ANALISIS JURNAL TEORI-TEORI ILMU SOSIAL DARWINISME SOSIAL DAN KRISIS DEMOKRASI (ANWARI WMK)


1.       simpulkan dalam bentuk alinia kecil, apa inti dari tulisan tersebut?
Jawab : Demokrasi  idealnya berdiri di atas prinsip kebebasan, persamaan, dan persaudaraan perinsip seperti yang di suarakan dalam revolusi Franci 1789. Namun, praktisnya terjadi penyimpangan, penyimpangan tersebut yaitu dirasukinya demokrasi oleh faham Darwinisme social dengan sebuah tesis survival of the fittest  yang merupakan sebuah fham yang meyakini seleksi alam dan manusia layaknya binatang-bertarung, berjuang, dan memanfaatkan konflik. Ringkasnya hidup dalam persaingan dan penguasaan yang mengakibatkan kekuataan yang tersingkir melawan dengan menggunakan metode teror, menghasilkan terorisme sang anak haram dari demokrasi.
2.       Apa yang di maksud dengan darwinisme social dalam tulisan tersebut ?
Jawab : Darwinisme adalah istilah yang menandai berlakunya ide bahwa manusia seperti layaknya binatang-berjuang, bertarung, dan menggunakan instrument konflik untuk mempertahankan eksistensinya. Dawinisme social memunculkan sebuah rumus seleksi alam yang memunculkan istilah survival of the fittest  secara singkat  menerangkan hubungan antarmahluk hidup yang di dirikan di atas pondasi persaingan dan penguasaan, disertai predator-predatornya. Praktiknya dalam kehidupan manusia menghasilkan hubungan hegemonic dengan metode kekerasan oleh Negara terhadap kelompok tetentu
3.       Apa hubungan Darwinisme social dengan demoksrasi dan dengan terorisme ?
Jawab : A) hubungan Darwinisme social dengan demokrasi ialah melencengnya demokrasi yang idealnya mengusung kebebasan, persaudaraan prinsip menjadi persaingan dan penguasaan yang tesebut dalam faham Darwinisme social dan tesisnya survival of the fittest( manusia layaknya binatang senantiasa berjuang, bertarung dan berkonfliknd demi sebuah eksistensi.)
B) Hubungan Darwinisme social dengan terorisme ialah terorisme sebagai hasil dari demokrasi yang di rasuki faham darwinisme social dan menyimpang dari nilai ideal sebuah demokrasi, dari yang seharusnya berdiri si atas prinsip kebebasan, persamaan, dan persaudaraan prinsip, namun meenceng menjadi persaingan dan pernguasaan, menyebabkan terdorongnya kekuatan yang tersingkir untuk bereaksi balik dengan metode teror(Terorisme anak haram demokrasi).
4.       contoh kasus terorisme dan kontra terorisme dalam tulisan ini, apa itu ?
Jawab :
contoh kasus terorisme = penyeranga gedung WTC dan gedung pentagon, Penyerangan tokoh teroris Afganistan dan pembasmian Negara pendukung terorisme. Fasisme Hitler masa perang dunia II.
Contoh kasus kontra terorrisme = pengerahan pasukan Amerika untuk membasmi para teroris di Afganistan
5.       Dalam tulisan tersebut banyak istilah/terminologi yang terkait dengan teori social, sebagian pernah kita bahas, tulis sebanyak mungkin dan terangkan secara singkat apa maksudnya ?
Jawab :  Kontraterorisme = sikap anti terorisme
Fasisme = ideology kepemimpinan dengan otoritas absolut perintah dan kepatuhan tanpa pengecualian
Homo homini lupus = Manusia seperti serigala untuk sesamanya
Terorisme =reaksi balik dari kekuatan yang tersingkir dalam metode teror
Kapitalisme =keuntungan, dan keserakahan
Imperialisme= kebijakan agar Negara besar dapat mengendalikan terhadap Negara lain atau daerah sehingga dapat di pelihara dan berkembang.
Rasialisme= penekanan kepada ras tertentu.









NAMA  : PENADI KURNIAWAN
NIM       : 17046025
PRODI   : PENDIDIKAN SEJARAH
MAKUL : TEORI-TEORI ILMU SOSIAL
SESI        : KAMIS, 09:41-12:20, 23108
DOSEN  : Prof. Dr. Mestika Zed, M.A.



Post a Comment

[facebook] [blogger]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.