Diskominfo Kepahiang Berkomitmen Untuk Membangun Industri Digital




Informasi mengenai industri digital di daerah perlahan mulai tumbuh. Meskipun dampak ekonominya bagi daerah belum terasa. Tetapi industri digital harus tumbuh di daerah. Ini adalah komitmen dinas komunikasi dan informatika (diskominfo) kabupaten kepahiang yang di komando oleh bapak Aidil Fitri Saefuddin.SH, untuk membentuk sebuah gagasan industri digital. Menurutnya saat ini pertumbuhan belanja online di daerah sudah meningkat. Tetapi secara sadar bahwa daerah khususnya kabupaten kepahiang masih hanya menjadi pasar bagi industri digital. Sementara menurut beliau, dengan adanya industri digital secara global dimana masyarakat daerah hanya terlibat menjadi konsumen di industri pasar digital tidak memiliki dampak besar terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah. Mengapa ?. karena justru ini hanya mengarahkan arus uang dari daerah ke luar daerah bahkan ke luar negeri. Diskominfo kepahiang ingin mengubah pola arus mata uang bukan dari dalam ke luar, tetapi bagaimana agar arus itu terbalik yakni dari luar ke dalam. Salah satu jalannya adalah industri digital harus ada di daerah.

Di kepahiang khususnya media marketplace juga mulai terbentuk seperti www.asia.co.id dan telah ada media fintech (financial technology) seperti AAF Kepahiang. Tetapi sistem pengelolaan, manajemen dan promosinya belum massive. hal ini karena mereka lahir dan tumbuh di lingkungan yang tidak memberi dukungan penuh terhadap ide-ide mereka. Padahal jika ini diberi sebuah dorongan berupa pembinaan dan pelatihan-pelatihan indusrti digital yang nyata dari pemerintah daerah, kita yakin bahwa industri digital daerah akan mampu menjadi pendorong ekonomi daerah secara nyata.

Dalam sebuah diskusi di kantor diskominfo kepahiang. Terdapat sebuah kesimpulan bahwa diskominfo kepahiang berkomitmen untuk membangun industri digital daerah sebagai corong promosi produk lokal kepada dunia. Sebagai corong informasi guna mengundang investor luar untuk bersedia membangun bisnisnya di daerah. Khususnya sebagai sarana promosi industri pariwisata daerah. Karena dengan ini pendapatan asli daerah (PAD) tentu dapat tumbuh secara signifikan. Ekonomi daerah meningkat tajam. Ini akan berdampak pada seluruh sektor-sektor sumber ekonomi daerah.

Hasil pertanian masyarakat dapat dipasarkan secara online, demikian juga hasil peternakan dan sebagainya. Sehingga dapat memotong rantai distribusi yang panjang dimana petani sebagai penghasil produk hanya menikmati harga yang rendah karena mereka tidak melek pasar. Tengkulak lebih menikmati margin keuntungan yang lebih besar. Dengan didorongnya pertumbuhan industri digital, masyarakat ekonomi digital yang melek pasar global tentu akan memberi value yang besar bagi kesejahteraan masyarakat daerah.

Jika dilakukan survey di daerah. Ternyata fakta tentang pengetahuan industri digital masih rendah. Tingkat kepercayaan pun rendah. Ini terjadi karena kurangnya informasi dan penyuluhan ekonomi digital kepada masyarakat daerah.

Dalam hal ini diskominfo kabupaten kepahiang akan berkomitmen penuh membangun industri digital agar dapat meningkatkan nilai ekonomi masyarakat dan pertumbuhan ekonomi daerah serta meningkatkan PAD. Diskominfo kepahiang bersedia mengundang para pakar digital untuk membina para pelaku bisnis online daerah agar dapat tumbuh dan bersaing secara luas. Memberi pelatihan dan diskusi-diskusi tentang bisnis online dan industri digital secara umum. Bagaimana membangun platform bisnis, bagaimana membangun platform fintech dan memasarkannya, bagaimana meningkatkan value dari informasi yang di sajikan untuk memperoleh manfaat ekonomi yang berkualitas. Diskominfo kepahiang juga akan menyediakan ruang umum di kantor dinas kominfo kepahiang sebagai sarana diskusi umum tentang industri digital.

Post a Comment

[facebook] [blogger]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.