KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JUAL PRODUK DAN JASA DI WEBSITE MARKETPLACE MILIK SENDIRI





Pertumbuhan pasar e-commerce dunia juga berdampak signifikan pada pertumbuhan jumlah situs penyedia layanan e-commerce. Selain hadirnya beberapa situs e-commerce asing seperti OLX , alibaba.com dari cina dan situs indonesia yang diakuisisi oleh perusahaan asing menjadi  persaingan yang sangat berat. Beberapa situs marketplace nasional terus bersaing untuk merebut pangsa pasar yang semakin hari semakin sempit. Berbagai optimasi dari layanan keamanan transaksi dan multiple transaksi terus diupayakan untuk mempertahankan brand masing-masing perusahaan. Tokopedia.com masih berada di klasemen atas bersama bukalapak.com  dan blibli.com. terakhir lahir blanja.com dengan gencarnya memperkenalkan layanan mereka kepada publik melalui media televisi. Meskipun sepertinya blanja.com kurang mendapat respon positif dibanding pesaing barunya shopee.

Shopee dengan tampilannya yang elegan, padat, dinamis serta kaya fitur dan ringan ketika loading saat ini menjadi pilihan baru bagi pelaku pasar. Tokopedia yang menggunakan lazyload ternyata tidak menjadi lebih atraktif dan terlalu berat ketika loading. Shoppe tentu masih unggul dengan tampilan warna yang lebih kalem dibanding bukalapak.  Saat ini pilihan masyarakat menjadi lebih beragam dan masyarakat atau pedagang dapat memasarkan produknya secara lebih luas di seluruh situs marketplace yang tersedia. Meskipun menggunakan terlalu banyak situs marketplace dalam waktu yang bersamaan menjadi kendala tersendiri dalam pengelolaan. Sayangnya promo iklan gratis tidak sepenuhnya gratis. Karena jika ingin toko dan produk kita tampil di halaman depan sebuah situs marketplace tentu harus bersedia membayar sewa tempat kepada penyedia layanan pasar online tersebut. Jika tidak, maka informasi kita hanya akan terdepak dibarisan paling belakang dan sulit ditemukan oleh calon pembeli. Keuntugan menggunakan situs marketplace yang tersedia dipasar media online adalah efisiensi waktu dan biaya serta tingkat keamanan dan kepercayaan yang tinggi. Perusahaan penyedia seperti blibli.com yang mebayar seluruh biaya promosi layanan mereka. Keuntungan mereka tentu berasal dari iklan premium dan iklan afilliasi mereka. Lalu apakah kita memperoleh seperti apa yang mereka peroleh ? jawabnya tidak !. lalu bagaimana solusinya ?

Maka mencoba membangun sebuah situs marketplace sendiri adalah jawabannya. Selalin anda bebas menentukan aturan sendiri karena anda sebagai pemilik sepenuhnya layanan tersebut. Sedangkan keberadaan pedagang lain yang ikut berdagang di situs anda dapat membantu mempromosikan layanan anda secara gratis. Kemudian anda memiliki beberapa ruang khusus yang dapat anda jual misalnya untuk mempromosikan iklan dari situs lain. Jika anda mengikuti program google adsense, ini adalah cara tepat agar bisnis anda sebagai mitra iklan google adsense ikut menaikan sumber pendapatan lain. Meskipun ini terdengar mudah tetapi kenyataan tidak semudah yang anda dengar. Anda tetap harus mengeluarkan biaya untuk sewa hosting dan domain pada layanan penyedia hosting dan domain. Tetapi jika space anda besar anda bisa menyediakan layanan subdomain dan sebagainya.
Label: , ,

Post a Comment

[facebook] [blogger]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.