Latest Post




Tepat 29 Januari 2016 Aplikasi video seperti youtube lahir di Indonesia. Tepatnya satu hari sebelum altavesia.com mempublikasikan artikel tentang harapan agar lahir aplikasi seperti google search dan facebook khas Indonesia . kelahiran aplikasi metube ternyata disambut hangat oleh pasar dan langsung melihat potensi yang akan diraih oleh metube. Menurut boss MNC Mr.Harry Tanoe Sudibyo bahwa metube memiliki perbedaan dengan youtube. Perbedaan tersebut yang membuat dirinya optimis bahwa aplikasi video online ini akan segera naik tahta menjadi raja di negeri sendiri. Menurutnya perbedaan tersebut adalah metube memberi peluang pemilik video untuk dengan mudah memonetisasi videonya. Apakah hal ini sama dengan adsense milik google yang memberi oportuniti kepada pemilik akun untuk membuat akun adsense dengan youtube ?. tetapi perbedaan ini pada dasarnya adalah siapa yang mampu melihat peluang pada pasar tentu dia akan menjadi salah satu pemilik gerai dengan brand yang kuat dipasar tersebut. Sehingga potensi capital secara ekonomi akan sangat positif. Sebabnya adalah bahwa metube yang baru berusia sekita 2 hari tersebut lebih memberi peluang kemudahan dari pada youtube yang telah memiliki akar kuat di tanah air. Bisa dibandindangkan bagaimana ketika Mark Zuckerberg mendadak menjadi millioner padahal rencana go public facebook mendapat pandangan beragam bahwa facebook tidak akan mampu duduk di tangga pasar bursa. Demikian juga Jack Dorsey dengan twitter.com-nya.

Dapat dibayangkan ketika awal adsense baru berdiri. Kemudahan yang diberikan oleh google untuk memonetisasi website dan blog pribadi dan kemudian setelah tumbuh dan memiliki eksistensi yang kuat dengan milyaran individu dan korporasi untuk dapat turut menikmati kesejahteraan google segala persyaratan semakin ketat. Kabar gagalnya jutaan blogger untuk memonetisasi blog mereka dengan berafilliasi menjadi publisher CPC google andsense hari ini adalah hal yang sangat lumrah. Kemudahan memiliki akun adsense bukan jaminan mereka yang mendaftarkan blog atau websitenya lolos dari peninjauan tim adsense. Padahal menjadi salah satu mitra google sebagai afilliasi iklan adsense adalah bisnis online yang menjadi impian banyak orang. Masa menunggu hingga disetujuinya ( approval) website atau blog untuk ikut serta berpartisipasi dalam bisnis online adsense adalah masa-masa yang menguras energy dan hingga mempengaruhi fisikologi seseorang.

Oportunitas yang diberikan metube untuk dapat memonetisasi akun penggunanya adalah sinyal yang harus diambil dengan segera oleh masyarakat Indonesia. Ini adalah aplikasi anak bangsa dan salah satu aplikasi kebanggaan Indonesia setelah bukalapak.com, kaskus dan lain sebagainya.

Metube memberi kesempatan kepada siapa saja untuk dengan mudah memiliki akun dan meng upload video dengan limit maksimal 1 MB. Hal yang mengagumkan setelah kami menguji dengan beberapa kali mengupload video kea kun metube responnya sangat cepat. Metube juga sangat ringan ketika direquest melalui browser baik mozila firefox maupun chrome. Kemudahan membuka akun di metube hanya membutuhkan waktu yang relative sangat cepat. Calon pemilik akun hanya akan diminta untuk memasukan nama,email,password dan nomor telepon seluler. Bahkan jika anda memiliki sebuah website anda dapat mendaftarkan nama website anda sebagai nama akun anda. Ini sangat berbeda ketika anda membuka akun di facebook saat sekarang ini. Beberapa pengajuan nama sering ditolak oleh system facebook. Untuk nama sebuah situs anda harus membuka halaman facebook dan untuk memperkenalkan halaman tersebut anda harus mengeluarkan biaya promosi di facebook. Kami telah membuktikan kemudahan membuka akun di metube menggunakan nama website situs ini yaitu “ ALTAVESIA.com”.

Untuk mendaftar akun metube ada opsi yang diberikan seperti mendaftar menggunakan facebook,google maupun twitter. Atau dengan membuka url : http://www.metube.co.id Atau  http://metube.okezone.com . menjadi bagian dari metube adalah cara sadar bagaimana masyarakat Indonesia dapat turut membangun perekonomian dengan bangga menggunakan aplikasi yang berdomain “.co.id”. sehingga berapa uang yang anda habiskan untuk membayar layanan data setidaknya uang tersebut masih berputar di Negara Indonesia. Harapan lain adalah semoga MNC dapat menyediakan layanan mesin pencari layaknya google, yahoo atau bing.





Perkembangan bisnis iklan online dari masa ke masa terus mengalami perubahan yang sangat drastis. Berbagai situs layanan iklan online disamping lebih murah juga menjadi alternative kedua setelah iklan di televisi. Mengingat perubahan paradigma cara bisnis yang memasarkan bisnisnya kepada khalayak secara offline melalui media Koran, majalah dan baleho dan sejenisnya. Dahulu beriklan di media-media offline tersebut cukup mahal. Alternativenya adalah dengan membuat brosur  secara pribadi dan memasangnya pada media-media tidak resmi seperti pada tempat-tempat fasilitas umum seperti halte atau majalah dinding. Meskipun pada masa itu pembuatan brosur seperti ini adalah cara beriklan paling efisien dari segi biaya namun kurang bonafide seperti beiklan pada media masa seperti Koran. Beriklan di radio adalah pilihan selanjutnya bagi mereka yang telah memiliki anggaran belanja lebih besar. Tentu jangkauan radio akan jauh lebih luas dan potensi market jauh lebih besar. Dan hanya perusahaan-perusahaan besar yang mampu berpromosi secara masal lewat media televisi . berarti pada saat sebelum booming internet system perkembangan bisnis berjalan sangat lambat dan butuh waktu lebih lama sehingga akan berdampak pada akumulasi biaya yang juga lebih besar.tetapi ini adalah pilihan dan belum ada solusi yang berdampak pada kecepatan dan efisiensi bisnis.

Di awal era  tahun  90-an ketika dotcom booming meskipun masih terbatas di wilayah perkotaan karena akses jaringan komunikasi yang belum merata seperti sekarang ini. Setidaknya telah menjadi solusi besar bagi perkembangan bisnis dan hamper merata setiap perusahaan memiliki situs resmi. Promosi yang murah sebenarnya belum benar-benar memenuhi keinginan para bisnisman dan organisasinya. Televisi masih 80 % mendominasi layanan iklan masal. Namun cepatnya perkembangan teknologi internet mulai menjawab tantangan dan harapan kalangan dunia usaha. Situs-situs layanan iklan online mulai tumbuh secara perlahan. Tentu aksesnya masih sangat terbatas karena jangkauan internet yang terbatas . beriklan online pun masih tergolong mahal dan hanya melayani promosi iklan baris online. Bisnis iklan online terus tumbuh. Karena jumlah kompetitor yang masih sedikit. Untuk menjangkau masyarakat lebih luas dalam berpromosi media Koran masih menjadi tumpuan utama khususnya di daerah-daerah. Biaya telepon masih sangat mahal dan hanya dimiliki sedikit orang dengan kelas tertentu di wilayah perkotaan. Beruntungnya adalah ketika booming produk murah buatan China yang menjual alat komunikasi seluler menjadi pesaing baru bagi produk dengan merek ternama seperti Nokia yang mendominasi pasar telepon seluler  selain Siemen dan Motorola. Sementara telepon seluler merek Samsung belum menjadi trend publik. Dengan produk masal yang murah asal China tersebut hampir semua kalangan masyarakat memiliki telepon seluler . jawabannya adalah bahwa pada era tahun 2000-an biaya komunikasi seluler masih sangat mahal. Dan hanya jenis-jenis tertentu yang dapat mengakses internet. Masih belum boomingnya situs jejaring sosial seperti sekarang ini istilah digital marketing belum semudah dan semurah seperti sekarang ini.

Perkembangan teknologi internet yang terintegrasi dengan telepon seluler dan didukung oleh layanan komunikasi internet generasi ke-2 (2 G) dan segera disusul oleh generasi ke-3 (3 G) membuka babak baru dalam hal digital marketing yang murah dan efisien dalam segala hal. Murahnya harga alat komunikasi seperti handphone dan tablet dengan fitur-fitur yang canggih yang mendukung layanan internet serta dapat dimiliki oleh hampir seluruh lapisan masyarakat memberi kesempatan baru bagi bisnis online.biaya komunikasi yang murah dengan besarnya persaingan bisnis layanan komunikasi di Indonesia seperti XL dan indosat telah memaksa telkomsel sebagai raksasa tunggal harus ikut menyesuaikan layanan yang cepat ,tepat dan murah semakin berdampak pada efisiensi bisnis online.

Hal lain yang menguntungkan adalah. Biaya membuat website self hosting semakin hari semakin mudah dan murah dengan fitur-fitur teknologi yang canggih telah mampu memberi terobosan sangat besar terhadap dunia bisnis yang telah go online maupun tumbuhnya bisnis online baru (start up). Setelah lahirnya layanan internet generasi ke-4 (4 G).kecepatan akses intenet semakin memberi keuntungan berlipat ganda. Meskipun  layanan generasi ke-5 (5 G) baru dapat dinikmati beberapa tahun kedepan untuk wilayah asia . setidaknya layanan  4 G LTE telah mampu menjawab kebutuhan mobile saat ini. Akses video internet yang lebih cepat  akan menjadi kompetitor iklan televisi yang sampai saat ini masih menjadi dominasi dalam hal periklanan dan tingkat kepercayaan masyarakat memang masih lebih tinggi dibanding iklan di internet.

Perkembangan iklan internet beberapa dekade terakhir lebih maju yakni dengan tampilan iklan banner statis hingga banner flash. Meskipun affilisai bisnis iklan online dengan menggunakan banner flash menggangu performa website tetapi ini adalah pilihan yang sangat maju. Saat ini dengan adanya layanan data generasi ke-4 telah membantu dengan lebih baik terhadap performa website dalam hal kecepatan. Tetapi  impian selalu hadir lebih cepat dari realita. Trend iklan online dengan tampilan banner flash perlahan mulai bergeser ke arah iklan video.

Dengan kecepatan akses internet dalam layanan video internet menjadi jawaban baru yang sangat cerdas. Beriklan di televisi adalah cara beriklan yang paling atraktif untuk dapat mempengaruhi memori syaraf otak dibanding iklan offline atau banner iklan online di internet. Iklan tersebut mampu menghipnotis ,bersifat masal dan terus-menerus yang dikelola oleh tim kreatif dengan pertimbangan fisikologi agar iklan yang ditampilkan dapat mempengaruhi pemirsanya. Tetapi tetap saja iklan di televisi masih sangat mahal. Karena kontrak iklan dihitung pertayang.

Trend video presentasi atau video iklan di internet mampu membuat biaya yang jauh lebih murah. Bagi anda yang memiliki kreatifitas dalam mengelola iklan, membuat video presentasi atau membuat video iklan layaknya iklan televisi akan dapat memotong biaya anggaran belanja iklan. Jika anda memiliki website pribadi apakah dikhususkan untuk media iklan, bisnis online atau yang lainnya. Memanajement tampilan video iklan dengan mempelajari  pengaruh pemirsa secara fisikologi tentu akan member dampak hasil dari bisnis anda. Pada era yang serba mobile kesempatan untuk memasarkan bisnis anda jauh lebih luas. Dengan didukung oleh fasilitas internet yang lebih cepat, video website yang ringan dan performa tinggi jangkauan iklan anda tentu jauh lebih luas. Bahwa faktanya adalah tidak semua orang membawa televisi bahkan untuk masyarakat perkotaan yang high mobility kesempatan menonton layar televisi untuk mencari beragam informasi telah digantikan dengan internet yang lebih ramah berada dalam satu genggaman. Menjadi sebuah opportunity untuk bisnis anda yang terintegrasi secara masal dan luas serta lebih murah.

Terintegrasinya website dengan berbagai jejaring sosial telah turut membantu performa sebuah situs. Untuk menampilkan gallery situs anda, anda dapat membuat tautan ke jejaring sosial flickr. Menyimpan berragam dokumentasi foto anda di flickr dapat mengurangi beban database situs anda. Mengarahkan iklan video dengan cara menyimpan dokumentasi iklan video anda di youtube. Tetapi jika  website anda memiliki sumber daya yang besar, membuat video iklan dan menyimpan dalam database situs anda sendiri justru sangat jauh lebih professional. Sampaikan pesan tentang bisnis anda kepada dunia. Jika saat ini telah ada teknologi mesin penterjemah pesan teks untuk menjadikan web multisites, dimasa depan anda akan menikmati teknologi mesin penterjemah untuk pesan voice. Sehingga jika situs anda berbahasa Indonesia telah dapat diterjemahkan sesuai bahasa di Negara pengunjung situs anda secara teks, maka video iklan anda yang menggunakan bahasa Indonesia juga dapat secara otomatis voice-nya diterjemahkan sesuai bahasa di Negara pengakses. Selamat karena Jangkaun bisnis anda menjadi luas dan lintas batas.







Salah satu tujuan destinasi wisata yang juga cukup sangat layak menjadi tujuan liburan salah satunya adalah Bengkulu. Bengkulu sebagai salah satu propinsi di sumatera memiliki banyak eksotisme wisata yang sangat mengagumkan. Beberapa hal yang memiliki nilai sejarah adalah rumah ibu negara republik indonesia pertama ny.Fatmawati dan beberapa tempat bersejarah penting lainnya yang menyangkut tentang perjalanan republik ini sebelum indonesia resmi berdiri sebagai sebuah negara merdeka. Proklamator republik ini telah mengukir banyak sejarah penting di tanah bengkulu.
Hal lainnya adalah tentang sejarah dan bukti sejarah pemerintahan inggris yang memiliki kaitan erat dengan negara yang pernah dipimpin oleh putra minangkabau yakni singapura. Belum lagi tentang destinasi wisata yang erat dengan mitologi daerah seperti sejarah gunung bungkuk dan sebagainya. Tempat wisata lainnya adalah puncak yang berada di kabupaten kepahiang hingga rejang lebong. Daerah pengahsil kopi terbaik di bengkulu yang kualitas kopinya terkenal hingga ke berbagai pelosok nusantara dan dunia ini.
Bebagai merek kopi dari daerah bengkulu yang memiliki cita rasa yang khas antara lain. Konakito,kopi kito,kopi seribu satu,kopi cap jempol ,kopi sendok mas dan masih banyak lagi. Seperti dari kepahiang misalnya, saat ini sudah mulai merambah ke berbagai daerah dengan merek “Kopi Redjang”.
Kopi Redjang sendiri saat ini satu-satunya produk kopi yang dari desa penanjung panjang atas kecamatan tebat karai kabupaten kepahiang yang benar-benar membawa identitas daerah asalnya. Dengan tagline “cita rasa khas eksotisme dataran tinggi tanah suku rejang”, kopi redjang hadir dengan berbagai varian rasa yang tetap berkomitmen untuk tetap menggunakan produk petani lokal kepahiang.
Dengan tidak bermaksud mendiskreditkan suku-suku lain yang juga besar populasinya di wilayah kepahiang, kopi redjang sendiri yang notabene dibangun oleh Budiono, putra sumatera utara kelahiran 03 Mei 1983 berlatar belakang suku jawa ini sangat ingin mengangkat lebih tinggi lagi suku asli.
Kopi redjang yang diproduksi oleh CV.NAQSA GOLDEN EXOSITE mampu menghadirkan dan meyakinkan bahwa produksi mereka layak tampil sebagai produk unggulan daerah kab.kepahiang propinsi bengkulu. Dengan begitu cepat perusahaan mereka mengikuti tren pasar dengan mendirikan situs resmi www.asia.co.id sebagai online shop dan marketplace perusahaan.
Sebagai putra seorang petani yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk tugas akhir kuliah di fakultas pertanian program studi teknologi pangan universitas dehasen (DEHASEN) Bengkulu ini terus berinovasi untuk mencari terobosan varian rasa dan tampilan terbaik kopi Redjang baik dari sisi kemasan dan teknik pemasaran ini yakin bahwa kopi redjang bukan sekedar sebagai perusahaan yang profit orientied, tetapi juga social orientied.
“Kopi Redjang” Hadir bukan sekedar melengkapi, tapi menyempurnakan yang sudah tradisi.
Selain hanya sebagai destinasi keindahan alam , bengkulu juga menyajikan destinasi kuliner.cukup mudah memperoleh produk kopi redjang. Selain telah tersedia di mall maupun pusat oleh-oleh bengkulu, juga dapat langsung dipesan lewat online shop resmi perusahaan.




Perusahaan kecil yang berdiri pertengahan tahun 2014 silam kini mulai menunjukan ekistensinya. Walaupun skala usaha lokal dan masih dan tergolong UMKM, perusahan yang memproduksi dan memasarkan merek Kopi Redjang ini pun telah mulai memasarkan keberapa daerah di indonesia. Sebelum perusahaan ini lebih akrab dikenal sebagai kopi redjang, adalah perusahan berbentuk perseroaan komanditer yang berencana akan mengajukan pendirian perseroan dipertengahan tahun 2019 mendatang.

CV.NAQSA GOLDEN EXOSITE yang berarti jembatan emas menuju surga ini awalnya terinspirasi dari sebuah perguruan tarekat di kandis propinsi Riau dan Bandar tinggi Sumatera Utara pimpinan DR.Syeikh Salman Da’im dimana salah satu pendiri perusahaan ini yakni M.Y.Budiono adalah alumni perguruan tersebut sebelum melanjutkan kuliah di fakultas pertanian jurusan teknologi pangan universitas dehasen bengkulu. Ternyata butuh waktu hingga 2 tahun untuk mewujudkan rencana usaha memproduksi bubuk kopi yang awalnya di gawangi oleh Boen Darmawansyah, M.Fatikin dan M.Y.Budiono dan Ny.Eka Susiani dengan merek “Exxoca”. Perusahaan resmi didirikan di kepahiang  antara lain M.Y.Budiono, Seno Harono dan Eka Susiani.SP tepat tanggal 11 Juni 2014. Dan kemudian meminta Bapak Ansori SE berdiri sebagai penasehat perusahaan serta penasehat lain yakni boss Grapadi Konsultan jakarta. Histori singkat ini sekedar mengingatkan beberapa sosok penting yang berkontribusi terhadap kopi redjang. Bukan hal yang mudah dalam mempertahankan sebuah tim bisnis. Beberapa kali terjadi konflik internal yang menunjukkan bahwa ini kerja besar dan pasti kedepan membutuhkan pemikiran-pemikiran yang besar.

Kemajuan yang cukup baik tersebut bukan tanpa uji coba strategi yang menguras banyak sumber daya keuangan, energi fisik dan fikiran.
“seorang petarung turun ke gelanggang untuk mencari resiko dan menaklukannya, bukan menghindari....”. ini bukan ungkapan optimisme sesungguhnya. Tetapi ungkapan salah satu penanggung jawab perusahaan ketika perusahaan nyaris bangkrut di tahun 2017 akhir akibat manajement yang tidak berjalan sesuai rencana.

Beberapa anggota tim memilih menghindari konflik jika sewaktu-waktu perusahaan bangkrut. Beberapa aturan manajement yang terus diperbaiki akhirnya membuahkan hasil yang baik ketika produk kopi redjang ternya dapat diterima perusahaan swalayan lokal lokal. Beberapa produk mulai di pasarkan di padang sumatera barat. Sementara disisi lain ketika tuntutan pasar mulai tinggi, ternyata direktur perusahaan (M.Y.Budiono) justru berencana mundur dari kopi redjang lebih setahun lebih awal. Meskipun kandidat direktur mungkin saja akan diambil alih oleh wakil direktur (Seno Hartono) dan hal tersebut sebenarnya tidak menyalahi. Yang menjadi pertanyaan beberapa klien adalah, apakah telah terjadi konflik internal sehingga pimpinan perusahaan harus mengundurkan diri sebelum masa jabatannya berakhir 11 Juni 2019 mendatang.

“ tidak demikian, kami merasa bahwa sudah saatnya perusahaan butuh penyegaran, dan kami merasa bahwa perusahaan sudah mulai mapan dan harus membentuk divisi baru..”,

Bahwa kabar terbaru CV.NAQSA GOLDEN EXOSITE mendirikan satu divisi usaha berbasis internet berupa website marketplace. Sehingga dipastikan bahwa harus ada konsentrasi khusus untuk menangani salah satunya. Kemungkinan berikutnya adalah, formasi pengurus perusahaan setelah pengunduran salah satu pendiri dan pemilik kopi redjang antara lain, Bapak Ansori.SE sebagai komanditer perusahaan dan Ny.Eka Susiani.SP dan Sdr.Seno Hartono yang memegang tampuk pimpinan perusahaan lebih dini sebelum masa rotasi sampai.

Hal ini belum bersifat final. Masih dalam rencana, tetapi sepertinya hal ini bersifat mendesak. Setelah mendirikan asia.co.id sebagai situs marketplace, ternyata salah satu pemilik dan pendiri perusahaan juga mendirikan news.asia.co.id . dan rencana akan menggandeng perusahaan lokal lain untuk mendirikan suaralegislatif.com

“ ini bukan masalah konflik, tidak ada konflik, yang ada adalah perusahaan mengembangkan sayap usaha dan berusaha ekspansi”. Sebut salah satu penasehat perusahaan

Jawabaan ini menegaskan bahwa kopi redjang sebagai brand lokal yang berupaya meninggikan citra produk lokal, justru semakin tumbuh dan berkembang.




Pada judul utama diatas saya menunjuk dengan kata “anda”, apakah benar mutlak sepenuhnya kami sedang berbicara tentang anda. Benar, karena keadaan anda pasti tidak berbeda jauh dengan keadaan kami. Mengapa pada kata orang pertama kami tidak memakai orang pertama tunggal tetapi menggunakan orang pertama jamak (kami). Karena kami berbicara bersama-sama yakni pembicara (penulis artikel) dan medianya yakni situs, weblog,blogger atau nama apapun yang sama dengan yang anda miliki .tentu berbicara dengan kata kami jauh lebih efisien . karena berbicara tentang tim news.asia.co.id
Sedangkan menunjuk “anda”, sebagai orang kedua tunggal berarti bahwa anda bukanlah sebuah tim melainkan individu yang terpisah satu sama lain berdasar pengalaman yang mungkin sedikit berbeda atau justru sepenuhnya berbeda. Baik merujuk pada kasus, pengalaman dan kemampuan analisa dan emosional anda ketika menerima keputusan yang menurut anda salah.
Apakah anda saat ini membaca artikel kami dengan rasa senang atau ragu-ragu. Atau apakah anda membaca artikel kami sedang berada dalam perjalanan atau sedang menikmati secangkir teh di sebuah kedai teh di kota kecil anda yang cukup eksotis. Atau apakah yang paling mungkin adalah anda sedang membaca artikel kami dalam keadaan frustasi ?,
Tentu kami juga tahu bahwa artikel kami tidak akan secemerlang di situs-situs yang lain yang menyajikan berita yang sama. Tapi kami berbicara berdasar pengalaman.  Sehingga kembali pada alinea pertama diatas , bahwa anda berarti juga kami berdasar pengalaman dan kasus yang sama.
Sebagaimana anda  begitu juga kami yang mencoba memonetisasi situs dengan mengajukan permohonan sebagai publisher adsense milik perusahaan raksasa internet google.com. beberapa banyak survey yang kami lakukan dari bermacam-macam situs pada topik yang sama tentang sayarat dan kemudahan memiliki akun adsense. Sebagian berpendapat memiliki akun adsense setelah andsense support ke bahasa Indonesia yakni google.co.id sangatlah mudah. Dengan syarat mudah dan pertimbangan yang mudah google akan segera menyetujui (approve) terhadap pengajuan kita. Beberapa artikel menjelaskan bahwa tidak ada syarat yang menyulitkan tentang umur dan jumlah artikel sebagai syarat yang memberatkan. Situs-situs atau blog yang menulis pengalaman tersebut kami lihat mereka menulis artikel tentang adsense di blog berbasis blogspot.com atau blogspot.co.id. sayangnya apa yang mereka bicarakan tidak ada fakta pendukung yang kuat seperti di blog mereka ada ruang iklan yang di berdayakan oleh google. Sehingga penulis atau blogger dapat meyakinkan pembaca dan dapat dijadikan situs rujukan dengan mempelajari trik bagaimana mereka menyajikan tulisan atau artikel yang menjadi sandaran mengapa google menampilkan iklan di blog mereka.
Salah satu blog yang muncul diperingkat 10 besar pencarian google misalnya, blog dofollow yang memiliki banyak komentar tersebut mengatakan bahwa yang bersangkutan mengajukan blog dengan kualitas artikel yang seadanya bahkan copy paste yang serta jumlah yang hanya sedikit judul artikel langsung disetujui oleh google. Maaf, kebiasaan kami adalah mencari sesuatu di mesin pencari google dengan keyword yang sangat padat yaitu berupa kalimat utuh ,bukan per-kosa kata. Sehingga sangat mungkin keyword yang dirujuk dapat hadir di halaman sepuluh besar atau pagerank 10. Sehingga perlu kami jelaskan bahwa kemungkinan mereka terlalu terburu-buru untuk memposting artikel tentang betapa mudahnya di Approve oleh google. Dasarnya adalah setelah mereka mengambil rujukan dari beberapa artikel yang kemudian mereka duplikasi dalam penyajianya, kemudian mereka mengajukan pembukaan akun adsense di google. Mengisi beberapa syarat administrasi dan menunggu beberapa saat secara otomatis mereka menerima konfirmasi email dari google dan seolah-olah situs mereka diterima.
Ini adalah kasus yang sangat berbeda antara memiliki akun adsense dan disetujui menjadi publisher adsense. Karena satu akun adsense bisa saja memiliki beberapa situs dalam satu akun. Maka yang benar  menurut (pendapat) kami adalah mereka telah di terima untuk memiliki sebuah akun adsense tetapi masih ada langkah lanjutan setelah google memverifikasi situs yang diajukan untuk beberapa hari, Apakah situs anda diterima atau ditolak. Jika situs anda ditolak bukan berarti akun adsense anda dibanned. Karena pihak google masih member banyak kesempatan untuk perbaikan kondisi dan mengajukannya kembali melalui akun yang sama. Kesimpulannya adalah, pembaca banyak terkecoh berbagai artikel yang menerangkan tentang kemudahan untuk diapprove tanpa memenuhi standar-standar yang diotorisasi oleh google. Misalnya kualitas situs,jumlah kunjungan,isi artikel baik berkenaan dengan jumlah karakter artikel dan jumlah judul artikel tersaji serta usia situs atau blog.
Untuk hal di atas tentu kami sepakat dan mufakat dengan artikel yang ditulis maxmanroe.com tentang berbagai syarat jumlah artikel dan usia situs.
Untuk kasus kami misalnya, setelah kami pelajari kembali tentang mengapa google menolak pengajuan kami adalah adanya. Situs kami tergolong situs chat( Berdasar pemberitahuan google). Ternyata yang menjadi pelanggaran adalah kami menyediakan ruang forum diskusi dan mengizinkan banyak orang untuk membuka akun di situs kami. Untuk kasus ini kami menggunakan tools bbpress karena basis situs kami adalah wordpress. Bagi kami ini adalah nilai pelajaran yang mahal dan sangat berharga. Karena hanya membaca sepenuhnya TOS google bagi orang awam tidak akan langsung memahami maksud-maksud yang tertera didalamnya.
Ketika situs kami ajukan kami memiliki sekita 16 artikel orisinil yang mengupas beberapa situs yang kami rujukan untuk digunakan banyak orang. Google menjelaskan bahwa artikel tersebut masuk kategori riset dan itu juga menjadi masalah tersendiri. Kami juga membuat tautan kebeberapa alamat situs besar denga tujuan agar pengunjung situs kami memperoleh pengalaman lebih tanpa harus membuka browser dengan alamt domain sendiri. Dan itu menjadi alamat rujukan artikel kami tentang kebenaran situs yang kami maksud.
Hal lain adalah situs kami juga menjual berbagai produk affiliasi secara langsung dari beberapa toko online (publisher).meskipun adsense google mengizinkan untuk menampilkan iklan berdampingan dengan program situs penyedia layanan iklan lainnya. Tetapi yang perlu diteliti adalah apakah situs-situs tersebut menampilkan iklan yang dilarang oleh google.misalnya, kontent iklan dewasa. Ini adalah kebanyakan dari layanan publisher iklan dalam negeri(Indonesia). Atau, iklan yang mengandung banyak unsur penipuan seperti iklan” cara mudah menjadi kaya”,penghasilan puluhan atau ratusan juta rupiah dalam waktu 30 hari” yang datang dari salah satu situs dalam negeri. Karena secara etika menampilkan iklan mereka di situs kita sama dengan setuju terhadap aksi penipuan dan implikasinya adalah melanggar kesepakatan yang di tegaskan oleh pihak google.
Yang menjadi perhatian khusus adalah mempelajari secara detil,menerapkan dan aksi yang sportif,beretika serta bertanggung jawab. Silahkan mencari sumber-sumber untuk memperkaya content situs dari berbagai artikel terkait dan hindari dari kesalahan copyscape. Demikian sulitnya menjadi mitra google menunjukan demikian prestisiusnya google. Dan ini adalah bayaran atau anugerah yang setimpal dari google terhadap kemauan dan kemampuan anda. Artinya, memiliki akun dan menyiarkan iklan google (publisher) sama artinya anda berkerja untuk sebuah perusahaan multi-raksasa dan sebagai karyawan tentu anda merasa memiliki kebanggaan yang kuat. Bukan hal yang berlebihan bahwa menjadi mitra iklan google adalah gaya hidup dari sebuah profesi yang menggambarkan wujud profesionalisme anda.(1066)






Perkembangan dunia internet terus mengalami kemajuan yang sangat cepat. Keadaan itu juga terus didukung oleh layanan jaringan internet yang semakin luas hingga ke daerah terpencil. Hingga hari ini teknologi internet generasi 4 (4G)dan generasi 5 (5G) telah dapat diakses hampir diseluruh dunia. Sehingga layanan akses komunikasi data yang saling terkoneksi di seluruh dunia semakin cepat. Hal itu sebanding dengan berkembangnya teknologi website dan kecanggihan website dinamis yang dapat dibangun dengan biaya murah. Fakta bahwa pada hari ini membuat website yang powerfull dengan biaya yang super murah adalah hal yang sangat mudah. Hanya bermodal domain yang harga sewanya hanya berkisar  Rp.100.000,-/ tahun serta biaya sewa hosting sekitar Rp. 200.000,-/ tahun untuk mendapatkan akses layanan Cpanel atau Spanel. Kemudian solusi mudahnya adalah membangun website menggunakan CMS (Content Management System) open source seperti Wordpress self hosting atau drupal dan masih banyak spesifikasi CMS tangguh lainnya. Tetapi CMS yang paling familiar adalah wordpress dan blogger atau blogspot. Dengan kedua CMS itu, siapa pun dapat membangun berbagai website canggih seperti website berita online, website profil perusahaan, website toko online bahkan website marketplace. Selain wordpress dan blogspot tentu ada joomla dan drupal. Jika ingin membangun website khusus untuk toko online dengan platform khusus dapat menggunakan platform prestashop, magento dan beberapa lainnya. Jika akan membangun website marketplace dapat menggunakan platform osclass.
1.Wordpress
Perbandingan biaya pengelolaan website menjadi titik ukur untuk menentukan platform mana yang akan digunakan dan spesifikasi website apa yang akan dibangun. Untuk membuat website berita dengan kontrol penuh dan domain profesional  tentu wordpress mengambil  peluang nomor satu paling direkomendasikan. Karena wordpress selain mudah digunakan juga memiliki kecepatan loading yang sangat tinggi dan akurat. Hanya saja beban biaya pengelolaan wordpress self hosting lebih mahal. Semakin ramai website menerima kunjungan maka akan semakin sering website mengalami downtime karena beban dari ruang server yang tersedia sangat kecil. Untuk mengatasi hal itu adalah dengan menambah kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Tetapi resikonya adalah jika website yang dikelola belum mampu memberikan pendapatan tentu menjadi sangat berat dalam hal biaya. Menambah kapasitas ruang penyimpanan tentu harus menambah biaya sewa kepada perusahaan layanan penyedia hosting. Seperti misalnya di masterweb.com, arditamedia.com, jagoanhosting.com , maupun di godaddy.com. keuntungan yang diperoleh adalah bahwa kita memiliki kontrol penuh terhadap data di website serta website tampak sangat profesional. Selain biaya sewa hosting yang mahal fakta lain membuktikan bahwa harga sebuah template premium wordpress terkenal sangat mahal.  Harga template premium wordpress di pasar resmi themeforest.net bisa mencapai $ 60 USD / lisensi. Jika menggunkan template gratis tentu ada beberapa fitur yang tidak disediakan oleh pengembang template dan tampilan website menjadi kurang profesional.
2.Blogspot
Tetapi jika ingin dengan biaya super murah blogspot adalah solusi paling direkomendasikan. Mengapa demikian ?. platform blogspot seluruh basis data di host oleh google. Dan keuntungan lain bahwa blogspot telah langsung terintegrasi dengan google adsense sebagai jalan untuk memonetisasi website. Cukup bermodal domain seharga Rp. 100.000,-/ tahun dan biaya setting integrasi untuk kustom domain Rp.25.000,- ( menggunakan Spanel di masterweb.com) kita telah memiliki website canggih dengan biaya sangat murah. Untuk memperoleh tampilan yang profesional menggunakan template premium seperti Sevida V2.5 premium blogger ternyata tidak terlalu mahal. Untuk lisensi resmi tidak sampai $ 30 USD di marketplace resmi themeforest.net atau envato market.

Sevida sangat luar biasa canggih untuk kelas website berita profesional. Dan kami mengatakan ini sangat canggih dan sangat profesional. Memilki kustom yang luas dan menjadikan tampilan website berbiaya murah dengan CMS gratis ini menjadikan kita memilki kebanggaan yang tinggi. Sistem kustomisasi plugin blogspot tidak serumit wordpress dan di platform wordpress plugin profesional memiliki harga yang cukup mahal. Hanya saja, butuh ketelitian yang tingggi untuk menyusun semua fungsi widget agar berjalan dengan tampilan yang memukau.
3.Prestashop
CMS lainnya untuk spesifikasi khusus selain website berita adalah prestashop. Prestashop lebih khusus untuk membangun website toko online yang sangat canggih. CMS prestashop memberikan tampilan website toko online yang memukau dan dengan fitur sangat lengkap untuk sebuah website profesional. Harga template prestashope cukup murah. Tetapi fakta lain yang menjadikan prestashop menjadi semakin mahal adalah, bahwa banyak dukungan plugin yang harganya sangat mahal untuk kalkulasi fitur lengkap. Hampir seluruh plugin dukungan untuk memperoleh dukungan fungsi dari fitur lengkap prestashop tidak gratis. Selain itu, menggunakan platform prestashop sama dengan menggunakan wordpress. Pengelola website harus bersedia mengeluarkan biaya yang mahal untuk biaya sewa hosting.
4.Osclass
CMS yang mulai familiar adalah osclass. Osclass lebih spesifik untuk membangun website marketplace seperti yang sudah terkenal misal, alibaba.com, olx.co.id, dan banyak lainnya. Osclass memiliki tampilan dan kecepatan loading yang sangat tinggi bahkan ketika di akses dengan layanan internet rendah. Tampilan osclass sangat direkomendasikan untuk membangun sebuah website marketplace profesional. Fiturnya lengkap dan mudah untuk di setting. Tetapi sama halnya dengan prestashop, CMS yang dikeluarkan oleh osclassmarket.com ini juga pengelola website harus bersedia mengeluarkan biaya lebih untuk memperoleh fitur plugin yang lengkap. Hampir seluruh plugin berbayar. Dan osclass sendiri masih memiliki sedikit pengembang template. Sehingga jumlah template osclass di pasar masih sedikit. Sementara template dasarnya adalah “binder”, untuk tampilan canggih pengelola harus membeli template premium yang dari sudut pandang harga, harga template premium osclass tidak semahal harga template wordpress atau prestashop. Template “Rival” yang dikembangkan oleh Ari Budin misalnya, harga resmi di themeforest.net memang cukup mahal. Tetapi, harga di marketplace lokal indonesia (pasarthemes.com) sangat murah.
5.Sitepad
Sitepad sepertinya barang baru, sitepad sebagai CMS yang terintegrasi langsung dengan Cpanel untuk desain template bawaan sitepad sendiri sudah sangat canggih. Sistem setting hanya dropdown. Akan tetapi masih sulit untuk mereka yang awam dalam melakukan setting di sitepad. Sitepad lebih tepat untuk membuat website profil perusahaan dan sebagai website statis. Tampilannya sangat memukau hanya dari template bawaan sitepad sendiri. Tetapi sitepad masih menjadi pilihan terakhir dari sudut pandang perbandingan daftar CMS opensource. Dari sisi fitur, sitepad belum mampu menandingi kecanggihan wordpress dan blogspot. Tetapi cukup untuk direkomendasikan sebagai pilihan apabila pengelola website menginginkan pengalaman baru untuk memperkaya pengalaman dalam menguji coba teknologi CMS dari sekian banyak CMS yang tersedia di Cpanel. Beberapa di antara CMS yang tersedia misalnya untuk CMS website jejaring sosial antara lain Jcow. Yakni CMS yang lebih dikenal sebagai kloning dari facebook. Atau mungkin menggunkan PHP7 jika ingin membangun website sosial media khusus layanan dating.

Beberapa daftar diatas hanya bagian terkecil dari jumlah CMS yang tersedia di internet dan siap digunakan dengan gratis. Tentu sebelum memutuskan akan membangun website dengan platform yang sesuai tujuan spesifik website harus terlebih dahulu melakukan ujicoba sendiri dan memang membutuhkan waktu dan tenaga yang mahal. Tetapi ada baiknya cukup menggunakan CMS yang telah familiar dan terbukti up to date, karena CMS yang banyak digunakan orang di seluruh dunia memilki jaminan up to date terhadap banyak fungsi fitur dan sistem keamanannya. Kecuali jika anda menginginkan bukti yang akan menjawab semua kepuasan anda. Mencoba platform baru tentu lebih baik sebagai tantangan. MYB





Wisata adalah kebutuhan primer saat ini. Wisata menjadi sama dengan pangan dan pakaian bagi masyarakat moderen. Karena wisata menyangkut masalah kebutuhan pokok yang sangat penting bagi psikologi seseorang atau anggota masyarakat. Beratnya tuntutan kerja untuk sekedar memenuhi kebutuhan pangan menjadi pemicu tingginya tingkat stres bagi masyarakat kalangan menengah. Rutinitas kantor dan tanggung jawab kerja maupun membangun sebuah industri bisnis. Beberapa penunjang utama ketahanan mental tersebut adalah berwisata. Setidaknya kebutuhan ideal berwisata 1 bulan sekali untuk wisata kecil jarak pendek. Hal ini menjadi peluang bagi beberapa orang yang melihat bahwa industri ini akan tumbuh lebih cepat dibanding industri pangan. Tumbuhnya situs layanan traveling menjadi salah satu bukti bahwa mereka melihat peluang ini dengan sangat cerdas.

Pada dasarnya wisata murah masih menjadi tujuan dominan untuk sebagian besar masyarakat indonesia. Dan sebagian kecil memilih wisata berkelas dan saat ini juga tergolong sudah sangat murah untuk wisata ke luar negeri. Berbagai promo penawaran perusahaan penyedia layanan jasa wisata menjadikan banyak masyarakat kalangan menengah memiliki peluang untuk berwisata ke luar negeri. Wisata religi saat ini sedang menjadi tren bisnis. Meskipun akhir ini banyak kejadian yang cukup membuat tingkat kepercayaan banyak orang menjadi menurun. Misalnya berbagai perusahaan layanan wisata umroh yang banyak menelan korban penipuan.

Bengkulu sebagai salah satu daerah yang saat ini terus dibangun wisatanya. Dalam berbagai bentuk event yang diadakan baik oleh pemerintah maupun swasta untuk menunjukan bahwa bengkulu adalah destinasi wisata yang wajib masuk dalam daftar destinasi wisata favorit.

Propinsi bengkulu memiliki sejarah yang panjang dan selama ini tidak terekspose secara luas. Dengan pantainya yang indah, menurut beberapa wisatawan mengatakan bahwa “Bengkulu adalah Bali yang terletak di pulau sumatera” pesona pantainya yang memajang dan terpanjang se-asia tenggara serta gugusan bukit yang indah dengan berbagai keragaman suku lokal yang spesial. Khususnya kabupaten kepahiang yang berada di lintasan segitiga emas, rejang lebong yang berada di kaki gunung kaba, dan kabupaten lebong yang di luar negeri terkenal dengan kopi mangkuraja sekaligus asal dari kopi vietnam yang terkenal itu. Selalu tidak pernah habis dalam sekali cerita.

Saat ini kabupaten kepahiang dan kebupaten rejang lebong masih menjadi buruan para pencinta kopi. Bahkan beberapa dari mereka berasal dari negara jerman, australia dan jepang. Bagi negara vietnam tentu kabar tentang kopi kabupaten lebong bukan hal baru. Kenikmatan kopi robusta dari kabupaten kepahiang  cukup terkenal dan beberapa produk olahan kopi seperti merek konakito, trabas, kopi redjang (red coffee) dan ikola koffie sempat berangkat ke moskow untuk pameran produk.
Tren wisata kopi yang sedang tumbuh sangat menggairahkan ini adalah sebuah celah investasi bisnis yang menguntungkan. Hal ini belum benar – benar dilakukan baik oleh pengusaha lokal maupun pemerintah daerah secara serius. Sementara beberapa penguasaha dari luar telah melihat potensi bisnis ini sebagai tujuan bisnis mereka. Kabupaten kepahiang khususnya kawasan agrowisata puncak kebun teh kabawetan tentu menjadi sasaran selanjutnya setelah pantai panjang bengkulu. Tumbunya industri bisnis perhotelan belum terlihat nyata di kabupaten kepahiang. Itu sebabnya beberapa inisiatif dari pemuda – pemuda lokal yang memiliki ide bisnis sedang memikirkan bagaimana mewujudkan konsep binis wisata hotel kemasyarakatan.

“Mereka menyebutnya home stay, tapi kami lebih sepakat menyebutnya hotel kemasyarakatan”.
Idenya mungkin sama, bahwa setiap rumah penduduk menyediakan kamar penginapan masing – masing 1 (satu) unit untuk penginapan para wisatawan. Dan hanya dibatasi 1 unit kamar setiap kepala keluarga untuk pemerataan. Agar jangan terjadi mereka yang memiliki modal besar menguasai seluruh aset binis ini. Artinya bahwa potensi pendapatan setiap keluarga akan merata. Batas menginap dalam satu kamar maksimal 5 hari bagi wisatawan dan selanjutnya harus memilih kamar dari keluarga yang berbeda. Ini adalah cara bagaimana agar semua masyarakat berpeluang menikmati program bisnis ini. Sistem pengelolaan mungkin koperasi. Agar harga yang ditawarkan memiliki standar yang jelas dan tidak merugikan wisatawan.

Saat ini masyarakat dan para pemuda yang memiliki fashion bisnis wisata menginginkan adanya investasi dari luar daerah bila perlu dari luar negeri untuk mewujudkan program wisata dengan konsep hotel kemasyarakat ini. Melalui situs http://news.asia.co.id yang sebagian pengunjungnya berasal dari negara – negara besar seperti Amerika Serikat,Rusia,Kanada,Filipina,Peru,Cili,Singapura,Argentina,Jerman,Korea Selatan dan Uni Emirat Arab ini terus mencari dukungan dari berbagai kalangan dan salah satu dukungannya adalah meminta dunia untuk mengingatkan pemerintah kabupaten kepahiang yang membangun industri – industri kecil sebagai penyumbang karbondioksida dari mesin – mesin diesel yang selama ini terus dikembangkan oleh pemerintah daerah. Konsep kampung kopi yang diprogramkan pemerintah tidak sejalan dengan konsep agrowisata di kawasan puncak kebun teh kabawetan yang menjadi penyumbang oksigen bersih di masa depan dengan pembangunan industri yang menggunakan mesin tenaga diesel.





Market bisnis dalam tahun Masyarakat ekonomi asean (MEA) yang mulai berjalan di Indonesia bukan lagi isapan jempol tentang bagaimana tantangan berat bagi bisnis online shop. Bagi online shop dalam negeri yang tidak segera menatap tegas dan mengambil langkah strategis maka sudah dapat dipastikan akan stag. Layanan teknologi website adalah hal yang harus menjadi salah satu fokus perhatian. Berbagai toko online yang bergerak di pasar Indonesia tentu hampir memiliki keragaman yang sama dari sisi produk yang ditawarkan dan harga retail produk. Sehingga yang menjadi tantangan utama adalah teknologi website toko online tersebut apakah memiliki kecepatan loading, navigasi yang jelas kemudian berbagai penawaran dan efisiensi system pemasaran. Sampai hari ini diperkirakan system pemasaran dengan model affiliasi masih mendominasi persentase tingkat efisiensi biaya. Ini sangat jauh jika dibandingkan dengan promosi lewat media audio visual televisi. Tetapi target pertumbuhannya memang sangat berbeda. Ini adalah tantangan bagi para start up maupun online shop mandiri. Para pendatang yang notabene adalah pemain senior dalam online shop dunia tersebut adalah para raksasa bisnis dengan kapitalisasi yang sangat besar untuk ukuran international. Belum lagi trend maindset masyarakat Indonesia yang secara fisikologi lebih merasa memiliki konfidensi yang sangat tinggi dengan segala produk yang berbau asing. Merek-merek luar negeri tentu menjadi daya pikat pasar yang sangat potensial.

Jika selama ini belanja online dari situs luar negeri memiliki bebagai kendala seperti waktu pengiriman dan system pembayaran maka hari ini dibantah tegas. Karena secara resmi toko online dunia seperti ebay, amazon dan sebagainya akan segera menancapkan benderanya di Indonesia. Tidak tertutup kemungkinan mereka akan segera merambah ke daerah-daerah kota-kota besar diseluruh Indonesia. Bahkan diperkirakan dalam waktu 3 tahun mereka akan membuka cabang-cabang resmi (kantor) hingga tingkat kabupaten kota. Dapat dibayangkan bagaimana beratnya para start up local yang harus berjuang keras bersaing dengan perusahan-perusahaan mapan seperti facebook dan google.co.id.

Mereka memiliki sumber daya yang sangat besar. Mereka memiliki layanan server sendiri yang dapat menjamin tingkat kecepatan situs bahkan bagaimana jika mereka memasang server hingga ke wilayah-wilayah seluruh kota besar di Indonesia. Tentu dampaknya adalah para start up dalam negeri yang baru memulai membuat online shop dengan menyewa server pada perusahaan penyedia  layanan server. Mereka tidak dapat berbuat banyak. Belum lagi biaya teknologi website dan biaya lainnya. Bahkan jika pemerintah segera menetapkan pajak online shop setelah keluar data resmi sensus ekonomi nanti.

Kesuburan alam Indonesia bagi pertumbuhan online shop memang sebuah potensi yang sangat baik.  Makin membaiknya layanan telekomunikasi dan jaringan 4 G LTE adalah gambaran yang sangat jelas bahwa potensi pertumbuhan yang besar selalu mengundang decak kagum bagi investor asing. Sangat disayangkan jika para start up lokal tidak segera siap menghadapi kemungkinan-kemungkan yang sudah 80 % di ambang kenyataan. 
Ini adalah salah satu realitanya. Raksasa e-commerce asal Amerika serikat yang telah menjadi salah satu ikon online shop dunia, eBay akan segera turut meramaikan persaingan pasar situs jual beli di Indonesia. Hal tersebut dipertegas dengan lowongan pekerjaan untuk mencari Kepala eBay untuk wilayah Indonesia di situs LinkedIn. Artinya bahwa eBay sungguh-sungguh akan menjadi kompetitor besar pasar toko online di Indonesia , 
Dalam lowongan tersebut dituliskan eBay mencari kandidat untuk posisi "Head of Cross Border Trade" dan akan ditempatkan di Jakarta .meskipun ini terbuka secara umum namun persyaratan yang sangat berat menjadi tantangan bagi para kandidat. Apalagi menerapkan strategi yang tepat terhadap fisikologi masyarakat Indonesia. Belum pasti apakah kemungkinan yang terjadi beberapa toko online lokal yang selama ini diback up oleh eBay akan digabungkan atau tetap berdiri sendiri sebagai mitra sekaligus pesaing. Mungkin akan berbeda jawabannya jika kandidat yang terpilih adalah dari masyarakat Indonesia yang benar-benar Indonesia.  Dalam kalimat pembuka lowongan tersebut. eBay menulis deskripsi untuk kandidat yang dicari untuk menampati posisi strategis tersebut.
"eBay mencari talenta individual untuk menempati posisi Cross Border Trade bisnis di Indonesia. Tugas ini mengharuskan pegawai untuk tinggal di Jakarta, dan sesekali pergi ke Singapura dan negara ASEAN lain," tulis keterangan dari situs LinkedIn. Artinya secara nyata kemungkinan yang terjadi adalah eBay akan menyerahkan salah satu cabang bisnisnya kepada bukan orang Indonesia. Meskipun hal tersebut bukanlah sebuah masalah, tetapi secara fisikologi tentu strategi bisnisnya akan berbeda.
Lowongan itu mensyaratkan seseorang yang sudah sangat berpengalaman di bidang bisnis internet selama 8 hingga 10 tahun. Tugas yang harus dilakukan oleh Head of Cross Border Trade cukup beragam, yakni mencapai target yang ditetapkan, menjadi perwakilan eBay di Indonesia, menyusun strategi untuk pasar Indonesia. Hal tersebut dapat digambarkan bahwa eBay akan membawa dan meletakan sumber daya yang besar di Indonesia. Dimulai dari Jakarta dan akan segera meletakan sayap-sayap bisnisnya diberbagai daerah di Indonesia. Beruntungnya adalah eBay ikut berpartisipasi mengurangi pengangguran dengan memperkerjakan banyak orang Indonesia yang memenuhi kualifikasi mereka serta menjadi motivasi bagi para bisnisman muda Indonesia.
Dapat dipahami karena sejauh ini eBay sudah beroperasi di lebih dari 30 negara di dunia dengan keuntungan lebih dari jutaan Dollar AS tiap tahun atau milyaran rupiah.ini akan memberi potensi devisa yang sangat besar bagi Negara. Perusahaan yang didirikan Pierre Omidyar ini menjadi pemain marketplace terbesar di Amerika Serikat dan akan segera menjadi raksasa di indonesia. Kita akan menunggu bagaimana nanti ini terjadi.







Kami yakin banyak yang bertanya dari mana sumber pendapatan situs-situs ecommerce seperti bukalapak.com, berniaga.com,dan situs iklan baris sejenisnya. Itulah alasan mengapa kami memberi sedikit ruang untuk menulis artikel ini. Menyempatkan waktu untuk beropini serta menyajikan untuk pembaca sebagai bahan rujukan. Sebelumnya kami juga mencari rujukan dari berbagai opini yang dapat memperkuat pendapat kami sementara. Kami menemukan salah satu blog yang mengulas tentang hal bagaimana situs berniaga.com dan sejenisnya memperoleh pendapatan. Dari beberapa komentar yang kami lihat ada salah satu komentar yang isinya bahkan hampir sama dengan artikel tersebut dari sisi jumlah kosa kata. Silahkan anda lihat blog cara-riri.com
Kebanyakan komentator sangat puas, walau kami yakin mereka tidak sungguh-sungguh puas. Dengan artikel ini kami bukan sepenuhnya bermaksud menyangkal. Tapi sedikit memberi perimbangan yang mungkin akan saling memberi manfaat satu sama lain.
Salah satu komentar yang kami maksud di atas bahkan menyangkal dengan cara yang tidak wajar dan terkesan emosional serta dipaksakan. Penulis blog tersebut tidak menjelaskan dengan sumber yang jelas berapa sebenarnya biaya yang dikeluarkan oleh berniaga.com. secara sederhana penulis hanya menjelaskan tentang hal yang mutlak yakni bagaimana mereka memperoleh fitback untuk membayar sewa hosting, menyewa domain dan menghidupi kelanjutan situs. Apalagi didukung oleh kenyataan berniaga.com kini dimiliki oleh olx. Apakah mereka bangkrut karena program iklan gratis yang tidak menguntungkan?. Atau karena hanya sangat sedikit masyarakat khususnya Indonesia yang masih cinta fanatik kepada segala sesuatu yang bermerek gratis. Sehingga hanya perusahaan skala menengah yang memasang iklan premium.kemudian penulis membandingkan dengan blog yang dikelolanya dengan besaran biaya hosting yang harus ditanggung.  Sangat jauh. Bumi-langit !. jika penulis tahu fakta yang sesungguhnya bahwa berniaga.com menghabiskan dana ± Rp.100 milyar. Fantastik !.
Jika berniaga.com bangkrut berarti situs tersebut tidak memiliki energy untuk tumbuh dan berkembang. Tidak memiliki nilai market. Lalu apa motivasi olx untuk memerger situs ecommerce tersebut. Jawaban ini barangkali masih butuh fakta dukungan yang lebih konkrit. Sudah sangat pasti bahwa yang mereka beli adalah asset perusahaa. Dengan nominal yang begitu besar mereka cukup menghidupkan satu perusahaan yakni olx yang secara jelas memiliki cabang di berbagai Negara besar di dunia. Kemudian jika faktanya situs iklan baris gratis tidak memberi dampak pendapatan yang fantastis bagi pemiliknya baik itu milik perorangan atau group raksasa rasanya mustahil hingga hari ini terus bermunculan situs-situs sejenis. Situs tersebut bahkan masuk kategori perusahaan rintisan (start up) yang dilirik oleh banyak investor.
Mari membuat pengandaian!. Situs-situs besar tersebut dengan melakukan kampanye secara besar-besaran dan sejumlah dana yang sangat besar bagaimana mereka mengembalikan modal para investor dan meraih profit mereka sendiri. Logika sederhananya adalah jika arus kunjungan situs mereka besar tentu dampak pendapatan iklan mereka juga besar. Lalu bagaimana dengan iklan gratis yang hanya memakan daya situs berupa bandwith?. Atau bagaimana jika tidak signifikan antara biaya pemenuhan daya situs dan pendapatan iklan premium mereka. Tetapi realitanya mereka justru semakin tangguh dan menjadi perusahaan yang menghidupi banyak orang baik sebagai karyawan maupun kewajiban-kewajiban lainnya seperti pajak yang memberi devisa kepada Negara.
Sekarang kita akan membuat perhitungan cara lain. Faktanya adalah apakah anda tahu berapa sebenarnya harga yang anda bayar per kilobyte untuk mengakses sebuah situs. Berapa yang anda habiskan untuk surfing di sebuah situs toko online?. Bisa mencapai puluhan megabyte bahkan gigabyte. Berapa harga sebenarnya yang ditetapkan oleh provider telekomunikasi dan berapa yang sebenarnya tanpa anda sadari membayar per kilobyte-nya. Coba anda teliti kembali berapa kuota internet anda dan untuk kemampuan berapa lama anda bisa surfing di situs toko online atau situs iklan baris gratis.
Berapa lama waktu upload iklan dan berapa lama loading situs tersebut. Berapa kuota internet yang anda keluarkan. Jika misal harga perkilobyte adalah RP.0,001,- tapi kenyataannya anda membayarnya denga harga Rp.0,002,-. Selisihnya adalah Rp.0,001,- x 1000 000 000 pengunjung = Rp.100 000,-. Kemudian kalikan berapa lama mereka surfing di situs tersebut dan berapa kilobyte mereka menghabiskan kuota internet. Kemudian untuk biaya sewa hosting. Jangan pusing !. dengan dana yang sangat besar mereka sudah dapat dipastikan tidak akan menyewa server. Tetapi mereka membeli dan memiliki server sendiri. Anggap saja mereka menyewakan untuk mereka sendiri dan sisanya mungkin bisa disewakan kepada pihak lain. Iklan yang selalu muncul di ponsel anda tentang kuota internet murah pernahkah mereka sebagai provider transparan berapa harga persatuan kilobyte. Faktanya dalam sebuah berita nasional bahwa biaya layanan komunikasi di Indonesia tergolong yang paling mahal termasuk layanan data. Wajar jika perusahaan telekomunikasi nasional di Indonesia bisa membukukan laba bersih hingga di atas Rp.10 trilyun dan dengan CSR yang sangat murah. Mereka mengumumkan tentang acara pertandingan bola volley sebagai CSR (corporate social responsibility).masih sama.bumi-langit !.
Sedikit menyinggung artikel yang pernah kami publikasikan sebelumnya bahwa kami belum memiliki layanan wifi. Sehingga kami harus menggunakan modem untuk mengelola situs ini dan hanya satu-satunya bisa menggunakan layanan telkomsel. Dalam satu bulan kami menghabiskan hingga 6 gigabyte data. Sekitar ± Rp.200 000,- belum temasuk listrik sewa hosting dan lain-lain. Apakah di masa depan kami tidak menuntut pendapatan?.mustahil, karena organisasi nonprofit pun tetap butuh biaya untuk operasional dan sebagai sumber pendapatan orang-orang di dalamnya. Meskipun seolah-olah profit bukanlah orientasi.
Sekarang di televisi terus bermunculan iklan situs-situs seperti traveloka.com, misteraladin.com dan yang paling baru adalah pegipegi.com. situs ini sebelumnya beriklan di layanan CPA accesstrade.co.id. bahkan kami sebagai salah satu publisher accesstrade sempat menayangkan banner pegipegi.com. biaya belanja iklan mereka tentu sekarang lebih besar lagi. Kita tunggu kabar selanjutnya akan sebesar apa situs destinasi wisata tersebut.
Kembali ke persoalan di atas sebelum menutup aritkel ini. Lalu bagaimana jalan untuk memonetisasi situs anda di masa depan. Karena teramat jarang sumber yang membahas tentang hal seperti ini. Sebagian dan kebanyakan artikel membahas monetisasi situs dengan mengikuti berbagai layanan iklan online sebagai publisher. Menjual produk, mengikuti program CPA atau CPC .menjadi publisher adsense seperti google adsense yang semakin sulit untuk ditembus.semakin besar arus kunjungan situs anda maka semakin besar pula perusahaan tempat anda menyewa hosting dan semakin kaya raya pula perusahaan penyedia layanan telekomunikasi yang prestisius, luxuary dan tertutup tersebut. Bahkan mereka hampir menjadi dewa.
Kami demikian juga anda butuh mencari sumber informasi yang lebih detil. Pemerintah dalam hal ini kementrian UKM dan kementrian informatika membuka akses-akses pendidikan seperti ini secara lebih progresif dan terus-menerus. Menjadikan bisnis internet atau blogging sebagai salah satu pelajaran di sekolah. Tujuannya jelas !, akan mengurangi pengangguran di masa depan. Karena blogger bukanlah profesi pengangguran. Sebagaimana yang artikel lain yang kami publikasikan bahwa blogging adalah bisnis dan blogger adalah bisnisman.





Sudah menjadi syarat umum menjadi seorang blogger atau penulis artikel yang mengelola website pribadi adalah memiliki blog atau website.kemudian memiliki kemampuan mengelola yakni manajemen. Apakah itu manajemen modal berupa keuangan,manajemen waktu,manajemen operasional dan manajemen pasar.
Memiliki sebuah situs sama artinya memiliki sebuah perusahaan lengkap denga pernak-perniknya.mendirikan sebuah perusahaan berbadan usaha perseroan terbatas (PT) atau perseroan commanditer (CV) tentu dituntut modal awal dalam mengajukan proses agar memiliki badan hukum yang tetap. Kemudian arah dan tujuan akan bergerak dibidang apa serta tujuan spesifik apa.membangun brand perusahaan dan membangun ciri khas perusahaan.membangun privasi yang kuat serta manajerial yang tangguh. Akan memiliki tujuan mitra kepada siapa di saat ini dan di masa depan. Pasar seperti apa yang sedang menjadi tranding dan menciptakan trand sendiri agar tidak tersingkirkan dari dinamika pasar.
Hal demikian juga berlaku dalam mengelola sebuah blog atau website. Modal awal seperti yang kami jelaskan di atas adalah memiliki sebuah situs atau blog. Mendaftarkan nama domain sama dengan mendaftarkan nama sebuah perusahaan yang akan menjadi brand khusus. Tentu mendaftarkan domain dan menyewanya untuk masa waktu yang telah ditetapkan pihak yang memiliki otoritas sama dengan mendaftarkan nama perusahaan pada instant pemerintah dan akan dicabut bila terdapat pelanggaran hukum atau kelalaian dalam memenuhi tagihan pajak sehingga menunggak dan harus di cabut izinnya hingga ada kesepakatan dan tindak lanjut penyelesaian terhadap kasus yang terjadi.
Selanjutnya adalah mendirikan sebuah organisasi atau membangun sebuah kantor sebagai alamat kerja yang tetap disini butuh estetika dalam mendesain kantor, warna interior dan eksterior,ukuran dan fasilitas pribadi,pekerja maupun fasilitas publik didalamnya. Sebagai tempat kerja harus terasa nyaman dan asri. Ini semua disesuaikan denga kemampuan keungan perusahaan. Perusahaan yang baru berdiri tentu cukup dengan ukuran ruang yang kecil namun lengkap serta biaya yang sangat efisien. Belanja iklan yang terukur. Kecuali perusahaan atau website anda memang telah memiliki budget yang besar, itu silahkan tapi harus tetap efisien.
Bangun terus citra perusahaan anda dan setelah tumbuh dan berkembang dengan arah yang tepat. Kemudian tentu kebutuhan ruang kantor anda akan lebih besar lagi dan silahkan diperluas. Demikian juga website, menyewa hosting atau server penyimpanan data yang lebih besar untuk menampung seluruh arus aktivitas yang besar. Memilih tempat penyewaan (jika belum memiliki sendiri)dari penyedia layanan hosting juga harus memiliki banyak pertimbangan yang matang. Melihat dari sisi seberapa besar dan prestisiuskah perusahaan penyedia layanan hosting tersebut. Bagaimana berhubungan dengan pelayanan perusahaan. Apakah bersedia melayani anda 1 x 24 jam secara kontiniu. Apakah layanan mereka mudah diakses dan berapa harga yang ditawarkan berbanding lurus dengan kualitas keamanan lingkungan tempat anda mendirikan kantor atau meletakan data situs di server mereka. Di artikel lain dalam situs ini  anda dapat melihat beberapa yang kami rekomendasikan atau silahkan anda mencari rujukan di alamat situs lain. Dan untuk lebih mudahnya anda tanyakan kepada seorang guide bernama google. Dia memiliki banyak referensi tentang banyak hal yang anda butuhkan.
Beriklan adalah cara yang tepat bagaimana agar perusahaan atau situs blog anda cepat dikenal banyak orang. Iklan online tentu lebih efisien karena anda akan membayar hanya jika iklan anda di lihat oleh jumlah pengunjung yang besar misalnya CPM atau jika iklan anda di kunjungi orang misalnya CPC. Beriklan di perusahaan iklan yang aman dan menjamin tidak ada penipuan sehingga anda tidak dirugikan secara materi. Misalnya beriklan di google ads, facebook.com,twitter,linkedin. Harga yang anda bayarkan adalah nilai kualitas dari hasil iklan yang mereka tayangkan. Apalagi google memiliki nilai arus balik. Jika anda mengikuti program adsense sebagai publisher, setidaknya pendapatan adsense anda dapat menutupi biaya belanja iklan di situs mereka.jika anda memiliki kekayaan yang besar mungkin televisi nasional adalah tempat yang tepat untuk media iklan anda.
Kemudian jika situs anda telah tumbuh menjadi situs besar bukan hal yang tidak mungkin jika anda benar-benar mendirikan sebuah badan usaha yang merujuk pada domain situs anda. Lihat bagaimana google.com yang kemudian menjadi google inc atau facebook.com yang menjadi facebook inc. sebelumnya mereka bukanlah suatu badan usaha dan sekarang justru menjadi perusahaan raksasa (holding company).
Mengembangkan sebuah tradisi kerja berorganisasi. Mulailah merekrut karyawan jika anda mulai sibuk untuk mencari ide creative untuk terus mengembangkan perusahaan atau situs blog anda. Mungkin anda butuh seorang tenaga admin atau penulis artikel yang akan anda jadikan sebagai karyawan. Anda telah menjadi boss sekarang. Mulai sibuk dengan berbagai aktivitas meeting dan pelatihan-pelatihan rutin ( high mobility).
Anda mulai beranjak ke tempat yang lebih tinggi. Membuat perencanaan yang padat apakah itu perencanaan sebuah content atau perbaikan desain dan keamanan situs. Kebutuhan keuangan anda tentu lebih besar dan kuantitas iklan anda juga meningkat. Melakukan rapat internal bersama karyawan kecil anda untuk melakukan riset dan sebagainya.
Mulai berencana untuk memiliki polis asuransi perusahaan. Mengamankan berbagai asset dengan mendaftar di perusahaan asuransi adalah hal yang sangat penting untuk menjamin masa depan anda terhadap kemungkinan resiko. Dengan asuransi berkebutuhan khusus mungkin saja dapat mengansuransikan situs anda terhadap kemungkinan resiko kehilangan asset tersebut. Artikel lain kami akan membahas dan memberi rujukan tentang berbagai perusahaan asuransi skala nasional bahkan internasional. tetapi kami tidak dapat menjamin apakah perusahaan tersebut dapat menangani polis asuransi website. Yang pasti beberapa asset pendukungnya tentu dapat diasuransikan terutama kesehatan anda dalam berkerja sebagai blogger.
Berarti bukan mustahil jika suatu saat blog atau website anda  akan diakuisisi oleh situs besar dan anda akan menjadi orang kaya baru di dunia nyata. Sama halnya sebuah perusahaan seperti perseroan terbatas (PT)  yang di akuisisi atau merger dengan perusahaan raksasa yang mapan. Website kecil anda dahulu kini memiliki modal atau mendapat dana investasi yang besar dan wajah situs anda kemudian berubah lebih maju.
Kesimpulannya adalah menjadi blogger bukanlah profesi penganguran seperti kebanyakan orang menilai atau hanya layak sebagai pekerjaan sampingan. Tetapi profesi blogger adalah sebuah profesi seorang professional. Bahwa tidak dapat diingkari profesi blogger berpotensi menjadi pengusaha ventura. Bloging adalah aktivitas yang menuntut disiplin tinggi dan tujuan yang terstuktur serta termanajerial dengan baik.
Bercermin kepada yang sedang trend di televisi saat ini. Siapa lagi kali bukan ahmad zaky pendiri bukalapak.com. bagaimana ketika dengan penampilan dan gaya sragen yang sangat sederhana dalam sebuah acara talkshow di metrotv, ketika tidak dianggap siapa-siapa kemudian menjadi siapa?.
Mulai dari sekarang untuk memiliki mental pengendali perusahaan dalam mengelola sebuah situs atau menjadi seorang blogger. Pertama-tama ini berlaku untuk kami pengelola Altavesia.com. kami berada di pinggiran kota kecil disalah satu propinsi di Indonesia yaitu Bengkulu. Sebelumnya kami menggunakan domain servantindonesia.com kemudian choconet.com dan sekarang adalah http://www.asia.co.id keterbatasan kami adalah belum tersedianya jaringan wifi dan sumberdaya yang sangat terbatas.





Jumlah trafik yang terus tumbuh adalah tujuan sebuah situs web bagaimana ia dibangun. Sebuah website yang powerfull dan dengan konten yang menarik tidak memiliki nilai tanpa kunjungan. Berbagai upaya baik dengan teknik SEO maupun iklan dilakukan untuk meningkatkan trafik agar terus tumbuh dan berkembang dengan baik. Cara SEO meskipun sangat efektif dan efisien dari sisi biaya promosi ternyata terkadang dapat menurunkan trafik. Website yang lama tidak di update dan pencurian artikel yang bernilai SEO tinggi adalah penyebabnya. Artikel yang berkualitas tinggi dengan trafik tinggi tentu menjadi sasaran pencurian atau duplikasi. Sehingga hanya member beberapa sentuhan pada artikel tersebut kemudian ditayangkan pada situs yang berbeda akan dapat mempengaruhi peringkat pada mesin pencari. Agar statistic kunjungan sebuah website tetap tumbuh dengan stabilitas tinggi dan pemilik website dapat memprediksi pertumbuhan kunjungan setiap waktu dan memproyeksikan target pertumbuhan yang tepat. Dengan demikian target-target tujuan sebuah website dibangun dari sisi bisnis adalah nilai pendapatan yang akan diperolehnya. Selain dengan teknik iklan dan SEO sebagai teknik promosi teknik-teknik lain pun digunakan demi mencapai target-target pertumbuhan website tersebut. Karena secara tegas dan jelas dampaknya adalah fitback dari website adalah menghasilkan uang. Apakah sekedar menutupi biaya operasional atau target nilai kekayaan.

Beberapa cara yang dimaksud di atas antara lain mengkoneksikan antara website dengan berbagai jejaring sosial. Karena jejaring sosial selain mudah juga gratis. Tetapi tidak sungguh-sungguh gratis. Karena dari sisi bisnis biaya layanan data adalah sebuah cost yang harus memperoleh nilai pengembalian. Sehingga memanfaatkan jejaring sosial dengan efektif adalah salah satu keharusan dari sisi bisnis. Berapa layanan data yang harus kita bayar harus sesuai dengan seberapa besar keuntungan ekonomi yang diperoleh.

Menggunakan fasilitas plugin yang dapat melakukan pembagian data publikasi secara otomatis ke beberapa jejaring sosial seperti ke halaman facebook adalah cara yang tepat bagaimana agar website dikenal orang dan memiliki potensi kunjungan yang besar. Tetapi meningkatkan konektivitas yang tinggi dari halaman facebook juga bukan cara yang mudah. Padahal hasil publikasi artikel ke halaman facebook tersebut hanya ditayang ke internal terbatas yakni sesama anggota group. Berarti meningkat kunjungan facebook agar potensi kunjungan ke halaman meningkat juga menjadi prioritas utama.  Menjalin sebanyak-banyaknya pertemanan agar potensi kunjungan ke halaman atau mengiklankan halaman facebook ke penyedia layanan iklan yakni facebook itu sendiri adalah penting. Kembali kepada betapa rumitnya pekerjaan dan menguras energy dan biaya ekonomi yang tinggi. Kemudian bagaimana mengintegrasikan arus timbale balik antara halaman facebook dengan website adalah dengan dukungan plugin. Sehingga potensi kunjungan ke halaman facebook meningkat dan sebaliknya potensi kunjungan ke website juga meningkat.

Salah satu plugin yang dimaksud adalah plugin facebook fanbox popup. Dengan plugin ini setiap pengunjung yang mengunjungi website akan melihat tampilan popup halaman facebook anda. Artinya potensi klik “suka” pada halaman facebook akan berpotensi pada meningkatnya kunjungan ke halaman facebook anda dan sebaliknya setiap publikasi artikel terbaru yang dibagikan secara otomatis ke halaman facebook berpotensi untuk dibaca lebih banyak orang.

Buat bagaimana agar seluruh upaya untuk meningkatkan trafik kunjungan ke website semakin besar dengan plugin ini. Caranya adalah kunjungan situs resmi wordpress.org dan unduh plugin tersebut kemudian install atau dapat menginstallnya langsung dari direktori dashboard website anda.

1.       Unduh plugin facebook fanbox popup versi 3.94.  https://id.wordpress.org/plugins/facebook-fanbox-popup/
2.       Simpan di direktori komputer anda
3.       Masuk ke dashboard website anda yang berbasis wordpress
4.       Masuk ke menu install plugin dan sorot kolom upload
5.       Buka direktori komputer dan ambil plugin yang telah anda unduh dan upload
6.       Aktifkan dan lakukan berbagai setelan yang dibutuhkan.

Atau dengan cara menginstall langsung dari direktori dashboard anda. Beberapa plugin popup sejenis juga tersedia dan anda dapat menggunakan mana saja yang mudah menurut anda, antara lain :

Facebook Page Promoter Lightbox

Description: fb lightbox wp
Facebook Page Promote Lightbox ini memungkinkan pengunjung untuk lebih mengetahui halaman facebook pemilik website. Plugin ini bisa menampilkan lightbox pada saat website pertama di load atau bisa juga dengan waktu delay beberapa detik.
Facebook Traffic Pop
Description: traffic-pop
Facebook Traffic Pop mendorong pengunjung Anda untuk menyukai Anda. Anda memiliki pilihan untuk mengunci halaman. Alat ini bisa berfungsi juga untuk perangkat mobile.












Berbicara bisnis diera masyarakat ekonomi asean (MEA) adalah berbicara pertumbuhan yang diukur dari nilai efisiensi. Indonesia telah masuk pada era MEA dan menurut founder partai Nasdem bapak Surya Paloh bahwa sekarang sama sekali tidak tersedia ruang negosiasi apakah Indonesia akan sepakat atau tidak turut menjadi peserta dalam program MEA. Saat ini Indonesia telah benar-benar masuk dan berdiri sama tinggi dalam MEA. Yang menjadi pertanyaan adalah sejauh mana masyarakat Indonesia siap dalam melakukan usaha bisnis dalam era MEA.

Indonesia memiliki segala sumber daya alam yang dapat dijadikan tumpuan daya saing ekonomi. Tetapi jika sumber daya manusia (SDM)nya rendah tentu Indonesia hanya akan menjadi ladang subur tempat Negara lain bercocok tanam dalam segala lini bisnis. Dan mayarakat pribumi akan kembali menjadi buruh-buruh rendahan seperti era penjajahan atau era kapitalis. Yang menjadikan sikap pesimin adalah mental para pemuda Indonesia yang sebagian besar masih fanatic terhadap hal-hal yang bersimbol asing. Seperti penggunaan merek-merek barang elektronik dan sebagainya. Padahal tidak dapat dibantah pemuda Indonesia banyak yang memiliki kemampuan akademik sangat baik untuk menciptakan beragam produk digital dan sebagainya. Tetapi mental korupsionic para pemangku jabatan menjadikan daya guna putra-putra terbaik Negara ini tidak terakomodir dan sebagai tindakan atas ke tidak benaran tersebut mereka memilih mengembangkan bakat keilmuannya ke Negara lain. Kalaupun mereka berkarya di dalam negeri , mereka tidak berdiri sendiri tetapi menompang perahu perusahaan asing.

Sebenarnya sangat banyak produk-produk dalam negeri dengan merek dagang dalam negeri dengan kualitas yang bahkan mungkin lebih baik dari produk asing. Khususnya dunia digital, berbagai merek dan varian alat telekomunikasi seperi telepon seluler, komputer dan bahkan aplikasinya adalah buatan anak bangsa. Tetapi citra high style yang terlanjur menjadi candu bagi mental sebagian besar bangsa Indonesia menjadikan penggunaan merek-merek dalam negeri seperti anak tiri dalam pasungan. Padahal jika ada edukasi yang bersifat kontiniu dan sporadic tentang penggunaan alat-alat digital buatan Indonesia tentu merek-merek dagang tersebut akan menjadi lambing kebanggaan yang sangat tinggi. Terbukti untuk alutsista. Indonesia bahkan mampu mengekspor hingga ke Negara Mali. Artinya dunia mengakui kualitas fungsi dari buatan Indonesia.

Khususnya menyoroti produk telepon seluler dan sejenisnya. Beberapa produk dengan bermacam merek dalam negeri jika benar-benar kita kita periksa masih sangat sulit untuk menemukan telepon seluler dengan “buatan Indonesia “. Sementara telepon seluler yang ada di pasaran Indonesia dengan kualitas dan fungsi yang sama dengan merek-merek besar rata-rata adalah buatan “ China”. Mengapa China mampu menjual telepon seluler dengan kualitas baik tetapi harga murah. Karena di Negara tersebut produk telepon seluler maupun komputer telah menjadi produk home industry. Sepertinya hal ini belum terjadi di Indonesia.

Kembali ketopik di atas. Rilis beberapa berita di situs-situs internet bahwa kemungkinan besar China akan fokus membuka layanan online shop di Indonesia. Sudah dapat diprediksi. Layanan mereka tentu akan sangat jauh lebih baik dan kompetisi harga yang mereka tawarkan jauh lebih murah. Kemudian didukung dengan teknologi internet yang super canggih dan investasi yang sangat besar. Dapat diperhitungkan akan berada di posisi berapa Indonesia berada. Sementara masyarakat telah terhipnotis dengan sangat baik sebagai konsumen dengan berbagai doktrin.

Maka yang harus segera disadari adalah putra-putra Indonesia bersatu untuk membuat sesuatu apakah sebuah perusahaan layanan internet berserta perangkat-perangkat pendukungnya. Membuat merek telepon seluler yang seluruh komponen perangkat keras (hardware) dan perangkat lunaknya (software) buatan sendiri dan memiliki patent sendiri. Jangan malu jika usaha tersebut berbasis UKM yang mendapat dukungan penuh dari pemerintah tanpa melibatkan oknum korupsionic. Membuat system birokrasi yang mudah untuk anak-anak bangsa. Investasi harus dibangun dari dalam bukan mengundang konglongmerat asing dengan member fasilitas kemudahan dalam perizinan. Itu sama saja dengan menyuntikan zat-zat aditif kepada anak bangsa agar bisnisnya mati perlahan-lahan tanpa pembunuhnya merasa dibebani dosa.

Mari lihat kabar terbaru tentang rencana pembukaan kantor cabang baru eBay di Jakarta yang mewakili Indonesia . artinya struktur kemandirian online shop buatan anak-anak Indonesia yang masih sangat rapuh dan tidak memiliki ikatan manajement yang kuat tentu akan tergerus habis dan mati bersama impian mereka. Indonesia memiliki kebanggaan terhadap bukalapak.com . tetapi buka lapak hanya gurem di tengah sekam jika diukur dari betapa besarnya Indonesia dan lulusan sekolah-sekolah bisnis terbaik dan para lulusan sekolah intrepreneur yang ada di Negara ini.

Bahwa online shop akan menjadi tren bisnis di era MEA adalah sebuah fakta. Dan beberapa hal telah dilakukan bahwa tender sebuah proyek pun dilakukan secara online layaknya online shop. Dengan online shop siapa pun pelaku usaha tersebut dapat berdagang dengan potensi pasar yang luas dan lintas batas. Mereka mendapatkan profit dari banyak sudut. Bahkan dari layanan server itu sendiri. Sementara sebagian sangat besar dari penduduk Indonesia akan menghabiskan kekayaannya yang terbatas untuk membayar biaya layanan data apakah melalui aplikasi android dan lainnya. Kemana serpihan-serpihan uang receh tersebut mengalir?. Ke China, Malaysia,Singapura dan kenegara-negara lain yang menyediakan layanan server yang mungkin sekaligus sebagai pemilik online shop raksasa seperti amazone.com .
Beberapa pelaku bisnis perorangan juga tergerak membuka berbagai toko online berbasi jejaring sosial seperti facebook. Setidaknya kita selangkah bersyukur atas kemauan mereka memanfaatkan teknologi untuk efisiensi bisnis UKM tersebut. Tetapi sitem transaksi per aksi secara tidak sadar telah menguras sebagian sumber daya kekayaan mereka yakni berapa biaya yang harus dibayarkan kepada facebook setiap mili detiknya.

Coba jika seluruh online shop yang khusus milik putra-putra Indonesia bersatu padu membuat sebuah badan usaha yang menyediakan seluruh perangkat sendiri kemudian menggunakannya secara bersama-sama. Diakhir perhitungn seluruh keuntungan bersih dari jasa sewa server atau yang berkaitan dengan itu dibagi kepada seluruh yang tegabung didalamnya sebagai bentuk dividen. Tentu sirkulasi uang yang beredar akan tetap berada dalam satu lingkaran yang akan tumbuh semakin besar. Tetapi siapa yang akan memotori ini. Sementara pendidikan intrepreneurship baru menyentuh di wilayah kota-kota besar. Maka dinas-dinas pemerintah terkait harus segera meninggalkan meja aman di kantornya dan turun ke jalan member pendidikan-pendidkan bisnis yang kuat dan akurat. Jangan sampai setelah menyelesaikan pendidikan hanya dipersiapkan untuk menjadi kacung pada perusahaan-perusahaan teknologi asing bahkan dengan posisi yang tidak penting.

Indonesia memiliki kaskus.com, indonetwork,dan sejenisnya. Tetapi masyarakat masih lebih melek facebook  atau blackberry messenger secara fanatik . bahkan untuk wilayah-wilayah tingkat kabupaten dan propinsi di luar jawa masih asing dengan kaskus sebagai karya anak bangsa.

Interaksi bisnis global dan perkembangan tren online shop adalah salah satu tulang rusuk perekonomian Indonesia. Produk digital dan perangkat lunak juga demikian. Apalagi isu yang telah santer beredar bahwa Indonesia adalah lahan yang sangat berpotensi untuk pembangunan dan perkembangan “ silicon valley”. Sedikit saja bangsa ini lengah tentang potensi dan tren online shop dalam MEA maka Indonesia hanya akan menjadi tempat pembuangan akhir (TPA) produk asing. Sementara kita memiliki potensi dan mampu berbuat lebih baik. Indonesia memiliki perkebunan dan sumber energy yang besar serta potensi sumber daya manusia dengan kecerdasan dan ide-ide besar. Indonesia memiliki jutaan habibi muda serta Indonesia juga memiliki jutaan Djoyohadikusumo yang mampu berdiri anggun di tengah medan bisnis. Padahal online shop di era MEA adalah gagasan kecil tetapi member dampak kehidupan yang kuat dan strategis.






Berbicara tentang profesi akan merujuk kepada kehormatan dan menilai serta menempatkan seseorang pada kelas sosialnya. Relative !.
Baik, setiap wadah yang menjadi lingkungan sosialnya tentu memiliki tingkat relativitas yang bisa saja sedikit berbeda dan bisa saja memiliki perbedaan yang sangat jauh atau mencolok dan justru menjadi standar-standar yang kuat dan baku. Profesi sebagai prajurit militer akan merujuk kepada kepangkatan dan kemudian strata jabatan dalam lingkungan militer. Dan ini terkadang sudah sangat lazim berpengaruh diluar institusinya. Ketakziman ditunjukan bagaimana sikap yang baku golongan tamtama terhadap segolongannya mengenai tingkat kepangkatan. Demikian juga golongan bintara  maupun perwira.. kemudian golongan tamtama terhadap bintara dan tamtama terhadap perwira atau bintara terhadap golongan perwira. Belum lagi jabatan yang sedang diembannya apakah  sebagai komandan regu atau komandan kompi . apakah sebagai panglima bukan perwira bukan panglima. Tentu profesi ini memiliki kehormatan dan status social kedalam. Namun sudah menjadi tradisi bahwa kehormatan dari profesi mereka menjelajah ke luar. Dalam hal ini tentu kita tidak akan menempatkan kehormatan dan status sosial dalam lingkup profesi yang sempit. Tapi sudah pada tahap bernegara sebagai ekosistemnya. Maka ada kelas militer sebagai golongan dan status sosial yang dianggap lebih tinggi dari masyarakat non militer. Ini berlaku umum di Indonesia misalnya, tetapi mungkin tidak berlaku di Negara lain.
Di satu Negara misalnya Indonesia, tentu setiap daerah memiliki ke-khas-an masing masing tentang kelas sosial . kemudian status sosial sebagai golongan pegawai negeri sipil dianggap lebih tinggi di banding petani meskipun PNS golongan paling bawah dengan penghasilan berupa gaji yang sangat rendah. Di tempat lain mungkin pegawai perusahaan dengan jabatan sebagai menejer atau direktur dianggap lebih tinggi disbanding dengan pegawai negeri sipil. Sehingga kadang-kadang seseorang atau segolongan orang melupakan eksistensinya dengan mengorbankan berbagai landasan etika untuk memenuhi hasrat status sosial di sekitarnya. Padahal itu belum tentu berlaku umum atau tidak berlaku di tempat lain.
Status sosial juga dapat dilihat dari sisi pendapatan pada suatu wilayah. Dan rasanya ini lebih adil. Kemudian kebutuhan sekundernya telah menjadi primer dan kebutuhan tertiernya telah menjadi kebutuhan sekunder. Misalnya kepemilikian kendaraan dengan tipe dan merek serta standar harga tertentu. Kepemilikan kendaraan limit edition adalah salah satu lambangnya. Apakah seseorang memiliki lebih dari satu mobil dengan merek tertentu misalnya Cadillac, Lamborghini,Ferrari marcedes benz atau hanya mobil dengan merek pasaran yang murah meriah. Apakah seseorang memiliki villa atau bungalow di puncak atau hanya tinggal di pemukiman prestisius dalam komplek di tengah perkotaan yang sempit. Atau apakah seseorang memiliki sebuah jet pribadi.
Dari hal lain. Sumber penghasilan juga melambangkan citra sebuah kelas sosial. Seseorang yang memiliki sumber penghasilan dari gaji sebagai pegawai negeri sipil tentu tidak akan lebih tinggi strata sosialnya dari para pemilik saham-saham perusahaan besar. Seseorang yang memiliki sebuah mobil seharga RP.500 juta dengan profesi hanya sebagai pegawai negeri sipil tentu tempat duduknya tidak akan sama dengan orang yang memiliki mobil denga merek dan haraga yang sama yang berprofesi sebagai pemegang saham perusahaan.
Kemudian profesi seorang penulis artikel atau seorang blogger. Ini adalah sebuah profesi yang tidak dianggap profesi untuk sebagian besar orang. Mereka dianggap tidak memiliki status sosial dari segi pekerjaan. Padahal di era digital yang membutuhkan akses serba cepat dan efisien ini adalah profesi dan sangat layak mendapat konpensasi kehormatan sosial. Mereka telah memudahkan banyak orang tentang kebutuhan informasi. Mereka kadang-kadang menjadi guru private untuk banyak orang tanpa mereka sadari. Dan yang terpenting mereka bisa memperoleh nilai penghasilan yang jauh lebih besar dari hanya seorang pegawai negeri sipil atau militer.
Sangat jelas dan tegas bahwa meskipun dari zaman yang kurang menyenangkan menulis artikel atau sebagai blogger tidak dianggap profesi, perlu di tkenkan lagi bahwa menjadi penulis artikel atau blogger adalah profesi yang mahal dan memiliki kelas sosial yang kuat. Tentu anda yang mendedikasikan kepada profesi blogger atau sejenisnya harus memiliki konfidensi yang dapat membuktikan bahwa kelas sosial anda sama tingginya atau bahkan lebih tinggi bukan hanya ke dalam ( sesama blogger) tapi juga ke luar.
Kedepan mungkin departemen dalam negeri akan mempertimbangkan sebuah profesi khusus untuk para blogger dalam mengisi kolom pekerjaan. Sehingga Negara mengetahui profesi sebenarnya per masing-masing individu. Meskipun tidak mencakup semua profesi pekerjaan. Misalnya tidak akan tersedia kolom perkerjaan saat mengurus KTP denga profesi pekerjaan sebagai penjudi atau pekerjaan terlarang lainnya. Sehingga pekerjaan sebagai wiraswasta adalah pengganti yang dianggap mewakili profesi pekerjaan seseorang. Akann sangat berbeda dengan profesi petani,pedagang atau pegawai negeri yang telah disediakan pilihan khusus.
Penulis artikel, bahkan sekarang telah memiliki berbagai wadah untuk menjual keahliannya. Misalnya sribulancer.com. penulis artikel professional dapat mengambil berbagai penawaran untuk memenuhi permintaan bebagai situs untuk membuat artikel yang akan disiarkan di situs mereka. Memiliki penghasilan?, jawababnya adalah ya !. seseorang yang berkerja sebagai fasilitator pernah mengatakan kepada kami bahwa pekerjaan sebagai penulis arikel adalah profesi yang tidak terukur atau dengan penghasilan tidak pasti. Mungkin benar, mungkin juga salah jika menurut pendapat kami dengan membandingkan berbagai profesi lain misalnya berniaga atau buruh. Menjadi penulis artikel tentu bisa saja sama dengan pedagang yang akan menjual kemampuannya dalam memenuhi permintaan pasar atau pembeli (customer). Bagaimana jika menjadi blogger?, menjadi blogger juga hampir sama. Mengapa?.mereka atau anda harus mendisiplinkan diri dengan segala hal. Berkerja untuk menyajikan sesuatu yang memiliki nilai jual atau memahami market. Blogger yang berhasil mengedepankan kualitasnya sehingga menjadi rujukan banyak orang tentu akan memiliki nilai penghasilan yang sangat fantastis. Anda yang memiliki situs sama saja dengan toko yang ramai pengunjung meskipun situs anda bukan kategori toko online. Atau anda memiliki panggung pertunjukan atau showroom atau munkin taman bermain yang disukai banyak orang. Di sekitarnya anda bisa menjual berbagai hal. Produk atau apapun yang dapat mengalirkan arus pendapatan. Seperti sebuah taman yang menyediakan space iklan untuk disewakan. Apakah iklan yang langsung kepada anda sendiri atau iklan pihak ketiga melalui program affiliasi. Internet tentu memberi kemudahan dan budget yang lebih rendah dalam hal sewa menyewa ruang iklan. Berkerja sama denga penyedia layanan ikalan PPC seperti chitika.com atau yang kalau yang paling trend adalah adsense milik google. Potensi pendapatan anda akan sangat besar sebanding dengan kerja keras anda dengan disiplin dan bertanggung jawab.
Kemudian apa yang menjadikan profesi blogger atau menulis content di website masih dianggap bukan profesi yang menjanjikan potensi penghasilan lebih besar?. Tergantung bagaimana anda berpendapat !, apakah pekerjaan ini akan menjadi pekerjaan sampingan anda atau menjadikan sebagai pekerjaan utama. Pada artikel lain kami akan membahas tentang berprofesi sebagai blogger sama denga profesi sebagai pengusaha dengan perusahaanya dan segala seluk-beluk manajemen dan aspek-aspek pendukungnya.
Kesimpulannya adalah jelas. profesi sebagai writer online atau sebagai blogger, sebagai pengelola website atau sebagai publisher Misal,google adsense adalah pekerjaan yang memiliki kehormatan dan nilai status sosial yang diperhitungkan. Blogger tidak akan sama dengan pengangguran yang dianggap sampah masyrakat atau beban sosial Negara. Pekerja online sebagai blogger adalah sebuah dedikasi dan pilihan yang secara terang-terangan adalah pekerja yang super sibuk, penuh disiplin dan membanggakan. Memiliki strata sosial bukan hanya sesama blogger tetapi juga di luar ekosistemnya ( blogger).blogger adalah pemilik sebuah perusahaan ,pemegang otorisasi dan wiraswasta professional.


Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} OUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#http://facebook.com/eka susiani} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.coom} {pinterest#http://pinterest.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Leontura. Powered by Blogger.