Pengembangan Usaha Ekonomi





§  Pengembangan usaha ekonomi adalah suatu bentuk aksi yang memiliki orientasi-orientasi tersusun bagaimana suatu usaha menjadi lebih produktif dan  mampu  memberikan margin pendapatan ke skala tertentu yang lebih besar guna menghidupi suatu usaha atau badan usaha. untuk memperoleh peningkatan target pendapatan. Maka, hal-hal pokok yang sangat fundamental adalah masalah manajement dari hulu sampai hilir. Artinya, dari proses suplay hingga produksi dan target pasar serta orientasi profit yang terus tumbuh.
§  Arti lain adalah, bagaimana menempatkan para pengelola usaha sesuai dengan keahliannya. Sistem pengupahan,sistem pembagian persentase dan sistem-sistem pemasaran yang strategis dan terukur. Hal yang utama dilakukan adalah menentukan base point usaha apa yang akan digerakkan dan produk apa yang akan dihasilkan, bagaimana cara memasarkannya,siapa kompetitornya, seberapa besar peluang pasar yang dapat dipenuhi. Sistem analisis yang jelas seperti survey pasar dll.
§  Membuat sistem akuntansi yang jelas dan ditangani oleh orang yang memiliki keahlian spesifik dalam bidang tersebut. Memiliki manajer yang memiliki kemampuan analisis dan paham tentang target-target pertumbuhan umum dan target pertumbuhan spesifik berjangka dan strategi yang kuat untuk memimpin pasar.
§  Brand, bagaimana brand itu tercipta, apa filosofinya dan untuk segmen mana brand itu diciptakan serta bagaimana brand tersebut memberi dampak hipnotik bagi konsumen karena unik dan mudah diingat. Apakah brand untuk produk luxuary atau masal. Serta tampilan logo-logi yang dapat mempengaruhi psikologi konsumen secara umum.
§  Sederhana logikanya adalah, misalnya usaha ini akan bergerak di sektor pangan yang menjadi kebutuhan pokok utama masyarakat seperti beras. Pilihan kita adalah apakah hanya akan sekedar menjual beras atau menciptakan nilai brand dari sekedar jual beras. Kemudian seberapa besar kemampuan produksi dan keyakinan bahwa produk akan laku di pasar.
§  Jawabnya pasti laku, yang menjadi acuan adalah waktu, kapan dan bagaimana serta dengan siapa?
§  Sebagai contoh sangat sederhana sekali, jika kebutuhan pasar 1000 kg, dan ketersediaan produk pangan tersebut hanya ada 1000 kg, sudah pasti dengan kita memproduksi beras dan memasarkannya sebanyak 10 % dari ketersedian barang akan dipastikan barang tersebut laku. Karena dengan produksi kita 10 % atau 100 kg tidak membuat ketersediaan barang dipasar menjadi 1100 kg. Tetapi, kita hanya mengambil alih 10 % dari total 1000 kg.
§  Masalah keuntungan perusahaan kita akan belajar dari produk permen yang nilai profitabilitasnya mungkin hanya 1 % dari nilai HPP, katakanlah Rp. 10,-.dan kita anggap permen adalah kebutuhan pokok yang bersifat mendesak. Artinya dalam 100 juta permen terdapat peluang keuntungan Rp.1 milyar.
§  Tetapi yang menjadi pokok masalah adalah bagaimana dan dimana produk akan kita pasarkan. Apakah pada pasar retail segmen bawah, menengah atau pasar luxuary. Sebelum menentukan bagaimana produk itu kita tawarkan yang harus juga kita pahami adalah psikologi pasar dan psikologi konsumen. Dengan pertumbuhan orang kaya baru di Indonesia,artinya menyasar pasar konsumen tingkat menengah sudah harus masuk daftar pertama. Psikologi orang kaya baru adalah psikologi gaya hidup yang glamour dan obral. Untuk satu produk sejenis mereka mempertimbangkan merek produk dari sekedar fungsi utama produk. Pertumbuhan swalayan modern adalah efek dari pertumbuhan orang kaya baru yang selalu mempertimbangkan gaya hidup. Jika kita bersedia sedikit lebih repot dengan segala perizinan untuk dapat masuk pasar swalayan modern, maka potensi take profit kita akan sedikit lebih tinggi. Maka menciptakan produk bermerek adalah jawaban paling masuk akal. Kemudian mengkampanyekan produk di berbagai media. Ikuti tren zaman dan tren teknologi informasi adalah cara efisien untuk mencapai goal.
§   


Label: ,

Post a Comment

[facebook] [blogger]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.