Perbandingan 5 CMS Gratis Untuk Membangun Website Professional





Perkembangan dunia internet terus mengalami kemajuan yang sangat cepat. Keadaan itu juga terus didukung oleh layanan jaringan internet yang semakin luas hingga ke daerah terpencil. Hingga hari ini teknologi internet generasi 4 (4G)dan generasi 5 (5G) telah dapat diakses hampir diseluruh dunia. Sehingga layanan akses komunikasi data yang saling terkoneksi di seluruh dunia semakin cepat. Hal itu sebanding dengan berkembangnya teknologi website dan kecanggihan website dinamis yang dapat dibangun dengan biaya murah. Fakta bahwa pada hari ini membuat website yang powerfull dengan biaya yang super murah adalah hal yang sangat mudah. Hanya bermodal domain yang harga sewanya hanya berkisar  Rp.100.000,-/ tahun serta biaya sewa hosting sekitar Rp. 200.000,-/ tahun untuk mendapatkan akses layanan Cpanel atau Spanel. Kemudian solusi mudahnya adalah membangun website menggunakan CMS (Content Management System) open source seperti Wordpress self hosting atau drupal dan masih banyak spesifikasi CMS tangguh lainnya. Tetapi CMS yang paling familiar adalah wordpress dan blogger atau blogspot. Dengan kedua CMS itu, siapa pun dapat membangun berbagai website canggih seperti website berita online, website profil perusahaan, website toko online bahkan website marketplace. Selain wordpress dan blogspot tentu ada joomla dan drupal. Jika ingin membangun website khusus untuk toko online dengan platform khusus dapat menggunakan platform prestashop, magento dan beberapa lainnya. Jika akan membangun website marketplace dapat menggunakan platform osclass.
1.Wordpress
Perbandingan biaya pengelolaan website menjadi titik ukur untuk menentukan platform mana yang akan digunakan dan spesifikasi website apa yang akan dibangun. Untuk membuat website berita dengan kontrol penuh dan domain profesional  tentu wordpress mengambil  peluang nomor satu paling direkomendasikan. Karena wordpress selain mudah digunakan juga memiliki kecepatan loading yang sangat tinggi dan akurat. Hanya saja beban biaya pengelolaan wordpress self hosting lebih mahal. Semakin ramai website menerima kunjungan maka akan semakin sering website mengalami downtime karena beban dari ruang server yang tersedia sangat kecil. Untuk mengatasi hal itu adalah dengan menambah kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Tetapi resikonya adalah jika website yang dikelola belum mampu memberikan pendapatan tentu menjadi sangat berat dalam hal biaya. Menambah kapasitas ruang penyimpanan tentu harus menambah biaya sewa kepada perusahaan layanan penyedia hosting. Seperti misalnya di masterweb.com, arditamedia.com, jagoanhosting.com , maupun di godaddy.com. keuntungan yang diperoleh adalah bahwa kita memiliki kontrol penuh terhadap data di website serta website tampak sangat profesional. Selain biaya sewa hosting yang mahal fakta lain membuktikan bahwa harga sebuah template premium wordpress terkenal sangat mahal.  Harga template premium wordpress di pasar resmi themeforest.net bisa mencapai $ 60 USD / lisensi. Jika menggunkan template gratis tentu ada beberapa fitur yang tidak disediakan oleh pengembang template dan tampilan website menjadi kurang profesional.
2.Blogspot
Tetapi jika ingin dengan biaya super murah blogspot adalah solusi paling direkomendasikan. Mengapa demikian ?. platform blogspot seluruh basis data di host oleh google. Dan keuntungan lain bahwa blogspot telah langsung terintegrasi dengan google adsense sebagai jalan untuk memonetisasi website. Cukup bermodal domain seharga Rp. 100.000,-/ tahun dan biaya setting integrasi untuk kustom domain Rp.25.000,- ( menggunakan Spanel di masterweb.com) kita telah memiliki website canggih dengan biaya sangat murah. Untuk memperoleh tampilan yang profesional menggunakan template premium seperti Sevida V2.5 premium blogger ternyata tidak terlalu mahal. Untuk lisensi resmi tidak sampai $ 30 USD di marketplace resmi themeforest.net atau envato market.

Sevida sangat luar biasa canggih untuk kelas website berita profesional. Dan kami mengatakan ini sangat canggih dan sangat profesional. Memilki kustom yang luas dan menjadikan tampilan website berbiaya murah dengan CMS gratis ini menjadikan kita memilki kebanggaan yang tinggi. Sistem kustomisasi plugin blogspot tidak serumit wordpress dan di platform wordpress plugin profesional memiliki harga yang cukup mahal. Hanya saja, butuh ketelitian yang tingggi untuk menyusun semua fungsi widget agar berjalan dengan tampilan yang memukau.
3.Prestashop
CMS lainnya untuk spesifikasi khusus selain website berita adalah prestashop. Prestashop lebih khusus untuk membangun website toko online yang sangat canggih. CMS prestashop memberikan tampilan website toko online yang memukau dan dengan fitur sangat lengkap untuk sebuah website profesional. Harga template prestashope cukup murah. Tetapi fakta lain yang menjadikan prestashop menjadi semakin mahal adalah, bahwa banyak dukungan plugin yang harganya sangat mahal untuk kalkulasi fitur lengkap. Hampir seluruh plugin dukungan untuk memperoleh dukungan fungsi dari fitur lengkap prestashop tidak gratis. Selain itu, menggunakan platform prestashop sama dengan menggunakan wordpress. Pengelola website harus bersedia mengeluarkan biaya yang mahal untuk biaya sewa hosting.
4.Osclass
CMS yang mulai familiar adalah osclass. Osclass lebih spesifik untuk membangun website marketplace seperti yang sudah terkenal misal, alibaba.com, olx.co.id, dan banyak lainnya. Osclass memiliki tampilan dan kecepatan loading yang sangat tinggi bahkan ketika di akses dengan layanan internet rendah. Tampilan osclass sangat direkomendasikan untuk membangun sebuah website marketplace profesional. Fiturnya lengkap dan mudah untuk di setting. Tetapi sama halnya dengan prestashop, CMS yang dikeluarkan oleh osclassmarket.com ini juga pengelola website harus bersedia mengeluarkan biaya lebih untuk memperoleh fitur plugin yang lengkap. Hampir seluruh plugin berbayar. Dan osclass sendiri masih memiliki sedikit pengembang template. Sehingga jumlah template osclass di pasar masih sedikit. Sementara template dasarnya adalah “binder”, untuk tampilan canggih pengelola harus membeli template premium yang dari sudut pandang harga, harga template premium osclass tidak semahal harga template wordpress atau prestashop. Template “Rival” yang dikembangkan oleh Ari Budin misalnya, harga resmi di themeforest.net memang cukup mahal. Tetapi, harga di marketplace lokal indonesia (pasarthemes.com) sangat murah.
5.Sitepad
Sitepad sepertinya barang baru, sitepad sebagai CMS yang terintegrasi langsung dengan Cpanel untuk desain template bawaan sitepad sendiri sudah sangat canggih. Sistem setting hanya dropdown. Akan tetapi masih sulit untuk mereka yang awam dalam melakukan setting di sitepad. Sitepad lebih tepat untuk membuat website profil perusahaan dan sebagai website statis. Tampilannya sangat memukau hanya dari template bawaan sitepad sendiri. Tetapi sitepad masih menjadi pilihan terakhir dari sudut pandang perbandingan daftar CMS opensource. Dari sisi fitur, sitepad belum mampu menandingi kecanggihan wordpress dan blogspot. Tetapi cukup untuk direkomendasikan sebagai pilihan apabila pengelola website menginginkan pengalaman baru untuk memperkaya pengalaman dalam menguji coba teknologi CMS dari sekian banyak CMS yang tersedia di Cpanel. Beberapa di antara CMS yang tersedia misalnya untuk CMS website jejaring sosial antara lain Jcow. Yakni CMS yang lebih dikenal sebagai kloning dari facebook. Atau mungkin menggunkan PHP7 jika ingin membangun website sosial media khusus layanan dating.

Beberapa daftar diatas hanya bagian terkecil dari jumlah CMS yang tersedia di internet dan siap digunakan dengan gratis. Tentu sebelum memutuskan akan membangun website dengan platform yang sesuai tujuan spesifik website harus terlebih dahulu melakukan ujicoba sendiri dan memang membutuhkan waktu dan tenaga yang mahal. Tetapi ada baiknya cukup menggunakan CMS yang telah familiar dan terbukti up to date, karena CMS yang banyak digunakan orang di seluruh dunia memilki jaminan up to date terhadap banyak fungsi fitur dan sistem keamanannya. Kecuali jika anda menginginkan bukti yang akan menjawab semua kepuasan anda. Mencoba platform baru tentu lebih baik sebagai tantangan. MYB


Post a Comment

[facebook] [blogger]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.