Teka-Teki Masterplan Kawasan Industri Kepahiang ?





Dalam rangka memajukan ekonomi suatu daerah atau suatu kawasan untuk mampu bertahan dan maju salah satu pokok utamanya adalah industri. Selain pertanian dan perdagangan, industri memegang peranan yang sangat vital.

Industri memiliki defenisi pemahaman yang sangat luas. Industri adalah suatu tindakan mengubah sesuatu yang tradisional agar memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi. Industri dalam pengertian lain adalah suatu usaha yang tersusun secara teratur dengan manajemen yang terstruktur untuk mencapai tujuan kerja yang efektive dan memiliki nilai ekonomi yang unggul.

Sektor-sektor industri tentu disesuaikan dengan karakter dan tujuan suatu daerah. Maka kepahiang yang memiliki potensi unggul dibidang pertanian dan kepariwisataan tentu akan berangkat dari potensi besar ini. Sektor industri pertanian moderen akan memberi value bagi kemajuan ekonomi masyarakat dan daerah secara luas. Sehingga  apabila selama ini hasil pertanian hanya diperoleh dan diperjual belikan secara langsung dari petani ke tengkulak dengan harga yang rendah dan potensi margin keuntungan yang tidak memiliki dampak yang bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat, dengan industri hasil petani akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Untuk memperoleh kualitas produk pertanian yang baik agar memiliki standar harga jual di pasar nasional maupun pasar internasional yang lebih baik maka harus melalui rangkaian tahap yang panjang mulai dari pemanenan, pemilahan, pengemasan, pengangkutan hingga pemasaran.biaya transportasi dari tempat pengepul ke tempat industri lanjutan tentu memiliki beban biaya yang sangat tinggi berbanding dengan rumus volume satuan. Itu sebabnya para pelaku industri lanjutan hanya akan membeli dengan harga rendah untuk mendapatkan margin yang diharapkan. Apabila biaya transpotasi yang harus dikeluarkan untuk membayar sampah hasil sortasi tidak dikeluarkan tentu akan memberi dampak pada kemampuan membeli dengan harga yang layak.

Oleh karena itu kepahiang tentu harus juga membuat kawasan industri sebagaimana kota-kota lainnya. Sehingga produk yang dihasilkan adalah produk jadi dengan biaya rendah tetapi memiliki standar harga yang cukup tinggi untuk di pasarkan ke luar daerah. Pembeli tidak harus membeli  bahan mentah dari hasil pertanian misalnya kopi, lada,kemiri,beras dan sayur mayur dari petani kabupaten kepahiang dengan harga rendah. Karena ongkos angkut dan resikonya lebih jika produk tersebut dilakukan pengolahan lanjutan di kepahiang sendiri dan kemudian disebarkan ke luar daerah dalam bentuk produk siap saji.

Semau kita tahu bahwa kawasan industri pariwisata tersentral ke kecamatan kabawetan. Namu yang menjadi pertanyaan masyarakat adalah dimana kawasan industri pengolahan produk yakni komplek industri pabrik pengolahan ditetapkan. Belum lagi dimana kawasan industri digitalnya.

Menurut bapak Bando Amin C Kadir sebelum ini menjelaskan kepada suara legislatif bahwa kawasan industri kepahiang di letakkan di wilayah rimbo donok kecamatan tebat karai. Tetapi sampai saat ini belum terlihat lagi bagaimana ini akan dilanjutkan. Padahal  penetapan kawasan  industri menjadi tolak ukur untuk mengundang para investor berinvestasi aktif di kabupaten kepahiang. Selain nilai produk pertanian dan perkebunan menjadi memiliki standar harga yang  baik juga kepahiang akan mampu menyediakan lapangan kerja baru yang lebih luas.

Ketika hal ini dikonfirmasi kepada salah satu eks anggota DPRD kabupaten kepahiang bapak Bambang Asnadi yang menjadi anggota DPRD selama periode kepemimpinan bapak Bando Amin C Kader beliau mengatakan bahwa rencana ini dulu telahdidiskusikan. Dibuktikan dengan pembukaan jalan hotmix ke kawasan rimbo donok, dibukanya pabrik pengolahan batu andesit,dan dibangunnya gedung resi gudang oleh kementrian industri dan perdagangan. sayangnya tidak berlanjut setelah bergeserkan kepemimpinan dari bapak Bando Amin C Kader kepada bapak Hidayatullah Sjadid saat ini. Dengan kembali bersedia mencalonkan diri sebagai anggota DPRD kepahiang periode 2019 untuk 5 tahun mendatang atas desakan masyarakat, bapak Bambang Asnadi berjanji akan kembali menyuarakan hal ini. Bagaimana agar ada kolaborasi antara industri pertanian dan industri hasil pertanian dan perkebunan hingga strategi pasar yang mampu bersaing di pasar luas.

Di wilayah kecamatan tebat karai industri UMKM juga terus tumbuh. Dan ini akan menjadi perhatian utama untuk diusulkan kepada pemerintah dari segi dukungann penguatan modal,dukungan alat industri mekanikal,dan dukungan pengebangan SDM yang selama ini dianggap kurang tepat karena kawasan industri wisata bersatu dengan kawasan industri pengolahan yang ada di kabawetan. Ini menyangkut masalah dampak lingkungan baik itu polusi suara mesin dan polusi udara akibat cemaran gas buang dari mesin tenaga diesel.



Label:

Post a Comment

[facebook] [blogger]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.