Menangkap sinyal MEA, kompetitor raksasa online shop ebay buka cabang di Indonesia.




Market bisnis dalam tahun Masyarakat ekonomi asean (MEA) yang mulai berjalan di Indonesia bukan lagi isapan jempol tentang bagaimana tantangan berat bagi bisnis online shop. Bagi online shop dalam negeri yang tidak segera menatap tegas dan mengambil langkah strategis maka sudah dapat dipastikan akan stag. Layanan teknologi website adalah hal yang harus menjadi salah satu fokus perhatian. Berbagai toko online yang bergerak di pasar Indonesia tentu hampir memiliki keragaman yang sama dari sisi produk yang ditawarkan dan harga retail produk. Sehingga yang menjadi tantangan utama adalah teknologi website toko online tersebut apakah memiliki kecepatan loading, navigasi yang jelas kemudian berbagai penawaran dan efisiensi system pemasaran. Sampai hari ini diperkirakan system pemasaran dengan model affiliasi masih mendominasi persentase tingkat efisiensi biaya. Ini sangat jauh jika dibandingkan dengan promosi lewat media audio visual televisi. Tetapi target pertumbuhannya memang sangat berbeda. Ini adalah tantangan bagi para start up maupun online shop mandiri. Para pendatang yang notabene adalah pemain senior dalam online shop dunia tersebut adalah para raksasa bisnis dengan kapitalisasi yang sangat besar untuk ukuran international. Belum lagi trend maindset masyarakat Indonesia yang secara fisikologi lebih merasa memiliki konfidensi yang sangat tinggi dengan segala produk yang berbau asing. Merek-merek luar negeri tentu menjadi daya pikat pasar yang sangat potensial.

Jika selama ini belanja online dari situs luar negeri memiliki bebagai kendala seperti waktu pengiriman dan system pembayaran maka hari ini dibantah tegas. Karena secara resmi toko online dunia seperti ebay, amazon dan sebagainya akan segera menancapkan benderanya di Indonesia. Tidak tertutup kemungkinan mereka akan segera merambah ke daerah-daerah kota-kota besar diseluruh Indonesia. Bahkan diperkirakan dalam waktu 3 tahun mereka akan membuka cabang-cabang resmi (kantor) hingga tingkat kabupaten kota. Dapat dibayangkan bagaimana beratnya para start up local yang harus berjuang keras bersaing dengan perusahan-perusahaan mapan seperti facebook dan google.co.id.

Mereka memiliki sumber daya yang sangat besar. Mereka memiliki layanan server sendiri yang dapat menjamin tingkat kecepatan situs bahkan bagaimana jika mereka memasang server hingga ke wilayah-wilayah seluruh kota besar di Indonesia. Tentu dampaknya adalah para start up dalam negeri yang baru memulai membuat online shop dengan menyewa server pada perusahaan penyedia  layanan server. Mereka tidak dapat berbuat banyak. Belum lagi biaya teknologi website dan biaya lainnya. Bahkan jika pemerintah segera menetapkan pajak online shop setelah keluar data resmi sensus ekonomi nanti.

Kesuburan alam Indonesia bagi pertumbuhan online shop memang sebuah potensi yang sangat baik.  Makin membaiknya layanan telekomunikasi dan jaringan 4 G LTE adalah gambaran yang sangat jelas bahwa potensi pertumbuhan yang besar selalu mengundang decak kagum bagi investor asing. Sangat disayangkan jika para start up lokal tidak segera siap menghadapi kemungkinan-kemungkan yang sudah 80 % di ambang kenyataan. 
Ini adalah salah satu realitanya. Raksasa e-commerce asal Amerika serikat yang telah menjadi salah satu ikon online shop dunia, eBay akan segera turut meramaikan persaingan pasar situs jual beli di Indonesia. Hal tersebut dipertegas dengan lowongan pekerjaan untuk mencari Kepala eBay untuk wilayah Indonesia di situs LinkedIn. Artinya bahwa eBay sungguh-sungguh akan menjadi kompetitor besar pasar toko online di Indonesia , 
Dalam lowongan tersebut dituliskan eBay mencari kandidat untuk posisi "Head of Cross Border Trade" dan akan ditempatkan di Jakarta .meskipun ini terbuka secara umum namun persyaratan yang sangat berat menjadi tantangan bagi para kandidat. Apalagi menerapkan strategi yang tepat terhadap fisikologi masyarakat Indonesia. Belum pasti apakah kemungkinan yang terjadi beberapa toko online lokal yang selama ini diback up oleh eBay akan digabungkan atau tetap berdiri sendiri sebagai mitra sekaligus pesaing. Mungkin akan berbeda jawabannya jika kandidat yang terpilih adalah dari masyarakat Indonesia yang benar-benar Indonesia.  Dalam kalimat pembuka lowongan tersebut. eBay menulis deskripsi untuk kandidat yang dicari untuk menampati posisi strategis tersebut.
"eBay mencari talenta individual untuk menempati posisi Cross Border Trade bisnis di Indonesia. Tugas ini mengharuskan pegawai untuk tinggal di Jakarta, dan sesekali pergi ke Singapura dan negara ASEAN lain," tulis keterangan dari situs LinkedIn. Artinya secara nyata kemungkinan yang terjadi adalah eBay akan menyerahkan salah satu cabang bisnisnya kepada bukan orang Indonesia. Meskipun hal tersebut bukanlah sebuah masalah, tetapi secara fisikologi tentu strategi bisnisnya akan berbeda.
Lowongan itu mensyaratkan seseorang yang sudah sangat berpengalaman di bidang bisnis internet selama 8 hingga 10 tahun. Tugas yang harus dilakukan oleh Head of Cross Border Trade cukup beragam, yakni mencapai target yang ditetapkan, menjadi perwakilan eBay di Indonesia, menyusun strategi untuk pasar Indonesia. Hal tersebut dapat digambarkan bahwa eBay akan membawa dan meletakan sumber daya yang besar di Indonesia. Dimulai dari Jakarta dan akan segera meletakan sayap-sayap bisnisnya diberbagai daerah di Indonesia. Beruntungnya adalah eBay ikut berpartisipasi mengurangi pengangguran dengan memperkerjakan banyak orang Indonesia yang memenuhi kualifikasi mereka serta menjadi motivasi bagi para bisnisman muda Indonesia.
Dapat dipahami karena sejauh ini eBay sudah beroperasi di lebih dari 30 negara di dunia dengan keuntungan lebih dari jutaan Dollar AS tiap tahun atau milyaran rupiah.ini akan memberi potensi devisa yang sangat besar bagi Negara. Perusahaan yang didirikan Pierre Omidyar ini menjadi pemain marketplace terbesar di Amerika Serikat dan akan segera menjadi raksasa di indonesia. Kita akan menunggu bagaimana nanti ini terjadi.




Label: ,

Post a Comment

[facebook] [blogger]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.