MASA DEPAN KAWASAN AGROWISATA KEBUN TEH KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG SEBAGAI PARU-PARU DUNIA





Kebun teh kabawetan adalah kawasan ideal untuk menikmati akhir pekan. Beratnya berbagai aktifitas keja selama 6 hari kerja di kantor membutuhkan waktu khusus untuk melenturkan syaraf. Kawasan puncak menjadi salah satu destinasi wisata murah. Menemukan oksigen bersih dari alam terbuka dan menikmati keindahan anugerah alam dapat menjadi sarana refleksi  paling baik. Di propinsi bengkulu, kabupaten kepahiang adalah salah satu destinasi wisata yang cukup populer. Seperti halnya jawa barat dengan ciwidei, jambi dengan keindahan kebun teh kayu aro, kabupaten simalungun dengan eksotis kebun teh sidamanik. Maka, kepahiang menawarkan kebun teh kabawetan sebagai destinasi wisata unggulan.

Kabawetan juga menjadi terkenal karena cita rasa kopi robusta yang menjadi primadona kopi dari bengkulu di tingkat nasional. Hal ini yang menjadi alasan mengapa pemerintah terus menjadikan dan mengembangkan kabawetan sebagai kawasan kampung kopi. Sehingga prioritas pembangunan dan promosi kopi kepahiang selalu lebih menonjolkan kabawetan. Meskipun perkebunan kopi di kabupaten kepahiang hampir menyeluruh dan kabawetan hanya sebagian kecil dari kawasan penghasil kopi. Kabawetan sebenarnya lebih identik dengan teh.  Tetapi identitas sebagai sumber panghasil kopi premium lebih terlihat daripada kabawetan sebagai penghasil teh.

Ditetapkannya  kabawetan sebagai kawasan agrowisata adalah program positif untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kabupaten kepahiang. Dengan ditetapkannya sebagai kawasan agrowisata, pemerintah tentu mendistribusikan dana lebih besar ke kawasan tersebut. Tetapi sepertinya pemerintah daerah melupakan banyak hal untuk masa depan kawasan puncak kebun teh kabawetan. Saat ini hampir seluruh potensi bantuan dari pemerintah daerah kabupaten kepahiang seluruhnya diarahkan ke kawasan agrowisata puncak kebun teh kabawetan termasuk mesin-mesin industri kecil yang jumlahnya cukup banyak. Padahal jika kawasan agrowisata puncak kebun teh kabawetan akan dijadikan sebagai paru-paru dunia yang menghasilkan oksigen bersih, berbagai bantuan pemerintah untuk beberapa industri kecil pengolah kopi sangat tidak tepat. Alasannya adalah, jika mesin industri kecil yang turut menyuplai karbon polusi udara di kawasan puncak kebun teh kabawetan berjumlah sangat besar dan kemudian tumbuh menjadi industri penghasil karbon yang cukup masiv. Maka di masa depan kawasan agrowisata puncak kebun teh kabawetan tidak lagi dapat menjadi suplier oksigen bersih. Karena akan menjadi kawasan konsentrasi penghasil karbondioksida dari mesin-mesin diesel.

Jauh sebelum ini bupati kabupaten kepahiang Bando Amin C Kader telah menetapkan  kawasan industri kepahiang berada di kecamatan tebat karai desa penanjung panjang. Karena kawasan ini berada di ketinggian 500 mdpl. Sementara puncak kebun teh kabawetan tetap dijadikan sebagai pendukung utama penghasil oksigen bersih.
Kemungkinan besar hal ini terjadi karena setiap program pengadaan bantuan mesin industri yang diberikan ke beberapa industri kecil di kawasan puncak kebun teh kabawetan tanpa melalui kajian yang mendalam tentang dampak polusi udara  di masa depan. Obsesi pemerintah daerah kabupaten kepahiang di bawah pimpinan bupati saat ini tergolong obsesi  tanpa rasionalitas yang memikirkan nasib sebuah kawasan. Pemerintah daerah kabupaten kepahiang justru tidak fokus pada infrastruktur khususnya jalan raya. Jalan yang dibangun untuk menuju kawasan puncak kabawetan sangat sempit dan sulit untuk dilalui oleh bus besar. Para wisatawan dari luar daerah yang ingin berwisata ke puncak kabawetan menggunakan bus besar harus berpikir ulang terhadap berbagai resiko. Tikungan tajam dan jalan yang sempit serta jurang yang dalam menjadi ancaman serius bagi wisatawan yang nekat menggunakan bus besar. Kecuali para wisatawan menggunkan kendaraan kecil. Jika wisatawan menggunakan bus tentu harus mengganti kendaraan mereka dan menambah biaya yang lebih besar.

Para calon wisatawan yang telah terlanjur mendengar tentang eksotisme kopi kepahiang  dan hanya mendengar bahwa kopi paling enak dari kepahiang adalah kopi kabawetan mungkin harus menyesal. Kecuali mereka mempersiapkan dengan sempurna kendaraan apa yang akan mereka gunakan untuk menuju kawasan puncak tersebut.

Dunia harus tahu.
Bahwa jika dunia mendengar tentang kopi robusta kepahiang yang sangat fenomenal itu benar. Tetapi dunia harus tahu bahwa kopi kepahiang adalah kopi yang berasal hampir dari seluruh wilayah kabupaten kepahiang seperti kecamatan seberang musi, kecamatan tebat karai, kecamatan merigi, kecamatan ujan mas, kecamatan bermani ilir dan kecamatan muara kemumu. Sedangkan kopi dari kecamatan kabawetan adalah sebagian kecil dari seluruh kopi yang dihasilkan di kabupaten kepahiang. Masing-masing kopi robusta yang dihasilkan setiap kecamatan memiliki keunggulan karakter yang khusus.


‘Kopi belanda” adalah nama untuk jenis kopi robusta yang berasal dari daerah bermani ilir dan muara kemumu dengan bentuk biji yang sangat kecil, padat dan memiliki aroma perpaduan buah nangka dan buah pisang. Sementara “kopi cik ari “ berasal dari kawasan rimbo donok kecamatan tebat karai yang memiliki cita rasa spesial. Kopi robusta dari desa bukit menyan memilki cita rasa spesial yang unik dan memiliki ketinggian sejajar dengan kawasan puncak kabawetan.

Artinya , bahwa jika obsesi pemerintah daerah yang seharusnya menjadikan kawasan puncak kebun teh kabawetan menjadi kawasan agrowisata tidak dikontrol oleh lembaga – lembaga N.G.O. nasional dan internasional yang peduli tentang lingkungan hidup, masyarakat kabupaten kepahiang dan propinsi bengkulu mungkin akan merasakan dampak negatif dimasa depan. Karena mesin industri kecil yang terus dipasok oleh pemerintah daerah tanpa kajian mungkin akan menjadi industri menengah atau industri besar yang menyumbang polusi karbondioksida. Suhu di kawasan puncak kebun teh kabawetan akan meningkat. Dan di masa depan kawasan puncak kebun teh kabawetan sebagai penghasil oksigen bersih menjadi terancam.



Label: ,

Post a Comment

[facebook] [blogger]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.