Diskominfo Kepahiang Akan Menjadi Corong Utama Promosi Investasi




Peningkatan pertumbuhan ekonomi suatu daerah salah satu bentuk manifestasinya adalah tumbuhnya investasi riil di segala sektor sumber ekonomi. Kemudian hasil dari nilai pertumbuhan tersebut dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat secara adil dan terbukti melalui serapan pasar dalam bentuk peningkatan kemampuan daya beli masyarakat.

Suatu daerah yang ditandai dengan tumbuh dan berkembangnya investasi baik investasi dalam bentuk infrastruktur fisik maupun non fisik adalah, bahwa daerah tersebut selalu menarik banyak orang dari luar daerah untuk ikut menikmati perkembangan tersebut. Apakah mereka akan turut andil sebagai pelaku investasi atau hanya sebagai bagian dari konsumen pasar di daerah itu.

Di era digital saat ini dimana informasi dapat diakses hanya dalam satu genggaman. Informasi yang hadir secara terus menerus dan saling berlomba untuk menawarkan informasi yang lengkap, padat dan bermutu sebagai dasar seseorang untuk mengambil keputusan. Apakah itu sebuah keputusan politik maupun keputusan bisnis.

Investasi dalam bentuk infrastruktur fisik adalah pembangunan akses publik seperti layanan jalan, listrik, air telah diketahui secara umum dan terbukti dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi setiap daerah. Demikian juga infrastruktur non fisik seperti layanan internet yang handal. Karena ini menjadi tulang punggung di era digital. Semakin tangguh dan berkualitas layanan data maka akan semakin cepat informasi terdistribusi dan siap bersaing dengan informasi yang sama untuk lebih dahulu hadir dan diserap oleh masyarakat digital secara luas. Hal ini tentu akan memberi konstribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

Hal ini telah disadari oleh mereka yang bersedia mencurahkan perhatiannya secara serius terhadap pertumbuhan ekonomi digital. Dalam diskusi ringan bersama kepala dinas komunikasi dan informatika (Diskominfo) kabupaten kepahiang bapak Aidil Fitri Saefuddin.SH di ruang kerjanya senin 26 November 2018, terdapat beberapa gagasan kuat yang dikemukakan untuk membuat sebuah rancangan kerja guna menumbuhkan ekonomi digital di kepahiang.
Menurut Kadiskominfo kabupaten kepahiang Aidil Fitri Saefuddin.SH yang pernah menjabat sebagai Kadis Perindustrian Kabupaten kepahiang ini,
“Kominfo adalah corong informasi, dimana hasil pengelolaan yang baik dengan sumberdaya yang berkualitas akan menjadi pondasi kemajuan ekonomi secara nyata dan berdampak pada pertumbuhan investasi dan PAD sebagai sumber modal pembangunan”.

Tentu tidak mudah untuk menyiapkan infrastruktur dan biaya teknologi yang mahal dalam waktu dekat. Tetapi, ini adalah investasi riil di era digital dan siapa pun individu yang terlibat didalamnya harus bersedia kerja secara cerdas untuk mengimplementasikannya.

Beliau juga sempat menyinggung tentang banyaknya media massa online yang lahir di daerah namun belum mampu membantu mendorong pembangunan daerah melalui publikasi yang dapat mendorong investasi. Sebagian besar media massa online hanya menyajikan berita yang kaku tanpa kritik dan solusi. Hal ini menurutnya sangat berdampak buruk bagi pembangunan investasi apabila semua atau sebagian besar situs berita online hanya menyiarkan beragam kasus yang timbul di daerah.
“ Mereka yang ingin berinvestasi di daerah menjadi tidak optimis dikarenakan informasi yang mereka terima melalui pemberitaan media massa selalu menawarkan ancaman terhadap rencana investasi mereka”.

Kedepan melalui rencana pembentukan kantor berita daerah yang digagas kadis kominfo kepahiang  Aidil Fitri Saefuddin.SH, pemerintah dapat melakukan kontrol terhadap media massa online daerah dengan standar yang terverifikasi. Beberapa diantaranya adalah, menggunankan domain situs yang legal yaitu terdaftar melalui pengujian resmi di dinas kominfo, platform situs dan, hal-hal lain yang dianggap penting. Seluruh situs berita harus terdaftar dengan data yang terverifikasi di diskominfo seperti, pemilik situs, domain situs,alamat kantor pengelola situs, platform situs dan alamat data server hingga mungkin juga sampai kepada kualitas webmasternya. Tujuannya bukan untuk mengontrol kemerdekaan pers online. Tetapi, justru untuk membantu agar situs berita tersebut dapat terus tumbuh sebagai media online berkualitas tinggi dan dapat menjadi organisasi bisnis penyiaran lokal berkelas internasional. Dampak positifnya adalah, pengelola situs mendapatkan nilai ekonomi melalui situs tersebut dan ini berdampak juga terhadap perbaikan ekonomi daerah.

Post a Comment

[facebook] [blogger]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.