Video Presentasi Akan Menjadi Trend Bisnis Iklan Online Masa Depan




Perkembangan bisnis iklan online dari masa ke masa terus mengalami perubahan yang sangat drastis. Berbagai situs layanan iklan online disamping lebih murah juga menjadi alternative kedua setelah iklan di televisi. Mengingat perubahan paradigma cara bisnis yang memasarkan bisnisnya kepada khalayak secara offline melalui media Koran, majalah dan baleho dan sejenisnya. Dahulu beriklan di media-media offline tersebut cukup mahal. Alternativenya adalah dengan membuat brosur  secara pribadi dan memasangnya pada media-media tidak resmi seperti pada tempat-tempat fasilitas umum seperti halte atau majalah dinding. Meskipun pada masa itu pembuatan brosur seperti ini adalah cara beriklan paling efisien dari segi biaya namun kurang bonafide seperti beiklan pada media masa seperti Koran. Beriklan di radio adalah pilihan selanjutnya bagi mereka yang telah memiliki anggaran belanja lebih besar. Tentu jangkauan radio akan jauh lebih luas dan potensi market jauh lebih besar. Dan hanya perusahaan-perusahaan besar yang mampu berpromosi secara masal lewat media televisi . berarti pada saat sebelum booming internet system perkembangan bisnis berjalan sangat lambat dan butuh waktu lebih lama sehingga akan berdampak pada akumulasi biaya yang juga lebih besar.tetapi ini adalah pilihan dan belum ada solusi yang berdampak pada kecepatan dan efisiensi bisnis.

Di awal era  tahun  90-an ketika dotcom booming meskipun masih terbatas di wilayah perkotaan karena akses jaringan komunikasi yang belum merata seperti sekarang ini. Setidaknya telah menjadi solusi besar bagi perkembangan bisnis dan hamper merata setiap perusahaan memiliki situs resmi. Promosi yang murah sebenarnya belum benar-benar memenuhi keinginan para bisnisman dan organisasinya. Televisi masih 80 % mendominasi layanan iklan masal. Namun cepatnya perkembangan teknologi internet mulai menjawab tantangan dan harapan kalangan dunia usaha. Situs-situs layanan iklan online mulai tumbuh secara perlahan. Tentu aksesnya masih sangat terbatas karena jangkauan internet yang terbatas . beriklan online pun masih tergolong mahal dan hanya melayani promosi iklan baris online. Bisnis iklan online terus tumbuh. Karena jumlah kompetitor yang masih sedikit. Untuk menjangkau masyarakat lebih luas dalam berpromosi media Koran masih menjadi tumpuan utama khususnya di daerah-daerah. Biaya telepon masih sangat mahal dan hanya dimiliki sedikit orang dengan kelas tertentu di wilayah perkotaan. Beruntungnya adalah ketika booming produk murah buatan China yang menjual alat komunikasi seluler menjadi pesaing baru bagi produk dengan merek ternama seperti Nokia yang mendominasi pasar telepon seluler  selain Siemen dan Motorola. Sementara telepon seluler merek Samsung belum menjadi trend publik. Dengan produk masal yang murah asal China tersebut hampir semua kalangan masyarakat memiliki telepon seluler . jawabannya adalah bahwa pada era tahun 2000-an biaya komunikasi seluler masih sangat mahal. Dan hanya jenis-jenis tertentu yang dapat mengakses internet. Masih belum boomingnya situs jejaring sosial seperti sekarang ini istilah digital marketing belum semudah dan semurah seperti sekarang ini.

Perkembangan teknologi internet yang terintegrasi dengan telepon seluler dan didukung oleh layanan komunikasi internet generasi ke-2 (2 G) dan segera disusul oleh generasi ke-3 (3 G) membuka babak baru dalam hal digital marketing yang murah dan efisien dalam segala hal. Murahnya harga alat komunikasi seperti handphone dan tablet dengan fitur-fitur yang canggih yang mendukung layanan internet serta dapat dimiliki oleh hampir seluruh lapisan masyarakat memberi kesempatan baru bagi bisnis online.biaya komunikasi yang murah dengan besarnya persaingan bisnis layanan komunikasi di Indonesia seperti XL dan indosat telah memaksa telkomsel sebagai raksasa tunggal harus ikut menyesuaikan layanan yang cepat ,tepat dan murah semakin berdampak pada efisiensi bisnis online.

Hal lain yang menguntungkan adalah. Biaya membuat website self hosting semakin hari semakin mudah dan murah dengan fitur-fitur teknologi yang canggih telah mampu memberi terobosan sangat besar terhadap dunia bisnis yang telah go online maupun tumbuhnya bisnis online baru (start up). Setelah lahirnya layanan internet generasi ke-4 (4 G).kecepatan akses intenet semakin memberi keuntungan berlipat ganda. Meskipun  layanan generasi ke-5 (5 G) baru dapat dinikmati beberapa tahun kedepan untuk wilayah asia . setidaknya layanan  4 G LTE telah mampu menjawab kebutuhan mobile saat ini. Akses video internet yang lebih cepat  akan menjadi kompetitor iklan televisi yang sampai saat ini masih menjadi dominasi dalam hal periklanan dan tingkat kepercayaan masyarakat memang masih lebih tinggi dibanding iklan di internet.

Perkembangan iklan internet beberapa dekade terakhir lebih maju yakni dengan tampilan iklan banner statis hingga banner flash. Meskipun affilisai bisnis iklan online dengan menggunakan banner flash menggangu performa website tetapi ini adalah pilihan yang sangat maju. Saat ini dengan adanya layanan data generasi ke-4 telah membantu dengan lebih baik terhadap performa website dalam hal kecepatan. Tetapi  impian selalu hadir lebih cepat dari realita. Trend iklan online dengan tampilan banner flash perlahan mulai bergeser ke arah iklan video.

Dengan kecepatan akses internet dalam layanan video internet menjadi jawaban baru yang sangat cerdas. Beriklan di televisi adalah cara beriklan yang paling atraktif untuk dapat mempengaruhi memori syaraf otak dibanding iklan offline atau banner iklan online di internet. Iklan tersebut mampu menghipnotis ,bersifat masal dan terus-menerus yang dikelola oleh tim kreatif dengan pertimbangan fisikologi agar iklan yang ditampilkan dapat mempengaruhi pemirsanya. Tetapi tetap saja iklan di televisi masih sangat mahal. Karena kontrak iklan dihitung pertayang.

Trend video presentasi atau video iklan di internet mampu membuat biaya yang jauh lebih murah. Bagi anda yang memiliki kreatifitas dalam mengelola iklan, membuat video presentasi atau membuat video iklan layaknya iklan televisi akan dapat memotong biaya anggaran belanja iklan. Jika anda memiliki website pribadi apakah dikhususkan untuk media iklan, bisnis online atau yang lainnya. Memanajement tampilan video iklan dengan mempelajari  pengaruh pemirsa secara fisikologi tentu akan member dampak hasil dari bisnis anda. Pada era yang serba mobile kesempatan untuk memasarkan bisnis anda jauh lebih luas. Dengan didukung oleh fasilitas internet yang lebih cepat, video website yang ringan dan performa tinggi jangkauan iklan anda tentu jauh lebih luas. Bahwa faktanya adalah tidak semua orang membawa televisi bahkan untuk masyarakat perkotaan yang high mobility kesempatan menonton layar televisi untuk mencari beragam informasi telah digantikan dengan internet yang lebih ramah berada dalam satu genggaman. Menjadi sebuah opportunity untuk bisnis anda yang terintegrasi secara masal dan luas serta lebih murah.

Terintegrasinya website dengan berbagai jejaring sosial telah turut membantu performa sebuah situs. Untuk menampilkan gallery situs anda, anda dapat membuat tautan ke jejaring sosial flickr. Menyimpan berragam dokumentasi foto anda di flickr dapat mengurangi beban database situs anda. Mengarahkan iklan video dengan cara menyimpan dokumentasi iklan video anda di youtube. Tetapi jika  website anda memiliki sumber daya yang besar, membuat video iklan dan menyimpan dalam database situs anda sendiri justru sangat jauh lebih professional. Sampaikan pesan tentang bisnis anda kepada dunia. Jika saat ini telah ada teknologi mesin penterjemah pesan teks untuk menjadikan web multisites, dimasa depan anda akan menikmati teknologi mesin penterjemah untuk pesan voice. Sehingga jika situs anda berbahasa Indonesia telah dapat diterjemahkan sesuai bahasa di Negara pengunjung situs anda secara teks, maka video iklan anda yang menggunakan bahasa Indonesia juga dapat secara otomatis voice-nya diterjemahkan sesuai bahasa di Negara pengakses. Selamat karena Jangkaun bisnis anda menjadi luas dan lintas batas.


Label: ,

Post a Comment

[facebook] [blogger]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.