Latest Post




Wisata adalah kebutuhan primer saat ini. Wisata menjadi sama dengan pangan dan pakaian bagi masyarakat moderen. Karena wisata menyangkut masalah kebutuhan pokok yang sangat penting bagi psikologi seseorang atau anggota masyarakat. Beratnya tuntutan kerja untuk sekedar memenuhi kebutuhan pangan menjadi pemicu tingginya tingkat stres bagi masyarakat kalangan menengah. Rutinitas kantor dan tanggung jawab kerja maupun membangun sebuah industri bisnis. Beberapa penunjang utama ketahanan mental tersebut adalah berwisata. Setidaknya kebutuhan ideal berwisata 1 bulan sekali untuk wisata kecil jarak pendek. Hal ini menjadi peluang bagi beberapa orang yang melihat bahwa industri ini akan tumbuh lebih cepat dibanding industri pangan. Tumbuhnya situs layanan traveling menjadi salah satu bukti bahwa mereka melihat peluang ini dengan sangat cerdas.

Pada dasarnya wisata murah masih menjadi tujuan dominan untuk sebagian besar masyarakat indonesia. Dan sebagian kecil memilih wisata berkelas dan saat ini juga tergolong sudah sangat murah untuk wisata ke luar negeri. Berbagai promo penawaran perusahaan penyedia layanan jasa wisata menjadikan banyak masyarakat kalangan menengah memiliki peluang untuk berwisata ke luar negeri. Wisata religi saat ini sedang menjadi tren bisnis. Meskipun akhir ini banyak kejadian yang cukup membuat tingkat kepercayaan banyak orang menjadi menurun. Misalnya berbagai perusahaan layanan wisata umroh yang banyak menelan korban penipuan.

Bengkulu sebagai salah satu daerah yang saat ini terus dibangun wisatanya. Dalam berbagai bentuk event yang diadakan baik oleh pemerintah maupun swasta untuk menunjukan bahwa bengkulu adalah destinasi wisata yang wajib masuk dalam daftar destinasi wisata favorit.

Propinsi bengkulu memiliki sejarah yang panjang dan selama ini tidak terekspose secara luas. Dengan pantainya yang indah, menurut beberapa wisatawan mengatakan bahwa “Bengkulu adalah Bali yang terletak di pulau sumatera” pesona pantainya yang memajang dan terpanjang se-asia tenggara serta gugusan bukit yang indah dengan berbagai keragaman suku lokal yang spesial. Khususnya kabupaten kepahiang yang berada di lintasan segitiga emas, rejang lebong yang berada di kaki gunung kaba, dan kabupaten lebong yang di luar negeri terkenal dengan kopi mangkuraja sekaligus asal dari kopi vietnam yang terkenal itu. Selalu tidak pernah habis dalam sekali cerita.

Saat ini kabupaten kepahiang dan kebupaten rejang lebong masih menjadi buruan para pencinta kopi. Bahkan beberapa dari mereka berasal dari negara jerman, australia dan jepang. Bagi negara vietnam tentu kabar tentang kopi kabupaten lebong bukan hal baru. Kenikmatan kopi robusta dari kabupaten kepahiang  cukup terkenal dan beberapa produk olahan kopi seperti merek konakito, trabas, kopi redjang (red coffee) dan ikola koffie sempat berangkat ke moskow untuk pameran produk.
Tren wisata kopi yang sedang tumbuh sangat menggairahkan ini adalah sebuah celah investasi bisnis yang menguntungkan. Hal ini belum benar – benar dilakukan baik oleh pengusaha lokal maupun pemerintah daerah secara serius. Sementara beberapa penguasaha dari luar telah melihat potensi bisnis ini sebagai tujuan bisnis mereka. Kabupaten kepahiang khususnya kawasan agrowisata puncak kebun teh kabawetan tentu menjadi sasaran selanjutnya setelah pantai panjang bengkulu. Tumbunya industri bisnis perhotelan belum terlihat nyata di kabupaten kepahiang. Itu sebabnya beberapa inisiatif dari pemuda – pemuda lokal yang memiliki ide bisnis sedang memikirkan bagaimana mewujudkan konsep binis wisata hotel kemasyarakatan.

“Mereka menyebutnya home stay, tapi kami lebih sepakat menyebutnya hotel kemasyarakatan”.
Idenya mungkin sama, bahwa setiap rumah penduduk menyediakan kamar penginapan masing – masing 1 (satu) unit untuk penginapan para wisatawan. Dan hanya dibatasi 1 unit kamar setiap kepala keluarga untuk pemerataan. Agar jangan terjadi mereka yang memiliki modal besar menguasai seluruh aset binis ini. Artinya bahwa potensi pendapatan setiap keluarga akan merata. Batas menginap dalam satu kamar maksimal 5 hari bagi wisatawan dan selanjutnya harus memilih kamar dari keluarga yang berbeda. Ini adalah cara bagaimana agar semua masyarakat berpeluang menikmati program bisnis ini. Sistem pengelolaan mungkin koperasi. Agar harga yang ditawarkan memiliki standar yang jelas dan tidak merugikan wisatawan.

Saat ini masyarakat dan para pemuda yang memiliki fashion bisnis wisata menginginkan adanya investasi dari luar daerah bila perlu dari luar negeri untuk mewujudkan program wisata dengan konsep hotel kemasyarakat ini. Melalui situs http://news.asia.co.id yang sebagian pengunjungnya berasal dari negara – negara besar seperti Amerika Serikat,Rusia,Kanada,Filipina,Peru,Cili,Singapura,Argentina,Jerman,Korea Selatan dan Uni Emirat Arab ini terus mencari dukungan dari berbagai kalangan dan salah satu dukungannya adalah meminta dunia untuk mengingatkan pemerintah kabupaten kepahiang yang membangun industri – industri kecil sebagai penyumbang karbondioksida dari mesin – mesin diesel yang selama ini terus dikembangkan oleh pemerintah daerah. Konsep kampung kopi yang diprogramkan pemerintah tidak sejalan dengan konsep agrowisata di kawasan puncak kebun teh kabawetan yang menjadi penyumbang oksigen bersih di masa depan dengan pembangunan industri yang menggunakan mesin tenaga diesel.





Market bisnis dalam tahun Masyarakat ekonomi asean (MEA) yang mulai berjalan di Indonesia bukan lagi isapan jempol tentang bagaimana tantangan berat bagi bisnis online shop. Bagi online shop dalam negeri yang tidak segera menatap tegas dan mengambil langkah strategis maka sudah dapat dipastikan akan stag. Layanan teknologi website adalah hal yang harus menjadi salah satu fokus perhatian. Berbagai toko online yang bergerak di pasar Indonesia tentu hampir memiliki keragaman yang sama dari sisi produk yang ditawarkan dan harga retail produk. Sehingga yang menjadi tantangan utama adalah teknologi website toko online tersebut apakah memiliki kecepatan loading, navigasi yang jelas kemudian berbagai penawaran dan efisiensi system pemasaran. Sampai hari ini diperkirakan system pemasaran dengan model affiliasi masih mendominasi persentase tingkat efisiensi biaya. Ini sangat jauh jika dibandingkan dengan promosi lewat media audio visual televisi. Tetapi target pertumbuhannya memang sangat berbeda. Ini adalah tantangan bagi para start up maupun online shop mandiri. Para pendatang yang notabene adalah pemain senior dalam online shop dunia tersebut adalah para raksasa bisnis dengan kapitalisasi yang sangat besar untuk ukuran international. Belum lagi trend maindset masyarakat Indonesia yang secara fisikologi lebih merasa memiliki konfidensi yang sangat tinggi dengan segala produk yang berbau asing. Merek-merek luar negeri tentu menjadi daya pikat pasar yang sangat potensial.

Jika selama ini belanja online dari situs luar negeri memiliki bebagai kendala seperti waktu pengiriman dan system pembayaran maka hari ini dibantah tegas. Karena secara resmi toko online dunia seperti ebay, amazon dan sebagainya akan segera menancapkan benderanya di Indonesia. Tidak tertutup kemungkinan mereka akan segera merambah ke daerah-daerah kota-kota besar diseluruh Indonesia. Bahkan diperkirakan dalam waktu 3 tahun mereka akan membuka cabang-cabang resmi (kantor) hingga tingkat kabupaten kota. Dapat dibayangkan bagaimana beratnya para start up local yang harus berjuang keras bersaing dengan perusahan-perusahaan mapan seperti facebook dan google.co.id.

Mereka memiliki sumber daya yang sangat besar. Mereka memiliki layanan server sendiri yang dapat menjamin tingkat kecepatan situs bahkan bagaimana jika mereka memasang server hingga ke wilayah-wilayah seluruh kota besar di Indonesia. Tentu dampaknya adalah para start up dalam negeri yang baru memulai membuat online shop dengan menyewa server pada perusahaan penyedia  layanan server. Mereka tidak dapat berbuat banyak. Belum lagi biaya teknologi website dan biaya lainnya. Bahkan jika pemerintah segera menetapkan pajak online shop setelah keluar data resmi sensus ekonomi nanti.

Kesuburan alam Indonesia bagi pertumbuhan online shop memang sebuah potensi yang sangat baik.  Makin membaiknya layanan telekomunikasi dan jaringan 4 G LTE adalah gambaran yang sangat jelas bahwa potensi pertumbuhan yang besar selalu mengundang decak kagum bagi investor asing. Sangat disayangkan jika para start up lokal tidak segera siap menghadapi kemungkinan-kemungkan yang sudah 80 % di ambang kenyataan. 
Ini adalah salah satu realitanya. Raksasa e-commerce asal Amerika serikat yang telah menjadi salah satu ikon online shop dunia, eBay akan segera turut meramaikan persaingan pasar situs jual beli di Indonesia. Hal tersebut dipertegas dengan lowongan pekerjaan untuk mencari Kepala eBay untuk wilayah Indonesia di situs LinkedIn. Artinya bahwa eBay sungguh-sungguh akan menjadi kompetitor besar pasar toko online di Indonesia , 
Dalam lowongan tersebut dituliskan eBay mencari kandidat untuk posisi "Head of Cross Border Trade" dan akan ditempatkan di Jakarta .meskipun ini terbuka secara umum namun persyaratan yang sangat berat menjadi tantangan bagi para kandidat. Apalagi menerapkan strategi yang tepat terhadap fisikologi masyarakat Indonesia. Belum pasti apakah kemungkinan yang terjadi beberapa toko online lokal yang selama ini diback up oleh eBay akan digabungkan atau tetap berdiri sendiri sebagai mitra sekaligus pesaing. Mungkin akan berbeda jawabannya jika kandidat yang terpilih adalah dari masyarakat Indonesia yang benar-benar Indonesia.  Dalam kalimat pembuka lowongan tersebut. eBay menulis deskripsi untuk kandidat yang dicari untuk menampati posisi strategis tersebut.
"eBay mencari talenta individual untuk menempati posisi Cross Border Trade bisnis di Indonesia. Tugas ini mengharuskan pegawai untuk tinggal di Jakarta, dan sesekali pergi ke Singapura dan negara ASEAN lain," tulis keterangan dari situs LinkedIn. Artinya secara nyata kemungkinan yang terjadi adalah eBay akan menyerahkan salah satu cabang bisnisnya kepada bukan orang Indonesia. Meskipun hal tersebut bukanlah sebuah masalah, tetapi secara fisikologi tentu strategi bisnisnya akan berbeda.
Lowongan itu mensyaratkan seseorang yang sudah sangat berpengalaman di bidang bisnis internet selama 8 hingga 10 tahun. Tugas yang harus dilakukan oleh Head of Cross Border Trade cukup beragam, yakni mencapai target yang ditetapkan, menjadi perwakilan eBay di Indonesia, menyusun strategi untuk pasar Indonesia. Hal tersebut dapat digambarkan bahwa eBay akan membawa dan meletakan sumber daya yang besar di Indonesia. Dimulai dari Jakarta dan akan segera meletakan sayap-sayap bisnisnya diberbagai daerah di Indonesia. Beruntungnya adalah eBay ikut berpartisipasi mengurangi pengangguran dengan memperkerjakan banyak orang Indonesia yang memenuhi kualifikasi mereka serta menjadi motivasi bagi para bisnisman muda Indonesia.
Dapat dipahami karena sejauh ini eBay sudah beroperasi di lebih dari 30 negara di dunia dengan keuntungan lebih dari jutaan Dollar AS tiap tahun atau milyaran rupiah.ini akan memberi potensi devisa yang sangat besar bagi Negara. Perusahaan yang didirikan Pierre Omidyar ini menjadi pemain marketplace terbesar di Amerika Serikat dan akan segera menjadi raksasa di indonesia. Kita akan menunggu bagaimana nanti ini terjadi.







Kami yakin banyak yang bertanya dari mana sumber pendapatan situs-situs ecommerce seperti bukalapak.com, berniaga.com,dan situs iklan baris sejenisnya. Itulah alasan mengapa kami memberi sedikit ruang untuk menulis artikel ini. Menyempatkan waktu untuk beropini serta menyajikan untuk pembaca sebagai bahan rujukan. Sebelumnya kami juga mencari rujukan dari berbagai opini yang dapat memperkuat pendapat kami sementara. Kami menemukan salah satu blog yang mengulas tentang hal bagaimana situs berniaga.com dan sejenisnya memperoleh pendapatan. Dari beberapa komentar yang kami lihat ada salah satu komentar yang isinya bahkan hampir sama dengan artikel tersebut dari sisi jumlah kosa kata. Silahkan anda lihat blog cara-riri.com
Kebanyakan komentator sangat puas, walau kami yakin mereka tidak sungguh-sungguh puas. Dengan artikel ini kami bukan sepenuhnya bermaksud menyangkal. Tapi sedikit memberi perimbangan yang mungkin akan saling memberi manfaat satu sama lain.
Salah satu komentar yang kami maksud di atas bahkan menyangkal dengan cara yang tidak wajar dan terkesan emosional serta dipaksakan. Penulis blog tersebut tidak menjelaskan dengan sumber yang jelas berapa sebenarnya biaya yang dikeluarkan oleh berniaga.com. secara sederhana penulis hanya menjelaskan tentang hal yang mutlak yakni bagaimana mereka memperoleh fitback untuk membayar sewa hosting, menyewa domain dan menghidupi kelanjutan situs. Apalagi didukung oleh kenyataan berniaga.com kini dimiliki oleh olx. Apakah mereka bangkrut karena program iklan gratis yang tidak menguntungkan?. Atau karena hanya sangat sedikit masyarakat khususnya Indonesia yang masih cinta fanatik kepada segala sesuatu yang bermerek gratis. Sehingga hanya perusahaan skala menengah yang memasang iklan premium.kemudian penulis membandingkan dengan blog yang dikelolanya dengan besaran biaya hosting yang harus ditanggung.  Sangat jauh. Bumi-langit !. jika penulis tahu fakta yang sesungguhnya bahwa berniaga.com menghabiskan dana ± Rp.100 milyar. Fantastik !.
Jika berniaga.com bangkrut berarti situs tersebut tidak memiliki energy untuk tumbuh dan berkembang. Tidak memiliki nilai market. Lalu apa motivasi olx untuk memerger situs ecommerce tersebut. Jawaban ini barangkali masih butuh fakta dukungan yang lebih konkrit. Sudah sangat pasti bahwa yang mereka beli adalah asset perusahaa. Dengan nominal yang begitu besar mereka cukup menghidupkan satu perusahaan yakni olx yang secara jelas memiliki cabang di berbagai Negara besar di dunia. Kemudian jika faktanya situs iklan baris gratis tidak memberi dampak pendapatan yang fantastis bagi pemiliknya baik itu milik perorangan atau group raksasa rasanya mustahil hingga hari ini terus bermunculan situs-situs sejenis. Situs tersebut bahkan masuk kategori perusahaan rintisan (start up) yang dilirik oleh banyak investor.
Mari membuat pengandaian!. Situs-situs besar tersebut dengan melakukan kampanye secara besar-besaran dan sejumlah dana yang sangat besar bagaimana mereka mengembalikan modal para investor dan meraih profit mereka sendiri. Logika sederhananya adalah jika arus kunjungan situs mereka besar tentu dampak pendapatan iklan mereka juga besar. Lalu bagaimana dengan iklan gratis yang hanya memakan daya situs berupa bandwith?. Atau bagaimana jika tidak signifikan antara biaya pemenuhan daya situs dan pendapatan iklan premium mereka. Tetapi realitanya mereka justru semakin tangguh dan menjadi perusahaan yang menghidupi banyak orang baik sebagai karyawan maupun kewajiban-kewajiban lainnya seperti pajak yang memberi devisa kepada Negara.
Sekarang kita akan membuat perhitungan cara lain. Faktanya adalah apakah anda tahu berapa sebenarnya harga yang anda bayar per kilobyte untuk mengakses sebuah situs. Berapa yang anda habiskan untuk surfing di sebuah situs toko online?. Bisa mencapai puluhan megabyte bahkan gigabyte. Berapa harga sebenarnya yang ditetapkan oleh provider telekomunikasi dan berapa yang sebenarnya tanpa anda sadari membayar per kilobyte-nya. Coba anda teliti kembali berapa kuota internet anda dan untuk kemampuan berapa lama anda bisa surfing di situs toko online atau situs iklan baris gratis.
Berapa lama waktu upload iklan dan berapa lama loading situs tersebut. Berapa kuota internet yang anda keluarkan. Jika misal harga perkilobyte adalah RP.0,001,- tapi kenyataannya anda membayarnya denga harga Rp.0,002,-. Selisihnya adalah Rp.0,001,- x 1000 000 000 pengunjung = Rp.100 000,-. Kemudian kalikan berapa lama mereka surfing di situs tersebut dan berapa kilobyte mereka menghabiskan kuota internet. Kemudian untuk biaya sewa hosting. Jangan pusing !. dengan dana yang sangat besar mereka sudah dapat dipastikan tidak akan menyewa server. Tetapi mereka membeli dan memiliki server sendiri. Anggap saja mereka menyewakan untuk mereka sendiri dan sisanya mungkin bisa disewakan kepada pihak lain. Iklan yang selalu muncul di ponsel anda tentang kuota internet murah pernahkah mereka sebagai provider transparan berapa harga persatuan kilobyte. Faktanya dalam sebuah berita nasional bahwa biaya layanan komunikasi di Indonesia tergolong yang paling mahal termasuk layanan data. Wajar jika perusahaan telekomunikasi nasional di Indonesia bisa membukukan laba bersih hingga di atas Rp.10 trilyun dan dengan CSR yang sangat murah. Mereka mengumumkan tentang acara pertandingan bola volley sebagai CSR (corporate social responsibility).masih sama.bumi-langit !.
Sedikit menyinggung artikel yang pernah kami publikasikan sebelumnya bahwa kami belum memiliki layanan wifi. Sehingga kami harus menggunakan modem untuk mengelola situs ini dan hanya satu-satunya bisa menggunakan layanan telkomsel. Dalam satu bulan kami menghabiskan hingga 6 gigabyte data. Sekitar ± Rp.200 000,- belum temasuk listrik sewa hosting dan lain-lain. Apakah di masa depan kami tidak menuntut pendapatan?.mustahil, karena organisasi nonprofit pun tetap butuh biaya untuk operasional dan sebagai sumber pendapatan orang-orang di dalamnya. Meskipun seolah-olah profit bukanlah orientasi.
Sekarang di televisi terus bermunculan iklan situs-situs seperti traveloka.com, misteraladin.com dan yang paling baru adalah pegipegi.com. situs ini sebelumnya beriklan di layanan CPA accesstrade.co.id. bahkan kami sebagai salah satu publisher accesstrade sempat menayangkan banner pegipegi.com. biaya belanja iklan mereka tentu sekarang lebih besar lagi. Kita tunggu kabar selanjutnya akan sebesar apa situs destinasi wisata tersebut.
Kembali ke persoalan di atas sebelum menutup aritkel ini. Lalu bagaimana jalan untuk memonetisasi situs anda di masa depan. Karena teramat jarang sumber yang membahas tentang hal seperti ini. Sebagian dan kebanyakan artikel membahas monetisasi situs dengan mengikuti berbagai layanan iklan online sebagai publisher. Menjual produk, mengikuti program CPA atau CPC .menjadi publisher adsense seperti google adsense yang semakin sulit untuk ditembus.semakin besar arus kunjungan situs anda maka semakin besar pula perusahaan tempat anda menyewa hosting dan semakin kaya raya pula perusahaan penyedia layanan telekomunikasi yang prestisius, luxuary dan tertutup tersebut. Bahkan mereka hampir menjadi dewa.
Kami demikian juga anda butuh mencari sumber informasi yang lebih detil. Pemerintah dalam hal ini kementrian UKM dan kementrian informatika membuka akses-akses pendidikan seperti ini secara lebih progresif dan terus-menerus. Menjadikan bisnis internet atau blogging sebagai salah satu pelajaran di sekolah. Tujuannya jelas !, akan mengurangi pengangguran di masa depan. Karena blogger bukanlah profesi pengangguran. Sebagaimana yang artikel lain yang kami publikasikan bahwa blogging adalah bisnis dan blogger adalah bisnisman.





Sudah menjadi syarat umum menjadi seorang blogger atau penulis artikel yang mengelola website pribadi adalah memiliki blog atau website.kemudian memiliki kemampuan mengelola yakni manajemen. Apakah itu manajemen modal berupa keuangan,manajemen waktu,manajemen operasional dan manajemen pasar.
Memiliki sebuah situs sama artinya memiliki sebuah perusahaan lengkap denga pernak-perniknya.mendirikan sebuah perusahaan berbadan usaha perseroan terbatas (PT) atau perseroan commanditer (CV) tentu dituntut modal awal dalam mengajukan proses agar memiliki badan hukum yang tetap. Kemudian arah dan tujuan akan bergerak dibidang apa serta tujuan spesifik apa.membangun brand perusahaan dan membangun ciri khas perusahaan.membangun privasi yang kuat serta manajerial yang tangguh. Akan memiliki tujuan mitra kepada siapa di saat ini dan di masa depan. Pasar seperti apa yang sedang menjadi tranding dan menciptakan trand sendiri agar tidak tersingkirkan dari dinamika pasar.
Hal demikian juga berlaku dalam mengelola sebuah blog atau website. Modal awal seperti yang kami jelaskan di atas adalah memiliki sebuah situs atau blog. Mendaftarkan nama domain sama dengan mendaftarkan nama sebuah perusahaan yang akan menjadi brand khusus. Tentu mendaftarkan domain dan menyewanya untuk masa waktu yang telah ditetapkan pihak yang memiliki otoritas sama dengan mendaftarkan nama perusahaan pada instant pemerintah dan akan dicabut bila terdapat pelanggaran hukum atau kelalaian dalam memenuhi tagihan pajak sehingga menunggak dan harus di cabut izinnya hingga ada kesepakatan dan tindak lanjut penyelesaian terhadap kasus yang terjadi.
Selanjutnya adalah mendirikan sebuah organisasi atau membangun sebuah kantor sebagai alamat kerja yang tetap disini butuh estetika dalam mendesain kantor, warna interior dan eksterior,ukuran dan fasilitas pribadi,pekerja maupun fasilitas publik didalamnya. Sebagai tempat kerja harus terasa nyaman dan asri. Ini semua disesuaikan denga kemampuan keungan perusahaan. Perusahaan yang baru berdiri tentu cukup dengan ukuran ruang yang kecil namun lengkap serta biaya yang sangat efisien. Belanja iklan yang terukur. Kecuali perusahaan atau website anda memang telah memiliki budget yang besar, itu silahkan tapi harus tetap efisien.
Bangun terus citra perusahaan anda dan setelah tumbuh dan berkembang dengan arah yang tepat. Kemudian tentu kebutuhan ruang kantor anda akan lebih besar lagi dan silahkan diperluas. Demikian juga website, menyewa hosting atau server penyimpanan data yang lebih besar untuk menampung seluruh arus aktivitas yang besar. Memilih tempat penyewaan (jika belum memiliki sendiri)dari penyedia layanan hosting juga harus memiliki banyak pertimbangan yang matang. Melihat dari sisi seberapa besar dan prestisiuskah perusahaan penyedia layanan hosting tersebut. Bagaimana berhubungan dengan pelayanan perusahaan. Apakah bersedia melayani anda 1 x 24 jam secara kontiniu. Apakah layanan mereka mudah diakses dan berapa harga yang ditawarkan berbanding lurus dengan kualitas keamanan lingkungan tempat anda mendirikan kantor atau meletakan data situs di server mereka. Di artikel lain dalam situs ini  anda dapat melihat beberapa yang kami rekomendasikan atau silahkan anda mencari rujukan di alamat situs lain. Dan untuk lebih mudahnya anda tanyakan kepada seorang guide bernama google. Dia memiliki banyak referensi tentang banyak hal yang anda butuhkan.
Beriklan adalah cara yang tepat bagaimana agar perusahaan atau situs blog anda cepat dikenal banyak orang. Iklan online tentu lebih efisien karena anda akan membayar hanya jika iklan anda di lihat oleh jumlah pengunjung yang besar misalnya CPM atau jika iklan anda di kunjungi orang misalnya CPC. Beriklan di perusahaan iklan yang aman dan menjamin tidak ada penipuan sehingga anda tidak dirugikan secara materi. Misalnya beriklan di google ads, facebook.com,twitter,linkedin. Harga yang anda bayarkan adalah nilai kualitas dari hasil iklan yang mereka tayangkan. Apalagi google memiliki nilai arus balik. Jika anda mengikuti program adsense sebagai publisher, setidaknya pendapatan adsense anda dapat menutupi biaya belanja iklan di situs mereka.jika anda memiliki kekayaan yang besar mungkin televisi nasional adalah tempat yang tepat untuk media iklan anda.
Kemudian jika situs anda telah tumbuh menjadi situs besar bukan hal yang tidak mungkin jika anda benar-benar mendirikan sebuah badan usaha yang merujuk pada domain situs anda. Lihat bagaimana google.com yang kemudian menjadi google inc atau facebook.com yang menjadi facebook inc. sebelumnya mereka bukanlah suatu badan usaha dan sekarang justru menjadi perusahaan raksasa (holding company).
Mengembangkan sebuah tradisi kerja berorganisasi. Mulailah merekrut karyawan jika anda mulai sibuk untuk mencari ide creative untuk terus mengembangkan perusahaan atau situs blog anda. Mungkin anda butuh seorang tenaga admin atau penulis artikel yang akan anda jadikan sebagai karyawan. Anda telah menjadi boss sekarang. Mulai sibuk dengan berbagai aktivitas meeting dan pelatihan-pelatihan rutin ( high mobility).
Anda mulai beranjak ke tempat yang lebih tinggi. Membuat perencanaan yang padat apakah itu perencanaan sebuah content atau perbaikan desain dan keamanan situs. Kebutuhan keuangan anda tentu lebih besar dan kuantitas iklan anda juga meningkat. Melakukan rapat internal bersama karyawan kecil anda untuk melakukan riset dan sebagainya.
Mulai berencana untuk memiliki polis asuransi perusahaan. Mengamankan berbagai asset dengan mendaftar di perusahaan asuransi adalah hal yang sangat penting untuk menjamin masa depan anda terhadap kemungkinan resiko. Dengan asuransi berkebutuhan khusus mungkin saja dapat mengansuransikan situs anda terhadap kemungkinan resiko kehilangan asset tersebut. Artikel lain kami akan membahas dan memberi rujukan tentang berbagai perusahaan asuransi skala nasional bahkan internasional. tetapi kami tidak dapat menjamin apakah perusahaan tersebut dapat menangani polis asuransi website. Yang pasti beberapa asset pendukungnya tentu dapat diasuransikan terutama kesehatan anda dalam berkerja sebagai blogger.
Berarti bukan mustahil jika suatu saat blog atau website anda  akan diakuisisi oleh situs besar dan anda akan menjadi orang kaya baru di dunia nyata. Sama halnya sebuah perusahaan seperti perseroan terbatas (PT)  yang di akuisisi atau merger dengan perusahaan raksasa yang mapan. Website kecil anda dahulu kini memiliki modal atau mendapat dana investasi yang besar dan wajah situs anda kemudian berubah lebih maju.
Kesimpulannya adalah menjadi blogger bukanlah profesi penganguran seperti kebanyakan orang menilai atau hanya layak sebagai pekerjaan sampingan. Tetapi profesi blogger adalah sebuah profesi seorang professional. Bahwa tidak dapat diingkari profesi blogger berpotensi menjadi pengusaha ventura. Bloging adalah aktivitas yang menuntut disiplin tinggi dan tujuan yang terstuktur serta termanajerial dengan baik.
Bercermin kepada yang sedang trend di televisi saat ini. Siapa lagi kali bukan ahmad zaky pendiri bukalapak.com. bagaimana ketika dengan penampilan dan gaya sragen yang sangat sederhana dalam sebuah acara talkshow di metrotv, ketika tidak dianggap siapa-siapa kemudian menjadi siapa?.
Mulai dari sekarang untuk memiliki mental pengendali perusahaan dalam mengelola sebuah situs atau menjadi seorang blogger. Pertama-tama ini berlaku untuk kami pengelola Altavesia.com. kami berada di pinggiran kota kecil disalah satu propinsi di Indonesia yaitu Bengkulu. Sebelumnya kami menggunakan domain servantindonesia.com kemudian choconet.com dan sekarang adalah http://www.asia.co.id keterbatasan kami adalah belum tersedianya jaringan wifi dan sumberdaya yang sangat terbatas.





Jumlah trafik yang terus tumbuh adalah tujuan sebuah situs web bagaimana ia dibangun. Sebuah website yang powerfull dan dengan konten yang menarik tidak memiliki nilai tanpa kunjungan. Berbagai upaya baik dengan teknik SEO maupun iklan dilakukan untuk meningkatkan trafik agar terus tumbuh dan berkembang dengan baik. Cara SEO meskipun sangat efektif dan efisien dari sisi biaya promosi ternyata terkadang dapat menurunkan trafik. Website yang lama tidak di update dan pencurian artikel yang bernilai SEO tinggi adalah penyebabnya. Artikel yang berkualitas tinggi dengan trafik tinggi tentu menjadi sasaran pencurian atau duplikasi. Sehingga hanya member beberapa sentuhan pada artikel tersebut kemudian ditayangkan pada situs yang berbeda akan dapat mempengaruhi peringkat pada mesin pencari. Agar statistic kunjungan sebuah website tetap tumbuh dengan stabilitas tinggi dan pemilik website dapat memprediksi pertumbuhan kunjungan setiap waktu dan memproyeksikan target pertumbuhan yang tepat. Dengan demikian target-target tujuan sebuah website dibangun dari sisi bisnis adalah nilai pendapatan yang akan diperolehnya. Selain dengan teknik iklan dan SEO sebagai teknik promosi teknik-teknik lain pun digunakan demi mencapai target-target pertumbuhan website tersebut. Karena secara tegas dan jelas dampaknya adalah fitback dari website adalah menghasilkan uang. Apakah sekedar menutupi biaya operasional atau target nilai kekayaan.

Beberapa cara yang dimaksud di atas antara lain mengkoneksikan antara website dengan berbagai jejaring sosial. Karena jejaring sosial selain mudah juga gratis. Tetapi tidak sungguh-sungguh gratis. Karena dari sisi bisnis biaya layanan data adalah sebuah cost yang harus memperoleh nilai pengembalian. Sehingga memanfaatkan jejaring sosial dengan efektif adalah salah satu keharusan dari sisi bisnis. Berapa layanan data yang harus kita bayar harus sesuai dengan seberapa besar keuntungan ekonomi yang diperoleh.

Menggunakan fasilitas plugin yang dapat melakukan pembagian data publikasi secara otomatis ke beberapa jejaring sosial seperti ke halaman facebook adalah cara yang tepat bagaimana agar website dikenal orang dan memiliki potensi kunjungan yang besar. Tetapi meningkatkan konektivitas yang tinggi dari halaman facebook juga bukan cara yang mudah. Padahal hasil publikasi artikel ke halaman facebook tersebut hanya ditayang ke internal terbatas yakni sesama anggota group. Berarti meningkat kunjungan facebook agar potensi kunjungan ke halaman meningkat juga menjadi prioritas utama.  Menjalin sebanyak-banyaknya pertemanan agar potensi kunjungan ke halaman atau mengiklankan halaman facebook ke penyedia layanan iklan yakni facebook itu sendiri adalah penting. Kembali kepada betapa rumitnya pekerjaan dan menguras energy dan biaya ekonomi yang tinggi. Kemudian bagaimana mengintegrasikan arus timbale balik antara halaman facebook dengan website adalah dengan dukungan plugin. Sehingga potensi kunjungan ke halaman facebook meningkat dan sebaliknya potensi kunjungan ke website juga meningkat.

Salah satu plugin yang dimaksud adalah plugin facebook fanbox popup. Dengan plugin ini setiap pengunjung yang mengunjungi website akan melihat tampilan popup halaman facebook anda. Artinya potensi klik “suka” pada halaman facebook akan berpotensi pada meningkatnya kunjungan ke halaman facebook anda dan sebaliknya setiap publikasi artikel terbaru yang dibagikan secara otomatis ke halaman facebook berpotensi untuk dibaca lebih banyak orang.

Buat bagaimana agar seluruh upaya untuk meningkatkan trafik kunjungan ke website semakin besar dengan plugin ini. Caranya adalah kunjungan situs resmi wordpress.org dan unduh plugin tersebut kemudian install atau dapat menginstallnya langsung dari direktori dashboard website anda.

1.       Unduh plugin facebook fanbox popup versi 3.94.  https://id.wordpress.org/plugins/facebook-fanbox-popup/
2.       Simpan di direktori komputer anda
3.       Masuk ke dashboard website anda yang berbasis wordpress
4.       Masuk ke menu install plugin dan sorot kolom upload
5.       Buka direktori komputer dan ambil plugin yang telah anda unduh dan upload
6.       Aktifkan dan lakukan berbagai setelan yang dibutuhkan.

Atau dengan cara menginstall langsung dari direktori dashboard anda. Beberapa plugin popup sejenis juga tersedia dan anda dapat menggunakan mana saja yang mudah menurut anda, antara lain :

Facebook Page Promoter Lightbox

Description: fb lightbox wp
Facebook Page Promote Lightbox ini memungkinkan pengunjung untuk lebih mengetahui halaman facebook pemilik website. Plugin ini bisa menampilkan lightbox pada saat website pertama di load atau bisa juga dengan waktu delay beberapa detik.
Facebook Traffic Pop
Description: traffic-pop
Facebook Traffic Pop mendorong pengunjung Anda untuk menyukai Anda. Anda memiliki pilihan untuk mengunci halaman. Alat ini bisa berfungsi juga untuk perangkat mobile.












Berbicara bisnis diera masyarakat ekonomi asean (MEA) adalah berbicara pertumbuhan yang diukur dari nilai efisiensi. Indonesia telah masuk pada era MEA dan menurut founder partai Nasdem bapak Surya Paloh bahwa sekarang sama sekali tidak tersedia ruang negosiasi apakah Indonesia akan sepakat atau tidak turut menjadi peserta dalam program MEA. Saat ini Indonesia telah benar-benar masuk dan berdiri sama tinggi dalam MEA. Yang menjadi pertanyaan adalah sejauh mana masyarakat Indonesia siap dalam melakukan usaha bisnis dalam era MEA.

Indonesia memiliki segala sumber daya alam yang dapat dijadikan tumpuan daya saing ekonomi. Tetapi jika sumber daya manusia (SDM)nya rendah tentu Indonesia hanya akan menjadi ladang subur tempat Negara lain bercocok tanam dalam segala lini bisnis. Dan mayarakat pribumi akan kembali menjadi buruh-buruh rendahan seperti era penjajahan atau era kapitalis. Yang menjadikan sikap pesimin adalah mental para pemuda Indonesia yang sebagian besar masih fanatic terhadap hal-hal yang bersimbol asing. Seperti penggunaan merek-merek barang elektronik dan sebagainya. Padahal tidak dapat dibantah pemuda Indonesia banyak yang memiliki kemampuan akademik sangat baik untuk menciptakan beragam produk digital dan sebagainya. Tetapi mental korupsionic para pemangku jabatan menjadikan daya guna putra-putra terbaik Negara ini tidak terakomodir dan sebagai tindakan atas ke tidak benaran tersebut mereka memilih mengembangkan bakat keilmuannya ke Negara lain. Kalaupun mereka berkarya di dalam negeri , mereka tidak berdiri sendiri tetapi menompang perahu perusahaan asing.

Sebenarnya sangat banyak produk-produk dalam negeri dengan merek dagang dalam negeri dengan kualitas yang bahkan mungkin lebih baik dari produk asing. Khususnya dunia digital, berbagai merek dan varian alat telekomunikasi seperi telepon seluler, komputer dan bahkan aplikasinya adalah buatan anak bangsa. Tetapi citra high style yang terlanjur menjadi candu bagi mental sebagian besar bangsa Indonesia menjadikan penggunaan merek-merek dalam negeri seperti anak tiri dalam pasungan. Padahal jika ada edukasi yang bersifat kontiniu dan sporadic tentang penggunaan alat-alat digital buatan Indonesia tentu merek-merek dagang tersebut akan menjadi lambing kebanggaan yang sangat tinggi. Terbukti untuk alutsista. Indonesia bahkan mampu mengekspor hingga ke Negara Mali. Artinya dunia mengakui kualitas fungsi dari buatan Indonesia.

Khususnya menyoroti produk telepon seluler dan sejenisnya. Beberapa produk dengan bermacam merek dalam negeri jika benar-benar kita kita periksa masih sangat sulit untuk menemukan telepon seluler dengan “buatan Indonesia “. Sementara telepon seluler yang ada di pasaran Indonesia dengan kualitas dan fungsi yang sama dengan merek-merek besar rata-rata adalah buatan “ China”. Mengapa China mampu menjual telepon seluler dengan kualitas baik tetapi harga murah. Karena di Negara tersebut produk telepon seluler maupun komputer telah menjadi produk home industry. Sepertinya hal ini belum terjadi di Indonesia.

Kembali ketopik di atas. Rilis beberapa berita di situs-situs internet bahwa kemungkinan besar China akan fokus membuka layanan online shop di Indonesia. Sudah dapat diprediksi. Layanan mereka tentu akan sangat jauh lebih baik dan kompetisi harga yang mereka tawarkan jauh lebih murah. Kemudian didukung dengan teknologi internet yang super canggih dan investasi yang sangat besar. Dapat diperhitungkan akan berada di posisi berapa Indonesia berada. Sementara masyarakat telah terhipnotis dengan sangat baik sebagai konsumen dengan berbagai doktrin.

Maka yang harus segera disadari adalah putra-putra Indonesia bersatu untuk membuat sesuatu apakah sebuah perusahaan layanan internet berserta perangkat-perangkat pendukungnya. Membuat merek telepon seluler yang seluruh komponen perangkat keras (hardware) dan perangkat lunaknya (software) buatan sendiri dan memiliki patent sendiri. Jangan malu jika usaha tersebut berbasis UKM yang mendapat dukungan penuh dari pemerintah tanpa melibatkan oknum korupsionic. Membuat system birokrasi yang mudah untuk anak-anak bangsa. Investasi harus dibangun dari dalam bukan mengundang konglongmerat asing dengan member fasilitas kemudahan dalam perizinan. Itu sama saja dengan menyuntikan zat-zat aditif kepada anak bangsa agar bisnisnya mati perlahan-lahan tanpa pembunuhnya merasa dibebani dosa.

Mari lihat kabar terbaru tentang rencana pembukaan kantor cabang baru eBay di Jakarta yang mewakili Indonesia . artinya struktur kemandirian online shop buatan anak-anak Indonesia yang masih sangat rapuh dan tidak memiliki ikatan manajement yang kuat tentu akan tergerus habis dan mati bersama impian mereka. Indonesia memiliki kebanggaan terhadap bukalapak.com . tetapi buka lapak hanya gurem di tengah sekam jika diukur dari betapa besarnya Indonesia dan lulusan sekolah-sekolah bisnis terbaik dan para lulusan sekolah intrepreneur yang ada di Negara ini.

Bahwa online shop akan menjadi tren bisnis di era MEA adalah sebuah fakta. Dan beberapa hal telah dilakukan bahwa tender sebuah proyek pun dilakukan secara online layaknya online shop. Dengan online shop siapa pun pelaku usaha tersebut dapat berdagang dengan potensi pasar yang luas dan lintas batas. Mereka mendapatkan profit dari banyak sudut. Bahkan dari layanan server itu sendiri. Sementara sebagian sangat besar dari penduduk Indonesia akan menghabiskan kekayaannya yang terbatas untuk membayar biaya layanan data apakah melalui aplikasi android dan lainnya. Kemana serpihan-serpihan uang receh tersebut mengalir?. Ke China, Malaysia,Singapura dan kenegara-negara lain yang menyediakan layanan server yang mungkin sekaligus sebagai pemilik online shop raksasa seperti amazone.com .
Beberapa pelaku bisnis perorangan juga tergerak membuka berbagai toko online berbasi jejaring sosial seperti facebook. Setidaknya kita selangkah bersyukur atas kemauan mereka memanfaatkan teknologi untuk efisiensi bisnis UKM tersebut. Tetapi sitem transaksi per aksi secara tidak sadar telah menguras sebagian sumber daya kekayaan mereka yakni berapa biaya yang harus dibayarkan kepada facebook setiap mili detiknya.

Coba jika seluruh online shop yang khusus milik putra-putra Indonesia bersatu padu membuat sebuah badan usaha yang menyediakan seluruh perangkat sendiri kemudian menggunakannya secara bersama-sama. Diakhir perhitungn seluruh keuntungan bersih dari jasa sewa server atau yang berkaitan dengan itu dibagi kepada seluruh yang tegabung didalamnya sebagai bentuk dividen. Tentu sirkulasi uang yang beredar akan tetap berada dalam satu lingkaran yang akan tumbuh semakin besar. Tetapi siapa yang akan memotori ini. Sementara pendidikan intrepreneurship baru menyentuh di wilayah kota-kota besar. Maka dinas-dinas pemerintah terkait harus segera meninggalkan meja aman di kantornya dan turun ke jalan member pendidikan-pendidkan bisnis yang kuat dan akurat. Jangan sampai setelah menyelesaikan pendidikan hanya dipersiapkan untuk menjadi kacung pada perusahaan-perusahaan teknologi asing bahkan dengan posisi yang tidak penting.

Indonesia memiliki kaskus.com, indonetwork,dan sejenisnya. Tetapi masyarakat masih lebih melek facebook  atau blackberry messenger secara fanatik . bahkan untuk wilayah-wilayah tingkat kabupaten dan propinsi di luar jawa masih asing dengan kaskus sebagai karya anak bangsa.

Interaksi bisnis global dan perkembangan tren online shop adalah salah satu tulang rusuk perekonomian Indonesia. Produk digital dan perangkat lunak juga demikian. Apalagi isu yang telah santer beredar bahwa Indonesia adalah lahan yang sangat berpotensi untuk pembangunan dan perkembangan “ silicon valley”. Sedikit saja bangsa ini lengah tentang potensi dan tren online shop dalam MEA maka Indonesia hanya akan menjadi tempat pembuangan akhir (TPA) produk asing. Sementara kita memiliki potensi dan mampu berbuat lebih baik. Indonesia memiliki perkebunan dan sumber energy yang besar serta potensi sumber daya manusia dengan kecerdasan dan ide-ide besar. Indonesia memiliki jutaan habibi muda serta Indonesia juga memiliki jutaan Djoyohadikusumo yang mampu berdiri anggun di tengah medan bisnis. Padahal online shop di era MEA adalah gagasan kecil tetapi member dampak kehidupan yang kuat dan strategis.






Berbicara tentang profesi akan merujuk kepada kehormatan dan menilai serta menempatkan seseorang pada kelas sosialnya. Relative !.
Baik, setiap wadah yang menjadi lingkungan sosialnya tentu memiliki tingkat relativitas yang bisa saja sedikit berbeda dan bisa saja memiliki perbedaan yang sangat jauh atau mencolok dan justru menjadi standar-standar yang kuat dan baku. Profesi sebagai prajurit militer akan merujuk kepada kepangkatan dan kemudian strata jabatan dalam lingkungan militer. Dan ini terkadang sudah sangat lazim berpengaruh diluar institusinya. Ketakziman ditunjukan bagaimana sikap yang baku golongan tamtama terhadap segolongannya mengenai tingkat kepangkatan. Demikian juga golongan bintara  maupun perwira.. kemudian golongan tamtama terhadap bintara dan tamtama terhadap perwira atau bintara terhadap golongan perwira. Belum lagi jabatan yang sedang diembannya apakah  sebagai komandan regu atau komandan kompi . apakah sebagai panglima bukan perwira bukan panglima. Tentu profesi ini memiliki kehormatan dan status social kedalam. Namun sudah menjadi tradisi bahwa kehormatan dari profesi mereka menjelajah ke luar. Dalam hal ini tentu kita tidak akan menempatkan kehormatan dan status sosial dalam lingkup profesi yang sempit. Tapi sudah pada tahap bernegara sebagai ekosistemnya. Maka ada kelas militer sebagai golongan dan status sosial yang dianggap lebih tinggi dari masyarakat non militer. Ini berlaku umum di Indonesia misalnya, tetapi mungkin tidak berlaku di Negara lain.
Di satu Negara misalnya Indonesia, tentu setiap daerah memiliki ke-khas-an masing masing tentang kelas sosial . kemudian status sosial sebagai golongan pegawai negeri sipil dianggap lebih tinggi di banding petani meskipun PNS golongan paling bawah dengan penghasilan berupa gaji yang sangat rendah. Di tempat lain mungkin pegawai perusahaan dengan jabatan sebagai menejer atau direktur dianggap lebih tinggi disbanding dengan pegawai negeri sipil. Sehingga kadang-kadang seseorang atau segolongan orang melupakan eksistensinya dengan mengorbankan berbagai landasan etika untuk memenuhi hasrat status sosial di sekitarnya. Padahal itu belum tentu berlaku umum atau tidak berlaku di tempat lain.
Status sosial juga dapat dilihat dari sisi pendapatan pada suatu wilayah. Dan rasanya ini lebih adil. Kemudian kebutuhan sekundernya telah menjadi primer dan kebutuhan tertiernya telah menjadi kebutuhan sekunder. Misalnya kepemilikian kendaraan dengan tipe dan merek serta standar harga tertentu. Kepemilikan kendaraan limit edition adalah salah satu lambangnya. Apakah seseorang memiliki lebih dari satu mobil dengan merek tertentu misalnya Cadillac, Lamborghini,Ferrari marcedes benz atau hanya mobil dengan merek pasaran yang murah meriah. Apakah seseorang memiliki villa atau bungalow di puncak atau hanya tinggal di pemukiman prestisius dalam komplek di tengah perkotaan yang sempit. Atau apakah seseorang memiliki sebuah jet pribadi.
Dari hal lain. Sumber penghasilan juga melambangkan citra sebuah kelas sosial. Seseorang yang memiliki sumber penghasilan dari gaji sebagai pegawai negeri sipil tentu tidak akan lebih tinggi strata sosialnya dari para pemilik saham-saham perusahaan besar. Seseorang yang memiliki sebuah mobil seharga RP.500 juta dengan profesi hanya sebagai pegawai negeri sipil tentu tempat duduknya tidak akan sama dengan orang yang memiliki mobil denga merek dan haraga yang sama yang berprofesi sebagai pemegang saham perusahaan.
Kemudian profesi seorang penulis artikel atau seorang blogger. Ini adalah sebuah profesi yang tidak dianggap profesi untuk sebagian besar orang. Mereka dianggap tidak memiliki status sosial dari segi pekerjaan. Padahal di era digital yang membutuhkan akses serba cepat dan efisien ini adalah profesi dan sangat layak mendapat konpensasi kehormatan sosial. Mereka telah memudahkan banyak orang tentang kebutuhan informasi. Mereka kadang-kadang menjadi guru private untuk banyak orang tanpa mereka sadari. Dan yang terpenting mereka bisa memperoleh nilai penghasilan yang jauh lebih besar dari hanya seorang pegawai negeri sipil atau militer.
Sangat jelas dan tegas bahwa meskipun dari zaman yang kurang menyenangkan menulis artikel atau sebagai blogger tidak dianggap profesi, perlu di tkenkan lagi bahwa menjadi penulis artikel atau blogger adalah profesi yang mahal dan memiliki kelas sosial yang kuat. Tentu anda yang mendedikasikan kepada profesi blogger atau sejenisnya harus memiliki konfidensi yang dapat membuktikan bahwa kelas sosial anda sama tingginya atau bahkan lebih tinggi bukan hanya ke dalam ( sesama blogger) tapi juga ke luar.
Kedepan mungkin departemen dalam negeri akan mempertimbangkan sebuah profesi khusus untuk para blogger dalam mengisi kolom pekerjaan. Sehingga Negara mengetahui profesi sebenarnya per masing-masing individu. Meskipun tidak mencakup semua profesi pekerjaan. Misalnya tidak akan tersedia kolom perkerjaan saat mengurus KTP denga profesi pekerjaan sebagai penjudi atau pekerjaan terlarang lainnya. Sehingga pekerjaan sebagai wiraswasta adalah pengganti yang dianggap mewakili profesi pekerjaan seseorang. Akann sangat berbeda dengan profesi petani,pedagang atau pegawai negeri yang telah disediakan pilihan khusus.
Penulis artikel, bahkan sekarang telah memiliki berbagai wadah untuk menjual keahliannya. Misalnya sribulancer.com. penulis artikel professional dapat mengambil berbagai penawaran untuk memenuhi permintaan bebagai situs untuk membuat artikel yang akan disiarkan di situs mereka. Memiliki penghasilan?, jawababnya adalah ya !. seseorang yang berkerja sebagai fasilitator pernah mengatakan kepada kami bahwa pekerjaan sebagai penulis arikel adalah profesi yang tidak terukur atau dengan penghasilan tidak pasti. Mungkin benar, mungkin juga salah jika menurut pendapat kami dengan membandingkan berbagai profesi lain misalnya berniaga atau buruh. Menjadi penulis artikel tentu bisa saja sama dengan pedagang yang akan menjual kemampuannya dalam memenuhi permintaan pasar atau pembeli (customer). Bagaimana jika menjadi blogger?, menjadi blogger juga hampir sama. Mengapa?.mereka atau anda harus mendisiplinkan diri dengan segala hal. Berkerja untuk menyajikan sesuatu yang memiliki nilai jual atau memahami market. Blogger yang berhasil mengedepankan kualitasnya sehingga menjadi rujukan banyak orang tentu akan memiliki nilai penghasilan yang sangat fantastis. Anda yang memiliki situs sama saja dengan toko yang ramai pengunjung meskipun situs anda bukan kategori toko online. Atau anda memiliki panggung pertunjukan atau showroom atau munkin taman bermain yang disukai banyak orang. Di sekitarnya anda bisa menjual berbagai hal. Produk atau apapun yang dapat mengalirkan arus pendapatan. Seperti sebuah taman yang menyediakan space iklan untuk disewakan. Apakah iklan yang langsung kepada anda sendiri atau iklan pihak ketiga melalui program affiliasi. Internet tentu memberi kemudahan dan budget yang lebih rendah dalam hal sewa menyewa ruang iklan. Berkerja sama denga penyedia layanan ikalan PPC seperti chitika.com atau yang kalau yang paling trend adalah adsense milik google. Potensi pendapatan anda akan sangat besar sebanding dengan kerja keras anda dengan disiplin dan bertanggung jawab.
Kemudian apa yang menjadikan profesi blogger atau menulis content di website masih dianggap bukan profesi yang menjanjikan potensi penghasilan lebih besar?. Tergantung bagaimana anda berpendapat !, apakah pekerjaan ini akan menjadi pekerjaan sampingan anda atau menjadikan sebagai pekerjaan utama. Pada artikel lain kami akan membahas tentang berprofesi sebagai blogger sama denga profesi sebagai pengusaha dengan perusahaanya dan segala seluk-beluk manajemen dan aspek-aspek pendukungnya.
Kesimpulannya adalah jelas. profesi sebagai writer online atau sebagai blogger, sebagai pengelola website atau sebagai publisher Misal,google adsense adalah pekerjaan yang memiliki kehormatan dan nilai status sosial yang diperhitungkan. Blogger tidak akan sama dengan pengangguran yang dianggap sampah masyrakat atau beban sosial Negara. Pekerja online sebagai blogger adalah sebuah dedikasi dan pilihan yang secara terang-terangan adalah pekerja yang super sibuk, penuh disiplin dan membanggakan. Memiliki strata sosial bukan hanya sesama blogger tetapi juga di luar ekosistemnya ( blogger).blogger adalah pemilik sebuah perusahaan ,pemegang otorisasi dan wiraswasta professional.







Kembali berbicara tentang kopi adalah berbicara tentang persepsi dari sudut pandang bisnis dan aspek-aspek yang membentuk lajur tren spesifik tentang sebuah produk kopi. Bahwa secara garis besar berbisnis tentang kopi adalah menentukan rencana dasar apakah bisnis akan dibangun berdasar tren yang sudah berkembang,melawan arus atau menciptakan tren sendiri.apakah semata-mata menjadi pedagang kopi dengan menentukan target profit berdasar hitungan matematika atau sebagai bisnis tren yang memotivasi dengan target tidak hanya sekedar pada nilai profit, tetapi lebih dari pada itu yaitu menjual citra.
Hasil survey yang dilakukan juga memiliki metode yang berbeda dan target waktu untuk mengambil keputusan serta biaya yang harus dikorbankan juga berbeda. Membangun citra tentang sebuah produk yang memiliki target premium tentu rentang waktu, uji coba produk,dan hal-hal lainnya jauh lebih sulit karena tidak sekedar meletakkan pada akurasi hitungan data. Berbagai kemungkinan terjadi dan tantangan marketnya juga berbeda. Saat kopi luwak kemudian menjadi tren sehingga variasi harga penawaran yang sangat fantastis yang tidak lagi dihitung menggunakan rumus umum seperti harga pokok produksi untuk mementukan harga pokok penjualan bukanlah lahir secara serta merta. Berbagai riset dan menentukan spesifikasi khas dari rasa tersebut serta membangun citra kopi luwak juga membutuhkan waktu yang sangat panjang dan berliku, dari persepsi ini adalah produsen bukan sekedar menjadi pedagang kopi, tetapi sebagai pedagang kopi berdasarkan citra atau tren.
Kopi redjang juga melakukan berbagai survey kepada para penikmat kopi dari mulai kalangan masyarakat bawah. Beragam persepsi tentang kopi akan terlihat, mereka yang mengkonsumsi kopi tetapi tidak mengenal kopi secara utuh mereka adalah target pasar dari para pedagang kopi yang terlibat di pasar perekonomian. Penilaian mereka tentang rasa sebuah kopi tidak benar-benar muncul dari kualitas rasa kopi tetapi dari alam bawah sadar yang disuntik tentang merek tertentu secara terus-menerus. Sehingga sangat wajar jika para pengkonsumsi kopi belum tentu seorang penikmat kopi bahkan pecinta kopi. Persepsi umum tentang kopi hitam adalah setiap bubuk yang berwarna hitam dan beraroma kopi adalah kopi. Meskipun persepsi tersebut tidak sepenuhnya salah. Pada tingkat kelompok ini, mereka adalah pengkonsumsi kopi. Mereka tidak peduli seperti apa bahan baku kopi tersebut, apa manfaatnya dan apakah ini memberi gambaran tentang gaya hidup seseorang. Meskipun pujian enak atau tidak itu adalah hal yang relative. Tetapi relative juga memiliki batas kelas dan tingkat spesifikasi.
Kemudian adalah mereka yang masuk pada kelompok kedua adalah mereka pengkonsumsi kopi sekaligus penikmat kopi. Indra penciuman dan pengecapan mereka tentu juga berbeda dengan kelompok yang pertama. Mereka telah memahami karakter khas tentang sebuah rasa. Panca indera mereka peka terhadap apa yang diterimanya. Ketika mereka memuji sesuatu mereka memuji dengan pengetahuan yang cukup dan bersedia memberi kritik denga jalan keluar yang baik.
Selanjutnya adalah mereka yang masuk kelompok premium. Ini adalah kelompok pecinta. Mereka mengkonsumsi dan menikmati dengan cinta. Indera bathin mereka sangat sensitive ketika seseorang menyinggung tentang apa yang dicintai apakah itu sebentuk pujian atau sebaliknya. Pada kelas ini cinta mereka bukan fanatic buta yang terbentuk dari dorongan emosional, tetapi lahir dari kesadaran yang amat lemah lembut. Pengetahuan dan pengakuan mereka bukan tercipta dari sebuah doktrin yang dipaksakan. Dan mereka bukanlah target dari pedagang kopi secara umum. Dan harga yang tidak rasional berdasarkan rumus bukan alasan untuk mereka mengkalkulasi ulang tentang apakah cintanya akan ditangguhkan. Pada tingkat mereka, kontribusinya bukan sekedar sebagai penikmat pasif. Tetapi justru jauh lebih peduli untuk menilai karakter detil dari kopi yang dicintainya.
Kembali kepada persepsi, kopi redjang melakukan penawaran ini kepada calon konsumen dan memulainya dari kelompok pengkonsumsi kopi, sebagian besar mereka menilai sesuatu dan mengambil keputusan berdasarkan tren yang dibentuk dengan slogan-slogan yang sangat kuat dan padat.
Sebagai ilustrasi, di beberapa kesempatan termasuk di Jakarta kami membawa kopi bubuk yang menurut hemat kami berdasarkan pengakuan lisan mereka mereka adalah penikmat kopi dari kalangan masyarakat menengah. Untuk menguji produk kami berdasarkan penilaian mereka bahwa sebaiknya produk ini dari sisi tekstur,kualitas rasa dan aroma layak mendapat penilain seperti apa dan jika disejajarkan dengan produk yang telah menjadi tren saat ini sebaiknya seperti apa, jawaban spesifiknya juga masih belum tegas. Sehingga kami tidak dapat memutuskan berdasar tren, produk kami akan menjadi objek bisnis atau sekedar objek pasar. Beberapa dari mereka adah para consultant bisnis professional ternama yang mengaku sebagai pecinta kopi ternyata sudut padang mereka masih berkutat pada teori HPP.
Dengan ragam persepsi yang kami catat sebagai acuan kami berkesimpulan sementara bahwa produk dari daerah kami ternyata belum bisa memperbaiki perekonomian daerah penghasilnya. Kesimpulan kami juga adalah bahwa teori para konsultan bisnis tidak lebih dari sekedar mengarahkan produk kopi dari dataran tinggi tanah suku rejang kabupaten kepahiang propinsi Bengkulu hanya layak sebagai objek pasar. Akhirnya impian masyarakat yang sebahagian dititipkan pada kami belum mampu kami wujudkan saat ini. Bahwa hal penting lainnya adalah rekomendasi dari seorang Q-Grader sekalipun belum mampu mengubah persepsi para konsultan bisnis yang kami anggap jauh lebih faham kemana sebaiknya produk ini dipasarkan. Kesimpulan akhir adalah biaya riset yang sangat mahal,biaya survey kualitas rasa dan cita rasa khas yang sangat mahal dengan tujuan mulia dari para konseptor kepahiang selalu terganjal untuk mewujudkannya.
Tetapi kami sangat berharap kami dapat menemukan orang-orang yang tepat untuk membantu kami.agar kami menemukan pecinta kopi sejati yang dapat membantu memuliakan para petani kepahiang,mensejahterakannya.karena pecinta kopi adalah mereka yang sadar secara indrawi,secara bathiniah dari mana dan seperti apa perjalanan secangkir kopi yang dia nikmati. Mereka fanatic secara sadar bahwa kenikmatan lahir dari sejuta jerih payah, sehingga mereka menjunjung tinggi dan menghormati jerih payah para petani kopi. Mereka menjadi sahabat dekat para petani ketika petani melakukan sebuah kesalahan yang mungkin dianggap tidak terlalu penting oleh sebagian besar orang. Pecinta kopi adalah penasehat karib terindah bagi petani kopi agar kualitas kopi yang mereka hasilkan menjadi sangat premium agar tidak ada kesempatan sedikitpun untuk memberi noda pada cinta mereka. Sehingga penghargaan para pecinta kopi adalah penghargaan penuh kepada alam dan pengelolanya dan untuk memberikan imbalan moril dan materil tidak sekedar pada landasan kalkulasi teori bisnis pedagang asongan.  Kami tulis ini di Jakarta pada pukul 00.58 wib/22-06-16 di akhir perjalanan survey dan ketika ternyata konsultan bisnis tempat kami berkonsultasi hanya berorientasi pada ekonomi terbatas , bukan seperti apa yang kami harapkan. Besok kami akan kembali ke Bengkulu dan tetap bermimpi untuk tidak menjadikan kopi dari dataran tinggi tanah suku rejang sekedar sebagai objek pasar. Tetapi, harus menjadi salah satu objek bisnis. Agar petani kami sejahtera dan mulia.




Universitas harvard adalah sebuah lembaga pendidikan impian banyak orang. Siapa pun dia akan menjadi sangat bangga memperoleh gelar akademi dari universitas harvard. Tidak banyak yang memperoleh kesempatan untuk mendapatkan gelar kehormatan dari sebuah universitas ternama tingkat dunia itu. Hanya sedikit dari kebanyakan pelajar indonesia yang bisa kuliah di universitas harvard. Apalagi untuk memperoleh gelar strata tertinggi dari universitas dunia bernama harvard. Kesempatan itu ternyata milik salah satu tokoh dari propinsi bengkulu Bando Amin C. kader. Adalah sebuah kehormatan bagi dunia pendidikan di propinsi bengkulu khususnya salah satu universitas swasta ternama di propinsi bengkulu, yaitu universitas dehasen bengkulu.

Bando Amin C. Kader. siapa warga bengkulu yang tidak mengenal tokoh politik lokal yang sempat menjadi anggota legislatif senayan jakarta. Kesuksesannya dalam berpolitik menjadikannya seorang kepala daerah tingkat dua (Bupati) selama 2 periode. Sejak pembagian wilayah daerah kabupaten rejang lebong menjadi dua dan terbentuk kabupaten kepahiang dibawah kepemimpinan bando amin c. Kader kepahiang tumbuh menjadi kabupaten baru yang pesat secara ekonomi dan pembangunan infrastrukturnya. Bando Amin C. Kader bukan seorang orator politik yang suka berpura – pura. Kebiasannya gaya bicaranya yang spesial membuat Bando Amin C. Kader sebagai pemimpin daerah yang terus didambakan sebagian besar masyarakat kabupaten kepahiang. Ketika tahun politik baru akan dimulai dan Bando Amin C. Kader  menjadi salah satu penasehat di partai perindo bentukan Hary tanoe soedibjo boss MNC Grup membuat sebagian besar masyarakat kabupaten kepahiang kembali meletakkan harapan kepada Bando Amin C. Kader untuk kembali menjadi calon kepala daerah kabupaten kepahiang. Dr.Bando Amin C. Kader.,MM, dinilai sebagian besar masyarakat sebagai pemimpin yang mampu memberi sentuhan perubahan bagi pembangunan daerah kabupaten kepahiang. Seni berpolitiknya yang lebih mendekat kepada masyarakat di semua lapisan sosial membuat Bando Amin C. Kader sangat disukai dan disegani lawan dan kawan politiknya.

Sejak berakhirnya masa jabatan Bando Amin C. Kader sebagai kepala daerah kabupaten kepahiang setelah dua kali periode. Kabupaten kepahiang seperti kehilangan seorang pemimpin yang mampu memberi keceriaan dan sentuhan perubahan dalam pembangunan. Kabupaten kepahiang terasa berhenti dan kembali ke titik nol derajat. Itu sebabnya ketika terdengar Bando Amin C. Kader akan kembali mencalonkan diri menjadi kepala daerah dan bersedia untuk kembali mengabdikan ilmunya dengan jalan politik di kabupaten kepahiang, sebagian besar masyarakat sangat bergembira setelah pembagunan kabupaten kepahiang mengalami stagnasi di bawah kepemimpinan Dr. Hidayatullah Sjadid.

Tetapi kabar yang kurang menggembirakan adalah ketika Dr. Bando Amin C.Kader lulusan doktor universitas harvard yang memiliki banyak prestasi politik itu akhirnya ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi. Beberapa orang menduga ini adalah indikasi politik dan beberapa orang berpendapat sebaliknya.

Tetapi apabila kasus korupsi ini kemudian membuktikan bahwa Bando Amin C. Kader adalah pelaku korupsi seperti yang disangkakan. Maka ini akan menjadi tendensi buruk bagi popularitasnya sebagai politikus sukses dan semua gelar akademi yang dimilikinya.

Sementara jika ini ada kaitan karena Bando Amin C. Kader akan kembali mencalonkan diri sebagai kepala daerah di kawasan transit ekonomi segitiga emas ini. Maka, sangat jelas bahwa lawan politik praktisnya yang memang menginginkan agar kabuapten kepahiang tetap tenggelam perekonomiannya di masa depan. Pendapat tentang indikasi politik ini dilatarbelakangi oleh beberapa kasus sebelumnya. Beberapa politikus kabupaten kepahiang berusaha agar Bando Amin C. Kader gugur dari panggung politik. Dan kabupaten kepahiang akan dipimpin oleh politikus berlatarbelakang pedagang pasar yang tidak berpihak kepada kesejahteraan petani.

Kemungkinan lain adalah kasus sebagaimana yang sedang terjadi di negara malaysia sekarang ini. Bagaimana Dr. Anwar Ibrahim ditenggelamkan dari panggung politik dan harus mendekam dalam penjara hanya karena ide – ide besarnya yang memihak kepada masyarakat ekonomi lemah. Sepertinya Dr.Bando Amin C. Kader akan mengalami malam yang sama seperti yang dialami oleh tokoh perubahan malaysia Dr. Anwar Ibrahim. Ini akan menjadi sangat buruk bagi perkembangan politik, perkembangan sosial dan perkembangan ekonomi untuk kemajuan sebuah daerah atau negara.

Fakta yang terjadi saat ini adalah terasa berjaraknya antara pemerintah dan masyarakatnya. Potensi perekonomian daerah yang tidak tumbuh. Dan kepala daerah yang miskin dari ide – ide gemilang. Tidak ada pembangunan infrastruktur yang merata dan pembangunan ekonomi masyarakat yang hanya tersentralisir di kawasan tertentu dan hanya memeberi dampak kecil terhadap perubahan besar pembangunan secara menyeluruh.





Gunung berapi aktif di propinsi bengkulu dengan ketinggian puncaknya 1900 mdp ini oleh masyarakat sekitar lebih dikenal dengan “bukit kaba”. Tidak ada yang tahu persis asal usul nama bukit kaba itu. Memilki dua kawah yakni kawah mati dengan ciri air berwarna hijau terang dan kawah aktif yang mengeluarkan asap vulkanik secara terus menerus. Gunung yang berada di dataran tinggi tanah rejang ini memiliki banyak legenda mitos. Meskipun kebenarannya sulit dibuktikan secara ilmiah tetapi telah menjadi cerita turun temurun.

Gunung kaba adalah salah satu destinasi wisata propinsi bengkulu. Salah satu kekayaan alam yang sangat eksotis. Menurut salah satu pemandu wisata dari masyarakat setempat sejak tahun 1999 lalu telah dibuka akses jalan beraspal yang masih terlihat sisanya sampai hari ini untuk menuju puncak gunung. Tetapi sepertinya perhatian dari banyak pihak yang sangat rendah terhadap fungsi wisata dan fungsi ekonomi menjadikan infrastruktur yang telah dibangun tidak lagi dirawat dengan baik. Sehingga akses menuju ke puncak gunung kaba menjadi sangat sulit untuk dimanfaatkan. Saat ini jalan menuju puncak gunung kaba hanya dapat dilalui menggunakan kendaraan roda dua yang telah dimodifikasi. Jalan yang berbatu dan sangat berbahaya bagi pengendara menjadikan kawasan wisata gunung kaba akhirnya minim pengunjung. Sehingga dampaknya terasa bagi perkembangan ekowisata. Padahal jika potensi ekonomi dari kawasan wisata alam gunung kaba ini dikelola dengan manajemen yang baik, fasilitas yang memadai dan akses untuk menuju ke kawasan wisata tersebut dirawat dengan baik maka potensi ekonomi bagi daerah sangat tinggi.

Butuh waktu tempuh hampir satu jam dari kaki gunung  menuju puncak gunung dengan jalan aspal yang rusak parah dan semak. Jika ditempuh dalam kondisi cuaca normal pun sangat sulit apalagi jika cuaca dalam keadaan tidak bersahabat seperti hujan atau kabut.

Dalam event wisata bengkulu wonderful 2020 rejang haritage, destinasi wisata gunung kaba tentu akan menjadi salah satu yang ditawarkan kepada wisatawan baik lokal maupun internasional.  Gunung bungkuk,pantai panjang,benteng malborough dan masih banyak destinasi wisata lain di propinsi bengkulu yang akan menjadi daya pikat bagi wisatawan.

Kembali ke kawasan wisata gunung kaba. Selain kondisi infrastruktur yang tidak terawat dan menjadikan akses menuju puncak gunung kaba menjadi perjalanan berbiaya mahal dan berbahaya bagi keselamatan wisatawan. Masih banyak wisatawan lokal yang tidak bertanggung jawab merusak fasilitas yang tersedia dan membuat lingkungan menjadi kotor oleh sampah plastik yang mereka buang disembarang tempat. Ini adalah kesadaran wisata yang lemah dan tidak bermoral. Padalah telah terpasang banyak papan himbauan untuk mencegah tindakan perusakan fasilitas. Sepertinya kontrol dari pemerintah daerah masih sangat lemah.

Eksotisme puncak gunung kaba yang apabila dikelola dengan manajemen yang baik. Menggunakan standar operasional prosedur yang benar. Membuat SWOT analysis bisnis wisata dan promosi wisata yang baik. Maka, potensi uang mengalir dari luar daerah ke daerah  bengkulu sangat besar. Pilihan destinasi wisata yang sangat lengkap dari mulai wisata sejarah, wisata pantai, wisata kebun teh, wisata puncak gunung kaba , puncak wisata gunung bungkuk dengan ketinggian 1200 mdpl dan wisata budaya serta kuliner lokal di propinsi bengkulu menjadikan bengkulu sebagai destinasi wisata yang sangat diperhitungkan oleh para pelancong dari dunia internasional. Belum lagi kopi arabika dan kopi robusta yang memiliki rasa spesial dari dataran tinggi bengkulu akan menjadi cerita berkesan bagi pecinta kopi nusantara.







Internet adalah akses lain di dunia maya sebagaimana jalur cepat seperti jalan tol dan kereta listrik cepat. Internet adalah media tempat tumbuh dan berkembangnya sebuah perekonomian. Internet mampu memangkas bisnis berbiaya tinggi dan waktu yang panjang menjadi lebih murah dan cepat. Jika penghubung antara pusat perekonomian infrastrukturnya adalah jalan raya yang disebut sebagai urat nadi perekonomian, maka internet juga memilki urat nadi yakni jaringan layanan data. Server sebagai pelabuhan dan layanan jaringan adalah sebuah jalan raya yang menghubungkan keduanya antara pelabuhan ke pelabuhan dan pelabuhan ke masyarakat.

Pertumbuhan ekonomi digital memiliki kecepatan tinggal landas yang sangat mengagumkan. Layanan jaringan internet cepat sama halnya dengan jaln tol bebas hambatan. Banyak beban waktu dalam memobilisasi suatu produk barang dari pabrik ke pelabuhan dan dari pelabuhan ke konsumen  menjadi lebih cepat dan hemat. Dampaknya adalah harga jual barang menjadi lebih murah dan kemampuan daya beli masyarakat lebih tinggi. Dengan demikian, untuk memicu laju pertumbuhan perekonomian yang paling pokok adalah menyediakan infrastruktur sebagai akses mobilisasi barang. Karena dengan demikian, tingkat kerusakan produk khususnya produk pangan menjadi lebih rendah, waktu akses lebih efisien dan tingkat margin keuntungan perusahaan lebih tinggi tetapi konsumen tidak menanggung beban harga beli yang mahal.

Hal di atas tentu memiliki kaitan erat dengan ekonomi digital. Dengan infrastruktur layanan data yang terkoneksi secara menyeluruh dan kuat serta cepat akan memberi dampak ekonomi yang tumbuh secara signifikan. Jaringan internet cepat dan koneksi yang stabil akan memicu kesadaraan pengguna internet sebagai pengguna produktif.

Fakta saat ini bahwa pengguna internet terbagi menjadi dua bagian yakni:
1.Pengguna konsumtif
Pengguna internet konsumtif masih mendominasi seluruh pengguna internet khususnya di indonesia.  Sebagian masyarakt masih memanfaatkan internet sebagi media ber sosial ria. Seperti menggunakan layanan jejaring sosial facebook, twitter dan lainnya bukan untuk kepentingan ekonomi. Banyak dari mereka mengeluarkan biaya rutin untuk memperoleh layanan internet hanya sekedar untuk kebutuhan yang tidak produktif. Padahal keseharian mereka hampir setiap detik tidak bisa dipisahkan dari internet. Apakah hanya sekedar menyapa sahabat melalui facebook atau sekedar ingin tampil aktif di dunia maya. Sehingga dapat dibayangkan betapa akan lumpuhnya perekonomian suatu kawasan yang masyarakatnya hanya menggunakan internet sebagai pengguna konsumtif. Yang diuntungkan adalah penyedia layanan dan provider telekomunikasi. Belum lagi mereka yang tinggal di daerah dengan layanan internet rendah. Hampir setiap bulan mereka membelanjakan uangnya untuk memperoleh layanan data internet dan uang mereka habis hanya untuk melakukan fase loading. Jelas mereka hanya menjadi objek pasar bagi penyedia layanan jasa internet. Berapa besar uang yang mengalir keluar dari kawasan yang masyarakatnya hanya sebagai pengguna internet konsumtif. Padahal tidak ada uang yang masuk dari jalur yang sama ke kawasan itu. Mereka mencari uang dan membelanjakannya untuk memperoleh layanan data internet, mereka membaca berita online, mereka hanya sebagai pasar yang tidak memiliki akses penuh untuk kedua jalur yang seimbang.

2.Pengguna Produktif

Pengguna internet produktif adalah mereka yang sudah termasuk sebagai masyarakat ekonomi digital. Karena mereka selain menghabiskan uangnya untuk memperoleh layanan data internet sebagai sumber informasi dan referensi, mereka juga dapat melakukan tindakan ekonomi yang seimbang. Apakah mereka sebagai pengelola sebuah website berita atau pelaku usaha yang fokus menggunakan jaringan internet. Dari daerah yang telah terkoneksi dengan layanan internet cepat tentu memilki peluang untuk lebi maju perekonomiannya. Dengan internet mereka dapat mempromosikan sebuah destinasi wisata untuk mengundang wisatawan datang ke daerah. Dampak ekonominya sangat jelas. Kemudian mereka yang memiliki produk lokal tidak lagi harus pergi jauh untuk mencari pasar penjualan dengan beban biaya yang tingggi, waktu yang menjadi produk harus dipasarkan dengan harga yang lebih mahal serta tingkat penjualan yang rendah dengan segala resiko besar lainnya. Hanya bermodalkan telepon seluler yang telah mendukung internet cepat para pengusaha lokal telah mampu memasarkan produknya tanpa harus keluar dari halaman rumah mereka. Biaya pemasaran mereka jauh lebih murah, resiko mereka lebih rendah dan transaksi mereka lebih aman dengan sistem transaksi perbankan berbasi s internet (internet banking).

Hai di atas adalah gambaran seimbang bahwa pengguna internet produktif selain mengalirkan uang mereka ke luar, mereka pun dengan internet mampu mengalirkan uang dari luar untuk masuk ke daerah mereka. Disamping itu, sistem regulasi pemerintah yang semakin ketat menjadikan bisnis melalui internet menjadi bisnis paling nyaman dan memilki tingkat pendapatan keuntungan yang lebih tinggi. Sehingga pandangan berbagai pihak dalam hal penyediaan layanan cepat berupa infrastruktur modern seperti kereta cepat, tol darat, tol laut dan tol udara serta tol data menjadi satu kesepakatan yang harus segera terwujud dengan cepat. Dengan tol darat, tol laut dan tol udara serta tol data, fungsi ekonomi menjadi lebih memberi dampak keuntungan yang signifikan.

Kemudahan lain untuk mendukung semua layanan tersebut adalah bahwa hampir semua lembaga penyedia layanan telah mengizinkan penggunaan sertifikat elektronik yang legal.  Karena internet adalah jalur bebas hambatan yang mengkoneksikan antar sumber ekonomi lintas batas, maka sistem penghambat semakin dihilangkan. Salah satu contoh nyata, untuk mendapatkan layanan surat izin perdagangan antar negara pemerintah melalui lembaga resmi mengeluarkan kebijakan program INATRADE. Dimana dengan INATRADE sistem perizinan dapat dilakukan secara digital. Sangat mudah untuk memperolehnya. Dan siapa pun anda saat ini jika memiliki konsumen yang akan membeli produk anda di negara lain dapat anda layani dengan profesional tanpa harus ragu akan melangar hukum dagang internasional. Siapa pun anda saat ini bisa menjadi eksportir dengan lebih mudah dengan sistem layanan INATRADE.

Terbukti bahwa fakta pertumbuhan ekonomi suatu kawasan tidak lagi bergantung apakah kawasan tersebut sebagai kawasan produksi produk riil atau bukan. Karena produk digital saat ini sudah memiliki nilai yang sama sebagai produk riil. Seseorang yang ahli mengelola suatu gagasan secara tertulis (blogger) adalah salah satu contoh sebagai penghasil produk riil. Mereka memproduksi gagasan, menganalisa, menyusun dan mengemasnya dalam bentuk ebook untuk mereka pasarkan secara internasional. Kami memberi sedikit gambaran seorang pengembang template sebuah platform CMS osclass. Ari budin kelahiran tahun 90-an yang hasil desainnya telah di unduh di marketplace themeforest.net sebanyak 400 kali dan harga per lisensi saat ini $ 59 USD. Jika nilai tukar mata uang dollar amerika terhadap rupiah adalah Rp.13.800,-/ 1 USD. Maka cukup mengaggumkan berapa keuntungan ekonomi yang diperoleh hanya untuk sebuah desain template yang telah diunduh lebih dari 400 unduhan.
Rp.13.800,- x $ 59 USD x 400 =Rp.325.680.000,-
Belum lagi seorang pengembang lainnya yang khusus membangun desain template CMS berbasis blogspot yang lebih familiar dipanggil mas sugeng di kalangan para blogger indonesia sebagai pengembang evomag dan viomag.  Silahkan cari data lengkapnya dan hitung berapa uang yang mengalir dan dampak riilnya bagi fakta perekonomian dalam ekonomi digital. Mungkin lebih besarlagi dari nilai yang tercatat di atas. MYB.






Trend perkembangan website setiap hari terus mengalami kemajuan yang sangat pesat. Tampilan yang monoton sebuah halaman depan (front page) membuat situs lama kurang terlihat atraktif.khususnya situs blog. Beberapa tampilan bagi mereka yang terampil dapat menampilkan keindahan dari sisi desain dan kontras warna. Kemudian pertumbuhan website berkembang kea rah penggunaan efek flash. Awalnya model ini mengalami banyak masaalah seperti kecepatan loading. Namun kecepatan pertumbuhan teknologi dapat mengatasi hal ini. Belum puas dengan tampilan efek flash telah hadir tampilan slide show untuk halaman depan website. Ternyata belakangan beberapa situs menampilkan header halaman depan website dengan tampilan video. Seperti contoh halaman depan website masterweb.com
Tampilan halaman depan sebuah website dengan video ternyata jauh lebih apik dan atraktif. Boleh bersyukur bagi pengguna wordpress karena wordpress menyediakan banyak dukungan template gratis. Jika anda ingin menggunakan template denga header full video anda bisa menggunakan template “onetone”. Sayangnya template ini untuk dapat menggunakan seratus persen berfungsi harus berbayar.sehingga anda dapat mengisi content seperti yang anda inginkan.
Bagaimana jika anda menggunakan template gratis dan ingin menggunakan header full video?. Solusinya adalah dengan menggunakan plugin. Salah satunya adalah plugin shortcode. Caranya juga sangat sederhana.
1.Anda masuk ke dashboard wordpress
2. Masuk ke menu plugin kemudian pilih menu baru dan dalam kolom pencarian plugin ketik shortcode
3.Setelah muncul plugin yang dimaksud selanjutnya install
4. Tunggu beberapa saat hingga terinstall sempurna kemudian aktifkan.
5.Masuk ke menu appearance dan klik menu widget
6.Dropdown menu shortcode ke header widget
8.Klik kode dan cari menu youtube atau dailymotion ( youtube lebih mudah)
9.Setting di menu youtube dengan memasukkan kode sematan dari akun youtube.
Dari mana anda memperoleh kode tersebut. Ikuti tahapan berikut ini,
Anggap anda telah memiliki akun youtube dan telah meng upload video yang akan anda jadikan video header.
1.Masuk ke akun youtube
2.Pilih video yang anda maksud
3.Aktifkan video kemudian klik langganan selanjutnya klik sematkan
4.Ambil kode yang tertera dengan cara copypaste jauh lebih efisien.
5.Sematkan kode tersebut di kolom yang ada pada shortcode
6. Aktifkan
Kunjungi situs anda dan tampilan situs anda jauh lebih professional dan atraktif. Kemudian isi sound video dengan nada yang dapat menghipnotis pengunjung untuk betah lebih lama di situs anda.Tampilan situs blog anda akan hadir seperti sebuah situs bisnis high class.






Kebun teh kabawetan adalah kawasan ideal untuk menikmati akhir pekan. Beratnya berbagai aktifitas keja selama 6 hari kerja di kantor membutuhkan waktu khusus untuk melenturkan syaraf. Kawasan puncak menjadi salah satu destinasi wisata murah. Menemukan oksigen bersih dari alam terbuka dan menikmati keindahan anugerah alam dapat menjadi sarana refleksi  paling baik. Di propinsi bengkulu, kabupaten kepahiang adalah salah satu destinasi wisata yang cukup populer. Seperti halnya jawa barat dengan ciwidei, jambi dengan keindahan kebun teh kayu aro, kabupaten simalungun dengan eksotis kebun teh sidamanik. Maka, kepahiang menawarkan kebun teh kabawetan sebagai destinasi wisata unggulan.

Kabawetan juga menjadi terkenal karena cita rasa kopi robusta yang menjadi primadona kopi dari bengkulu di tingkat nasional. Hal ini yang menjadi alasan mengapa pemerintah terus menjadikan dan mengembangkan kabawetan sebagai kawasan kampung kopi. Sehingga prioritas pembangunan dan promosi kopi kepahiang selalu lebih menonjolkan kabawetan. Meskipun perkebunan kopi di kabupaten kepahiang hampir menyeluruh dan kabawetan hanya sebagian kecil dari kawasan penghasil kopi. Kabawetan sebenarnya lebih identik dengan teh.  Tetapi identitas sebagai sumber panghasil kopi premium lebih terlihat daripada kabawetan sebagai penghasil teh.

Ditetapkannya  kabawetan sebagai kawasan agrowisata adalah program positif untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kabupaten kepahiang. Dengan ditetapkannya sebagai kawasan agrowisata, pemerintah tentu mendistribusikan dana lebih besar ke kawasan tersebut. Tetapi sepertinya pemerintah daerah melupakan banyak hal untuk masa depan kawasan puncak kebun teh kabawetan. Saat ini hampir seluruh potensi bantuan dari pemerintah daerah kabupaten kepahiang seluruhnya diarahkan ke kawasan agrowisata puncak kebun teh kabawetan termasuk mesin-mesin industri kecil yang jumlahnya cukup banyak. Padahal jika kawasan agrowisata puncak kebun teh kabawetan akan dijadikan sebagai paru-paru dunia yang menghasilkan oksigen bersih, berbagai bantuan pemerintah untuk beberapa industri kecil pengolah kopi sangat tidak tepat. Alasannya adalah, jika mesin industri kecil yang turut menyuplai karbon polusi udara di kawasan puncak kebun teh kabawetan berjumlah sangat besar dan kemudian tumbuh menjadi industri penghasil karbon yang cukup masiv. Maka di masa depan kawasan agrowisata puncak kebun teh kabawetan tidak lagi dapat menjadi suplier oksigen bersih. Karena akan menjadi kawasan konsentrasi penghasil karbondioksida dari mesin-mesin diesel.

Jauh sebelum ini bupati kabupaten kepahiang Bando Amin C Kader telah menetapkan  kawasan industri kepahiang berada di kecamatan tebat karai desa penanjung panjang. Karena kawasan ini berada di ketinggian 500 mdpl. Sementara puncak kebun teh kabawetan tetap dijadikan sebagai pendukung utama penghasil oksigen bersih.
Kemungkinan besar hal ini terjadi karena setiap program pengadaan bantuan mesin industri yang diberikan ke beberapa industri kecil di kawasan puncak kebun teh kabawetan tanpa melalui kajian yang mendalam tentang dampak polusi udara  di masa depan. Obsesi pemerintah daerah kabupaten kepahiang di bawah pimpinan bupati saat ini tergolong obsesi  tanpa rasionalitas yang memikirkan nasib sebuah kawasan. Pemerintah daerah kabupaten kepahiang justru tidak fokus pada infrastruktur khususnya jalan raya. Jalan yang dibangun untuk menuju kawasan puncak kabawetan sangat sempit dan sulit untuk dilalui oleh bus besar. Para wisatawan dari luar daerah yang ingin berwisata ke puncak kabawetan menggunakan bus besar harus berpikir ulang terhadap berbagai resiko. Tikungan tajam dan jalan yang sempit serta jurang yang dalam menjadi ancaman serius bagi wisatawan yang nekat menggunakan bus besar. Kecuali para wisatawan menggunkan kendaraan kecil. Jika wisatawan menggunakan bus tentu harus mengganti kendaraan mereka dan menambah biaya yang lebih besar.

Para calon wisatawan yang telah terlanjur mendengar tentang eksotisme kopi kepahiang  dan hanya mendengar bahwa kopi paling enak dari kepahiang adalah kopi kabawetan mungkin harus menyesal. Kecuali mereka mempersiapkan dengan sempurna kendaraan apa yang akan mereka gunakan untuk menuju kawasan puncak tersebut.

Dunia harus tahu.
Bahwa jika dunia mendengar tentang kopi robusta kepahiang yang sangat fenomenal itu benar. Tetapi dunia harus tahu bahwa kopi kepahiang adalah kopi yang berasal hampir dari seluruh wilayah kabupaten kepahiang seperti kecamatan seberang musi, kecamatan tebat karai, kecamatan merigi, kecamatan ujan mas, kecamatan bermani ilir dan kecamatan muara kemumu. Sedangkan kopi dari kecamatan kabawetan adalah sebagian kecil dari seluruh kopi yang dihasilkan di kabupaten kepahiang. Masing-masing kopi robusta yang dihasilkan setiap kecamatan memiliki keunggulan karakter yang khusus.


‘Kopi belanda” adalah nama untuk jenis kopi robusta yang berasal dari daerah bermani ilir dan muara kemumu dengan bentuk biji yang sangat kecil, padat dan memiliki aroma perpaduan buah nangka dan buah pisang. Sementara “kopi cik ari “ berasal dari kawasan rimbo donok kecamatan tebat karai yang memiliki cita rasa spesial. Kopi robusta dari desa bukit menyan memilki cita rasa spesial yang unik dan memiliki ketinggian sejajar dengan kawasan puncak kabawetan.

Artinya , bahwa jika obsesi pemerintah daerah yang seharusnya menjadikan kawasan puncak kebun teh kabawetan menjadi kawasan agrowisata tidak dikontrol oleh lembaga – lembaga N.G.O. nasional dan internasional yang peduli tentang lingkungan hidup, masyarakat kabupaten kepahiang dan propinsi bengkulu mungkin akan merasakan dampak negatif dimasa depan. Karena mesin industri kecil yang terus dipasok oleh pemerintah daerah tanpa kajian mungkin akan menjadi industri menengah atau industri besar yang menyumbang polusi karbondioksida. Suhu di kawasan puncak kebun teh kabawetan akan meningkat. Dan di masa depan kawasan puncak kebun teh kabawetan sebagai penghasil oksigen bersih menjadi terancam.



Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.