Sisi Lain Dari Dataran Tinggi Tanah Suku Rejang Bengkulu





Bengkulu sebagai salah satu propinsi di Indonesia yang terletak di pulau Sumatera diapit oleh empat propinsi antara lain Lampung,Sumatera Selatan,Sumatera Barat dan propinsi Jambi dan pada sisi lain langsung berhadapan dengan samudera hindia. Propinsi ex-jajahan Inggris yang terkenal dengan puspa langka rafflesia arnoldi ini ternyata keberadaannya cukup lama tidak dikenal secara luas dari propinsi-propinsi lain. Apalagi suku-suku asli yang mendiami daerah ini. Tetapi hal yang kemudian menguntungkan adalah sejak diadakannya hari pers nasional (HPN) beberapa waktu yang lalu telah menjadikan Bengkulu mulai dikenal secara luas hingga ke seantero dunia. Meskipun tidak dipungkiri bahwa Bengkulu belum mampu menjadi trending topic seperti halnya sumatera utara yang lebih identik dengan Medan dengan danau tobanya atau Bali dengan berbagai destinasi wisatanya. Masyarakat luas Indonesia mengenal Bengkulu melalui media televisi sejak munculnya berbagai skandal korupsi yang menjerat gubernur termuda di Indonesia saat itu. Dan akhir-akhir ini Bengkulu semakin dikenal dan menjadi trending topic ditingkat nasional sejak beberapa kasus criminal yang muncul kepermukaan seperti kasus pemerkosaan dan terakhir sementara adalah kasus tertangkapnya salah satu ketua pengadilan negeri disalah satu kabupaten di Bengkulu.

Banyak orang meratap serius dan tidak sedikit yang bersandiwara saat menjadi narasumber kasus pemerkosaan di kabupaten rejang lebong. Tetapi yang paling penting adalah bahwa korban layak mendapat pengakuan sebagai pahlawan propinsi Bengkulu karena menjadi tumbal sebuah perubahan besar sebagaimana Ade Irma Nasution yang gugur sebagai perisai Jendral A.H.Nasution saat revolusi. Kata “wafat” lebih layak disematkan pada korban karena kepergiannya telah menjadikan mata dunia terbuka tentang apa,siapa dan dimana Bengkulu berada. Bukan berarti kita tidak bersikap simpatik  terhadap peristiwa ini. Tetapi lebih dari sekedar simpatik yang bersifat seremonial bahwa kita harus mengingatkan kembali bahwa beliau adalah pahlawan belia yang dengan takdirnya gugur untuk membuka mata dunia tentang Bengkulu khususnya tanah suku rejang.

Bahwa kita harus tegas mengatakan banayak yang lahir dari tanah suku rejang ini. Bahwa Bengkulu dari pantai hingga ke dataran tingginya memiliki sisi lain yang akan menjadi citra khas sebuah negeri empat petulai dengan berbagai mitos-mitosnya. Berbagai cerita unik tidak kalah dari cerita majapahit atau cerita lain dari tanah jawa yang menjadi ajaran sejarah baku didunia pendidikan formal. Beberapa destinasi wisata termasik wisata religi tersebar diberbagai tempat di tanah rejang. Dunia akan akrab dengan gunung kaba,gunung bungkuk ,kebun teh dan kopi robusta yang memiliki cita rasa khas kepahiang seperti kopi redjang.

Seperti misalnya gunung bungkuk yang berada di kabupaten Bengkulu tengah, sebuah gunung cadas yang sangat exotis dan erat dengan berbagai mitos-mitos mistis adalah salah satu destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Sayangnya untuk mencapai daerah tersebut akses transportasi belum terawat dengan baik. Sehingga membutuhkan waktu tempuh yang cukup melelahkan sebelum sampai di kaki gunung bungkuk untuk kemudian mendaki kepuncak selama kurang lebih satu jam. Warga suku rejang yang bermukim di sekitar gunung bungkuk sangat ramah dan akrab penuh rasa persaudaraan terhadap para wisatawan yang datang ke gunung bungkuk, di kaki  gunung bungkuk terdapat perkebunan kopi rakyat yang memiliki rasa kopi yang sangat nikmat karena dibudidayakan oleh petani tradisional secara alamai. Di kabupaten lebong terdapat tambang emas peninggalan belanda yang memiliki nilai sejarah bagi Bengkulu.

Bahwa arti dari sisi lain dataran tinggi tanah suku rejang bukan hanya membuka mata dunia karena berbagai skandalnya tetapi juga banyak hal yang jauh lebih berat neracanya jika disandingkan dengan beberapa skandalnya. Yang paling baik adalah bahwa tatanan sosial dan politik di daerah ini sangat stabil. Meskipun perekonomian masyarakatnya masih rendah, dengan terbukanya mata dunia akibat dari beberapa skandal yang memenuhi trending topic media masa nasional tentu akan juga membuka mata dunia tentang oportunitas ekonomi. Peluang bisnis yang besar dan kemudahan membangun realitas bisnis di tanah rejang dan juga negeri-negeri sekitarnya seperti tanah suku serawai maupun lembak dan berbagai suku lainnya sangat terbuka. Sumber dayanya melimpah. Pertaniannya sangat subur tentu memberi peluang besar bagi para bisnisman dari berbagai tempat untuk membangun bisnis atau membuka sayap bisnisnya di Bengkulu secara umum dan di tanah rejang khususnya.

Infrastruktur yang belum memadai memang harus diakui, tetapi besarnya nilai investasi bisnis akan sangat membantu membangun kekurangan tersebut. Bengkulu memiliki pantai panjang atau long beach, memiliki beberapa danau yang exotis, gunung dan area-area touring yang luar biasa bagus serta yang khas adalah komoditas kopi robustanya yang banyak memenuhi gerai-gerai di Indonesia dan juga dunia meskipun disayangkan karena kopi-kopi super nikmat tersebut tidak membawa identitas aslinya sebagai kopi redjang dari dataran tinggi tanah suku rejang.

Kepedulian dunia dapat menjadikan pantai panjang Bengkulu sebagai Bali-nya sumatera  atau dari dataran tingginya yang menjadi sepotong surga yang jatuh ke bumi dengan berbagai varian kopinya yang sangat luar biasa. Atau puncak kebun teh kaba wetan atau puncak gunung kaba yang sangat memukau. Serta berbagai mitos sejarah tujuh manusia harimau.

Label: ,

Post a Comment

[facebook] [blogger]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.