Kepung Pasar, Facebook Menawarkan Fitur Marketplace Di Applikasi




Pasar layanan internet tumbuh begitu pesat. Tingkat kepercayaan masyarakat ekonomi digital terhadap sistem ekonomi dan perdagangan berbasis internet semakin tinggi. Fakta lain membuktikan resiko dalam sistem keamanan transaksi berbasis internet perlahan mulai difahami semua pihak. Dan fakta lain menjelasakan cela kejahatan akan selalu ada dimanapun. Terorisme internet yang lazim disebut sebagai “ hacker” akan terus berinovasi mencari cela kelemahan setiap sistem keamanan internet. Tetapi para penyedia layanan juga berlaku sama untuk melindungi data privasi penggunanya. Sistem keamanan perangkat lunak berlapis dan berbagai cara agar cela untuk masuknya penjahat di dunia internet dapat ditekan serendah mungkin.

Internet telah memudahkan berbagai aktivitas dan terbukti dapat mengurangi biaya operasional setiap pekerjaan yang membutuhkan tingkat efisiensi super tinggi. Sehingga saat ini dalam masyarakat ekonomi digital berlaku faham bahwa sekat batas antar negara telah hilang dan bentuk negara perlahan menjadi semu. Kecepatan transaksi internasional dan berbagai kebutuhan bisnis dengan tingkat kecepatan serta keakuratan tinggi telah menjadi prioritas utama untuk menumbuhkan bisnis.

Indonesia pun saat ini telah ikut tumbuh sebagai bagian masyarakat ekonomi digital bukan hanya sebagai konsumen produk yang diciptakan oleh pasar global. Tetapi beberapa dari masyarakat indonesia telah ikut serta berkompetisi sebagai produsen produk – produk digital yang telah merambah pasar nasional bahkan mulai masuk pasar internasional. Gojek.com misalnya, sebagai layanan penumpang sistem daring yang mulai memasuki pasar tingkat asia. Paytren, sebuah perusahan pintech indonesia yang terus tumbuh menjadi besar dengan sistemnya yang tersrtuktur baik dan terbukti menjadi sangat kuat. Kebiasan masyarakat indonesia yang baru menyadari dengan pola efisiensi waktu telah rela menyerahkan sebagian uangnya untuk membayar jasa mudah dan murah dalam hal berbelanja kebutuhan kecil dalam keluarga. Maka grab telah menjadi andalan hanya untuk sekedar membeli kebutuhan susu bayi di swalayan. Pertumbuhan industri digital layanan web marketplace begitu sangat tinggi di indonesia mengikuti tren dunia. Dan kedepan marketplace diyakini akan menutup hampir seluruh layanan toko di supermarket – supermarket besar. Tokopedia.com, bukalapak.com,blanja.com, blibli.com dan shopee.co.id adalah hal yang nyata saat ini,. Ketika sebelumnya bhineka.com telah memasuki pasar lebih awal.

Google sebagai raksasa layanan pencarian di internet melihat peluang ini dengan membuka fitur layanan “google bisnis”. Google bisnis hanya memberi informasi bisnis tetapi tidak membuat layanan pasar bersama. Facebook sebagai situs jejaring sosial terbesar di dunia dengan fitur yang lengkap dan sistem penggunaan yang sangat mudah sehingga memiliki pengguna terbesar dari seluruh dunia mulai memanfaatkan peluang bisnis ini. Mungkin facebook melihat betapa banyak dari penggunanya yang memanfaatkan layanan mereka bukan hanya untuk sekedar terhubung dalam sosial. Tetapi lebih besar memanfaatkan hubungan sosial di facebook untuk menawarkan produk mereka. Sementara eksekusi transaksi mereka lakukan di situs marketplace yang berbeda seperti misal, amazon.com atau alibaba.com .

Untuk layanan ini dahulu penggunan memanfaatkan facebook fanpage yang menawarkan fitur toko online. Tetapi perkembangannya berbeda. untuk memudahkan pengguna dalam melakukan promosi produk mereka, facebook secara langsung menyematkan fitur marketplace di halaman utama mereka. Perkembangan, semua orang meyakini akan lebih pesat melampaui para kompetitornya. Alasan ini berdasar pada begitu tingginya masyarakat ekonomi digital kita yang menggunakan layanan facebook untuk berinteraksi secara global. Jika pada waktu sebelumnya tautan facebook yang disematkan pada layanan website marketplace agar saling terintegrasi. Saat ini justru facebook dan marketplace menjadi satu kesatuan utuh. Mereka yang berbisnis melalui instagram, messenger dan mengeksekusi binis mereka di situs yang berbeda kini hanya dalam satu layanan situs. Sangat besar kemungkinan facebook akan mengakuisisi perusahan layanan jual beli tiket untuk memenuhi segala kebutuhan pasar global dimasa depan. Apakah facebook juga akan berencana menyediakan fitur layanan mesin pencari seperti google,bing atau yahoo ?, jawabnya mungkin. Sebab facebook selalu melihat peluang pada perusahaan startup yang mulai tumbuh tetapi finansial mereka terbatas untuk segera diakuisisi.

Facebook benar – benar menjadi jaring laba laba (spidernet) dalam bisnis internet. Bagaimana keamanan transaksi melalui marketplace face setelah insiden pembobolan data penggunanya beberapa waktu lalu?. Masyarakat sepertinya sudah terhipnotis dengan segala efisiensi waktu, tenaga dan uang mereka menggunakan internet. Sehingga data privasi hampir diabaikan oleh sebagian mereka yang awam dengan dunia kejahatan internet.

Facebook semakin meyakinkan dunia bahwa insiden tersebut bukan masalah serius untuk tetap mempertahankan eksistensi penggunanya. Pengguna aktif mereka terus tumbuh dan ini seperti sebuah jawaban tegas terhadap beberapa pihak yang berencana menutup facebook dari negaranya khususnya indonesia. Sepertinya mereka berteriak,” kami semakin kuat, jika semakin kami ditekan maka semakin kami membuat tekanan yang sama seperti hukum archimedes”.

Jika facebook telah menjadi gurita bisnis intenet yang bukan sekedar sebagai layanan jejaring sosial seperti awal berdirinya. Dan facebook telah mengejawantah menjadi sebuah negara dunia maya yang berdaulat maka semakin masyarakat ekonomi digital global menyadari betapa akan lumpuhnya bisnis mereka jika beberapa pihak yang berusaha menghambat perkembangan facebook tetap pada pendiriannya. Bisnis mereka benar – benar tergantung pada mesin pencari google sebagai rujukan analisis bisnis, facebook sebagai tempat mereka memasarkan produk bisnis mereka, paypal sebagi layanan transaksi mereka serta microsoft dan windows sebagai pendukung utamanya yang terintegrasi dengan firefox. Luar biasa !..

Komputer,Jaringan internet,Microsoft,windows,firefox ,google, facebook, paypal , menjadi jendral yang menguasai peperangan di industri digital dan masyarakat ekonomi digital sebagai tawanan perang mereka.



Label: , ,

Post a Comment

[facebook] [blogger]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.