasilitas yang tersedia dan membuat lingkungan menjadi kotor oleh sampah plastik yang mereka buang disembarang tempat. Ini adalah kesadaran wisata yang lemah dan tidak bermoral. Padalah telah terpasang banyak papan himbauan untuk mencegah tindakan perusakan fasilitas. Sepertinya kontrol dari pemerintah daerah masih sangat lemah.

Eksotisme puncak gunung kaba yang apabila dikelola dengan manajemen yang baik. Menggunakan standar operasional prosedur yang benar. Membuat SWOT analysis bisnis wisata dan promosi wisata yang baik. Maka, potensi uang mengalir dari luar daerah ke daerah  bengkulu sangat besar. Pilihan destinasi wisata yang sangat lengkap dari mulai wisata sejarah, wisata pantai, wisata kebun teh, wisata puncak gunung kaba , puncak wisata gunung bungkuk dengan ketinggian 1200 mdpl dan wisata budaya serta kuliner lokal di propinsi bengkulu menjadikan bengkulu sebagai destinasi wisata yang sangat diperhitungkan oleh para pelancong dari dunia internasional. Belum lagi kopi arabika dan kopi robusta yang memiliki rasa spesial dari dataran tinggi bengkulu akan menjadi cerita berkesan bagi pecinta kopi nusantara.



Label: ,

Post a Comment

[facebook] [blogger]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.