TEORI POSTKOLONIALISME



1.       Biodata Edward Said
Edward Said adalah seorang intelektual Palestina-Amerika yang meletakkan dasar-dasar teori kritis di bidang poskolonalisme. Lahir sebagai seorang Arab Palestina di Yerusalem yang dikuasi Britania, Said mendapat kewarganegaraan Amerika dari ayahnya. Ia menghabiskan masa kecilnya di Yerusalem dan Kairo, di mana ia belajar di sekolah-sekolah elit Inggris. Said kemudian pindah ke Amerika Serikat, di mana ia meraih gelar sarjana dari Universitas Princeton dan doktor dalam bidang sastra Inggris di Universitas Harvard. Ia kemudian mengajar di Universitas Columbia sejak 1963, dan mendapat gelar profesor dalam sastra Inggris dan perbandingan sastra pada 1991.
Said terkenal karena karyanya, Orientalism (1978). Dalam buku itu, ia menganalisa aspek-aspek kebudayaan yang menjadi dasar pemikiran orientalisme, istilah yang ia definisikan ulang sebagai persepsi dan gambaran dunia Barat terhadap dunia Timur Tengah, Asia dan Afrika Utara, atau juga yang dikenal sebagai dunia Timur yang menghasilkan teori postkolonialisme.
2.       Pembahasan

·         Teori post kolonialisme merupakan sebuah seperangkat teori dalam bidang filsafat, film, sastra, dan bidang-bidang lain yang mengkaji legalitas budaya yang terkait dengan peran kolonial.
·         Postcolonial adalah perlawanan sehari-hari
·         Postcolonial menurut Anderson merupakan sebentuk mode atau siasat perlawanan massa rakyat kecil tanpa politik yang di lakukan dengan gerakan “picisan” untuk mengkaji ulang “politik  modern” identitas adiluhung (tinggi mutunya)  kalangan elit yang (sedang) berkuasa.
·         Postkolonisalisme merupakan teori kritis yang mencoba mengungkapkan akibat-akibat yang di timbulkan oleh kolonialisme.
·         Teori postkolonialis adalah teori yang mengkritik perspektif barat terhadap dunia timur.
·         Teori postcolonial adalah teori yang mempelajari kondisi dari keadaan sesudahnya

Postkolonialisme berakar dari kata post – koloni – isme, secara harfiah berarti faham mengenai teori yang lahir sesudah zaman kolonial. Kata -post bukan berarti diartikan sebagai anticolonial. Teori ini dalam menganalisis meulusuru aspek-aspek tersembunyi atau dengan sengaja di sembunyikan sehingga dapat di ketahui bagaimana kekuasaan itu bekerja, selain itu juga membongkar disiplin, lembaga, dan ideologi yang mendasarinya. 
Secara umum teori postkolonialisme sangat relevan dalam kaitannya dengan kritik lintas budaya sekaligus wacana yang di timbulkannya. Tema-tema yang di kaji sangat luas dan beragam, meliputi hamper seluruh aspek kebudayaan, di antaranya politik, ideology, agama, pendidikan, sejarah, anthropologi, kesenian, etnisitas, bahasa dan sastra sekaligus dengan bentuk praktik di lapangan, seperti perbudakan, pendudukan, perpindahan penduduk, pemaksaan bahasa, dan berbagai bentuk invasi kultural yang lain.
Postkolonialisme khususnya postkolonialsime Indonesia melibatkan tiga pengegertian. Pertama, abad berakhirnya imperium colonial di seluruh dunia. Kedua, segala tulisan yang berkaitan dengan pengalaman-pengalaman colonial belanda sejak abad ke 17 hingga sekarang. ketiga, segala tulisan yang ada kaitannya dengan paradigma superioritas barat terhadap inferioritas timur baik sebgai orientalisme maupun imperialisme dan kolonialiseme.

3.       Kesimpulan
Edward Said adalah seorang tokoh utama teori poskolonialisme dengan karyanya yang Orientalism. Poskolonilisme merupakan kritik terhadap pandangan , konsep, dan konstruksi barat tentang timur.
4.       Referensi
Nurhadi. (2007) Poskolonial : sebuah pembahasan. Seminar rumpun sastra FBS Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. Indonesia
Kusmarini Yani. Suatu kajian tentang teori poskolonialisme Edward W. Said. UNY.






NAMA  : PENADI KURNIAWAN
NIM       : 17046025
PRODI   : PENDIDIKAN SEJARAH
MAKUL : TEORI-TEORI ILMU SOSIAL
DOSEN  : Prof. Dr. Mestika Zed, M.A.

Post a Comment

[facebook] [blogger]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.