Menjadi blogger professional seperti memiliki sebuah perusahaan berbadan usaha




Sudah menjadi syarat umum menjadi seorang blogger atau penulis artikel yang mengelola website pribadi adalah memiliki blog atau website.kemudian memiliki kemampuan mengelola yakni manajemen. Apakah itu manajemen modal berupa keuangan,manajemen waktu,manajemen operasional dan manajemen pasar.
Memiliki sebuah situs sama artinya memiliki sebuah perusahaan lengkap denga pernak-perniknya.mendirikan sebuah perusahaan berbadan usaha perseroan terbatas (PT) atau perseroan commanditer (CV) tentu dituntut modal awal dalam mengajukan proses agar memiliki badan hukum yang tetap. Kemudian arah dan tujuan akan bergerak dibidang apa serta tujuan spesifik apa.membangun brand perusahaan dan membangun ciri khas perusahaan.membangun privasi yang kuat serta manajerial yang tangguh. Akan memiliki tujuan mitra kepada siapa di saat ini dan di masa depan. Pasar seperti apa yang sedang menjadi tranding dan menciptakan trand sendiri agar tidak tersingkirkan dari dinamika pasar.
Hal demikian juga berlaku dalam mengelola sebuah blog atau website. Modal awal seperti yang kami jelaskan di atas adalah memiliki sebuah situs atau blog. Mendaftarkan nama domain sama dengan mendaftarkan nama sebuah perusahaan yang akan menjadi brand khusus. Tentu mendaftarkan domain dan menyewanya untuk masa waktu yang telah ditetapkan pihak yang memiliki otoritas sama dengan mendaftarkan nama perusahaan pada instant pemerintah dan akan dicabut bila terdapat pelanggaran hukum atau kelalaian dalam memenuhi tagihan pajak sehingga menunggak dan harus di cabut izinnya hingga ada kesepakatan dan tindak lanjut penyelesaian terhadap kasus yang terjadi.
Selanjutnya adalah mendirikan sebuah organisasi atau membangun sebuah kantor sebagai alamat kerja yang tetap disini butuh estetika dalam mendesain kantor, warna interior dan eksterior,ukuran dan fasilitas pribadi,pekerja maupun fasilitas publik didalamnya. Sebagai tempat kerja harus terasa nyaman dan asri. Ini semua disesuaikan denga kemampuan keungan perusahaan. Perusahaan yang baru berdiri tentu cukup dengan ukuran ruang yang kecil namun lengkap serta biaya yang sangat efisien. Belanja iklan yang terukur. Kecuali perusahaan atau website anda memang telah memiliki budget yang besar, itu silahkan tapi harus tetap efisien.
Bangun terus citra perusahaan anda dan setelah tumbuh dan berkembang dengan arah yang tepat. Kemudian tentu kebutuhan ruang kantor anda akan lebih besar lagi dan silahkan diperluas. Demikian juga website, menyewa hosting atau server penyimpanan data yang lebih besar untuk menampung seluruh arus aktivitas yang besar. Memilih tempat penyewaan (jika belum memiliki sendiri)dari penyedia layanan hosting juga harus memiliki banyak pertimbangan yang matang. Melihat dari sisi seberapa besar dan prestisiuskah perusahaan penyedia layanan hosting tersebut. Bagaimana berhubungan dengan pelayanan perusahaan. Apakah bersedia melayani anda 1 x 24 jam secara kontiniu. Apakah layanan mereka mudah diakses dan berapa harga yang ditawarkan berbanding lurus dengan kualitas keamanan lingkungan tempat anda mendirikan kantor atau meletakan data situs di server mereka. Di artikel lain dalam situs ini  anda dapat melihat beberapa yang kami rekomendasikan atau silahkan anda mencari rujukan di alamat situs lain. Dan untuk lebih mudahnya anda tanyakan kepada seorang guide bernama google. Dia memiliki banyak referensi tentang banyak hal yang anda butuhkan.
Beriklan adalah cara yang tepat bagaimana agar perusahaan atau situs blog anda cepat dikenal banyak orang. Iklan online tentu lebih efisien karena anda akan membayar hanya jika iklan anda di lihat oleh jumlah pengunjung yang besar misalnya CPM atau jika iklan anda di kunjungi orang misalnya CPC. Beriklan di perusahaan iklan yang aman dan menjamin tidak ada penipuan sehingga anda tidak dirugikan secara materi. Misalnya beriklan di google ads, facebook.com,twitter,linkedin. Harga yang anda bayarkan adalah nilai kualitas dari hasil iklan yang mereka tayangkan. Apalagi google memiliki nilai arus balik. Jika anda mengikuti program adsense sebagai publisher, setidaknya pendapatan adsense anda dapat menutupi biaya belanja iklan di situs mereka.jika anda memiliki kekayaan yang besar mungkin televisi nasional adalah tempat yang tepat untuk media iklan anda.
Kemudian jika situs anda telah tumbuh menjadi situs besar bukan hal yang tidak mungkin jika anda benar-benar mendirikan sebuah badan usaha yang merujuk pada domain situs anda. Lihat bagaimana google.com yang kemudian menjadi google inc atau facebook.com yang menjadi facebook inc. sebelumnya mereka bukanlah suatu badan usaha dan sekarang justru menjadi perusahaan raksasa (holding company).
Mengembangkan sebuah tradisi kerja berorganisasi. Mulailah merekrut karyawan jika anda mulai sibuk untuk mencari ide creative untuk terus mengembangkan perusahaan atau situs blog anda. Mungkin anda butuh seorang tenaga admin atau penulis artikel yang akan anda jadikan sebagai karyawan. Anda telah menjadi boss sekarang. Mulai sibuk dengan berbagai aktivitas meeting dan pelatihan-pelatihan rutin ( high mobility).
Anda mulai beranjak ke tempat yang lebih tinggi. Membuat perencanaan yang padat apakah itu perencanaan sebuah content atau perbaikan desain dan keamanan situs. Kebutuhan keuangan anda tentu lebih besar dan kuantitas iklan anda juga meningkat. Melakukan rapat internal bersama karyawan kecil anda untuk melakukan riset dan sebagainya.
Mulai berencana untuk memiliki polis asuransi perusahaan. Mengamankan berbagai asset dengan mendaftar di perusahaan asuransi adalah hal yang sangat penting untuk menjamin masa depan anda terhadap kemungkinan resiko. Dengan asuransi berkebutuhan khusus mungkin saja dapat mengansuransikan situs anda terhadap kemungkinan resiko kehilangan asset tersebut. Artikel lain kami akan membahas dan memberi rujukan tentang berbagai perusahaan asuransi skala nasional bahkan internasional. tetapi kami tidak dapat menjamin apakah perusahaan tersebut dapat menangani polis asuransi website. Yang pasti beberapa asset pendukungnya tentu dapat diasuransikan terutama kesehatan anda dalam berkerja sebagai blogger.
Berarti bukan mustahil jika suatu saat blog atau website anda  akan diakuisisi oleh situs besar dan anda akan menjadi orang kaya baru di dunia nyata. Sama halnya sebuah perusahaan seperti perseroan terbatas (PT)  yang di akuisisi atau merger dengan perusahaan raksasa yang mapan. Website kecil anda dahulu kini memiliki modal atau mendapat dana investasi yang besar dan wajah situs anda kemudian berubah lebih maju.
Kesimpulannya adalah menjadi blogger bukanlah profesi penganguran seperti kebanyakan orang menilai atau hanya layak sebagai pekerjaan sampingan. Tetapi profesi blogger adalah sebuah profesi seorang professional. Bahwa tidak dapat diingkari profesi blogger berpotensi menjadi pengusaha ventura. Bloging adalah aktivitas yang menuntut disiplin tinggi dan tujuan yang terstuktur serta termanajerial dengan baik.
Bercermin kepada yang sedang trend di televisi saat ini. Siapa lagi kali bukan ahmad zaky pendiri bukalapak.com. bagaimana ketika dengan penampilan dan gaya sragen yang sangat sederhana dalam sebuah acara talkshow di metrotv, ketika tidak dianggap siapa-siapa kemudian menjadi siapa?.
Mulai dari sekarang untuk memiliki mental pengendali perusahaan dalam mengelola sebuah situs atau menjadi seorang blogger. Pertama-tama ini berlaku untuk kami pengelola Altavesia.com. kami berada di pinggiran kota kecil disalah satu propinsi di Indonesia yaitu Bengkulu. Sebelumnya kami menggunakan domain servantindonesia.com kemudian choconet.com dan sekarang adalah http://www.asia.co.id keterbatasan kami adalah belum tersedianya jaringan wifi dan sumberdaya yang sangat terbatas.


Label:

Post a Comment

[facebook] [blogger]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.